Menu Tutup

BERT, Algoritma Google November 2019

Algoritma Google Terbaru BERT

Algoritma Google Terbaru BERT November 2019 – Algoritma Google adalah robot yang di design khusus oleh google untuk menampilkan hasil pencarian di search enginee. Algoritma ini terus di update oleh google baik update mayor (Besar) ataupun minor (Skala kecil) guna memberikan hasil pencarian yang serelevan mungkin bagi pengguna internet melalui search engine google.

Mungkin untuk para pengguna ini hal yang baik dan sangat membantu mereka, tapi bagi blogger atau konten creator hal ini menjadi momok tersendiri karena harus selalu mengikuti ‘apa yang di mau google’ agar artikel dan konten yang mereka buat bisa mendapat tempat yang bagus di mesin pencari sehingga mendatangkan banyak pengunjung.

Tak jarang artikel yang semula mendapat peringkat bagus di google tiba tiba terjerambab jauh ke bawah hanya dikarenakan update algoritma google terbaru sudah tidak relevan dengan konten yang ia buat.

Nah sebelumnya saya pernah menulis tentang algoritma google terbaru 2019 (Tepatnya ketika mayor update pas bulan puasa kemarin) dan hal itu membuat salah satu blog saya pengunjungnya turun hingga 70% !

Dari kejadian itu saya belajar lebih dalam lagi tentang algo google ini, dan saat ini november 2019 ada update mayor lagi, efeknya bisa membuat artikel yang kamu buat turun drastis atau makin naik. Nah apa itu update algo google november 2019 ini?

Update Algoritma Google 2019

Algoritma Google Terbaru BERT

Update ini dinamakan Oleh Google yaitu BERT (Bidirectional Encoder Representation from Transformers). Update ini lebih berpihak kepada pengguna agar mendapat pencarian yang relevan di internet hanya dengan memasukan kata kunci. Di bawah ini saya ulas satu persatu untuk keunggulan pengguna :

Mendapat Jawaban Yang Lebih Relevan

Apa maksudnya ini? Maksudnya ya jika ketika pengguna mengetikan kata kunci di google (Misal : Cara Memasak) yang keluar akan dipilih oleh BERT ini yang paling relevan dan bahkan sama pokok pembahasannya yaitu Cara Memasak.

Karena terkadang yang muncul adalah keyword turunannya, maksudnya nanti yang keluar akan menjadi Cara Memasak Nasi Goreng, Cara memasak Sayus Asem dll. Nah hal itu kan bisa dibilang jadi kurang relevan untuk para penggunanya.

Sebelumnya dari kata sekarang dari frasa

Sebelum BERT ini Google membaca kata kunci dari per kata. yaitu jika pengguna mengetikan cara memasak algo google akan mengeluarkan hasil yang mengandung kata cara dan kata memasak, dan saat ini google akan langsung menyajikan artikel yang memuat kata kunci dengan frasa ‘cara memasak’, tidak berpisah.

Hal itu sangat menguntungkan sekali untuk pengguna google agar mendapatkan informasi yang mereka mau.

Meningkatkan Pengalaman Baik Para Pengguna

Ya memang ini salah satu alasan kenapa google memberi BERT kepada mesin pencari, dengan adanya algoritma google terbaru BERT para pengguna bisa mendapat kepuasan ketika berselancar menggunakan search enginee google, dengan adanya hasil yang relevan akan mempersingkat waktu para pengguna (Tidak perlu scroll scroll lagi untuk mendapatkan jawaban).

Nah di atas ini adalah keuntungan para pengguna dengan adanya Algoritma Google BERT ini, terus bagi blogger dan konten creator apa yang harus dilakukan menghadapi munculnya bert ini? Di bawah ini ulasan dari saya dengan mengutip beberapa kalimat dari pakar SEO di dunia.

Cara Mengatasi Badai Algoritma Google BERT

Sebagai blogger dan writter yang memang mencari pengunjung organik dari google sudah sepatutnya kita mengikuti kemauan algo algo google tersebut, bisa dibilang semakin hari tugas dari blogger akan semakin meningkat, dan tehnik SEO nya harus terus terusan di asah dengan SEO terbaru agar lebih mengikuti perkembangan search engine Google.

Nah di bawah ini adalah ulasan tentang apa saja yag harus dilakukan untuk menghadapi algo BERT ini :

Artikel Harus Lebih Spesifik

Seperti pada poin kedua tentang keuntungan pengguna yaitu sekarang lebih kepada frasa ketimbang kata. Jika sudah membahas frasa brarti bert ini sudah cerdas karena bisa mengetahui maknsa suatu kalimat, yang alhasil kamu wajib untuk tidak membuang buang kata dengan kalimat yang tidak perlu.

Jika memang membahas tentang masak nasi goreng cukup lah bahas itu saja tanpa menggunakan kalimat yang ngalor ngidulĀ , bahkan pembukaannya pun wajib langsung bersinggungan dengan apa yang di bahas, jangan curhat curhat dulu.

Bukannya artikel dengan isi yang spesifik itu memang di cari oleh pengguna? Pengguna senang membaca artikel anda sudah pasti dia akan memilih website anda lagi jika suatu saat dia mendapati website anda muncul di hasil pencarian lain.

Artikel harus spesifik ini juga di ucapkan oleh Neil Patel sang akar SEO, dia berkata “Kalau anda ingin mempertahankan peringkat artikel atau bahkan melahap semua pesaing dengan bahasan yang sama cobalah untuk lebih spesifik lagi dengan apa yang anda bahas”.

Lupakan Keyword Density

Kemarin saya menulis di Group Blogger Indonesia “Lupakan Keyword Density, karena gak perlu lagi kasih tau google tentang keyword yang kamu tembak karena google sudah pintar, sudah tau isi artikelmu arahnya mau kemana“.

Karena saya sendiri sebelumnya menargetkan jumlah kata kunci setiap perseribu kata harus ada 3-5 keyword, saat ini saya tidak melakukan itu, jika kalimat tidak cocok dengan ata kunci ya gak saya paksa harus ada kata kunci. Biasanya kan ada itu orang yang bikin artikel terus terusan mengulang kata kunci bidikannya.

Padahal kalau kita mau riset sedikit saja, website besar yang sering nangkring di pageone google kalau kita baca tidak akan terasa adanya kata kunci disitu (Khusus website besar jaman now, khususnya pembahasan tahun ini). Jadi memang keyword density ini sudah tidak relevan dengan SEO yang sekarang.

Mainkan Sinonim Dalam Frasa

Kembali lagi, Google sudah pintar, tau apa isi artikelmu arahnya mau kemana. Kalimat itu saja sudah cukup mewakili untuk membuat artikel yang berkualitas tanpa dikotori paksaan harus memasukan kata kunci tertentu. Jika memang harus memasukan kata kunci cobalah dengan lebih halus, jangan di ulang ulang kata kunci yang sama.

Masukan persamaan kata (Sinonim) dari kata kunci yang kamu bidik, sebagai contoh kamu menembak kata kunci ‘android murah 2019′, cobalah menggunakan sinonimnya yaitu ‘smartphone dengan harga di bawah 1 juta’, google sudah paham kalimat harga di bawah 1 juta itu maksudnya murah. Gimana? Sudah dapat gambaran?

Penutup…

Algoritma Google Terbaru BERT ini tidak semuanya terkena dampak buruk yaitu menurunnya pengunjung, blog ini semenjak ada BERT malah naik di beberapa artikelnya. Yang penting artikelnya cocok dengan yang di mau BERT sudah jelas bakalan naik dong. Jika terkena dampak menurun cobalah perbaiki artikel dengan ssaran saran yang sudah saya bahas diatas.

Dan lagi, dengan adanya update ini kita malah diuntungkan, karena tools tools artikel maker tidak akan mampu melawan artikel original dari hasil ketikan tangan kita. Dan sepertinya Google saat ini menyuruh kita membuat artikel yang human friendly, artikel yang tidak ditulis berdasarkan menuruti kemauan Robot Google.

 

Related Posts

1 Comment

  1. Pingback:Serba Serbi Ngeblog di Tahun 2020 Yang Akan Datang | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *