Menu Tutup

Algoritma Google Terbaru, Pahami Untuk Menaikan Pringkat Situs Anda

Algoritma Google Terbaru BERT

Algoritma Google Terbaru – Untuk Anda yang sudah memahami tehnik SEO, pasti telah memahami fungsinya. Tentunya, agar artikel bisa stay di halaman Google. Terlebih, mampu menduduki rangking utama atau yang biasa disebut page one. So, hal ini membuat Anda tidak akan pernah puas untuk selalu memperhatikan pembaruan dari algoritma Google yang terbaru. Mengingat hal itu sangat penting, tentu perlu untuk Anda gunakan dalam mengelola website dan update content. Supaya tidak kalah di laman search engine Google oleh blog blog lainnya. 

Algoritma Google Terbaru setiap bulannya mengalami perubahan. Bahkan, hampir setiap hari Google melakukan serta merilis pembaruan argoritma. Tujuannya, untuk mengoptimasi performa pada mesin pencari. Terkadang, pembaruan tersebut memiliki skala besar maupun kecil. Namun jika terjadi pembaruan dengan skala besar pada algoritma Google, hal itu dapat berpengaruh terhadap hasil pencarian. So, berikut ini adalah pembaruan algoritma Google dari yang terdahulu hingga terbaru.

Algoritma Google Terbaru 2019

algoritma google terbaru

Situs kamu akhir akhir ini pengunjungnya terjun bebas? Sama dong kalau gitu, di beberapa blog saya yang menggunakan blogspot sebagai CMS nya saya mengalami hal yang kurang enak, visitor saya menurun hampir 60%, semua itu karena update algoritma besar besaran yang dilakukan google waktu bulan puasa kemarin.

Kesalahan saya cuman 1, yaitu pagespeed versi mobile sangat lambat.

Lucu kan? Artikel yang sudah tahunan di pageone bisa merosot jauh ke bawah hanya karena loading pagenya sangat lambat, ya tapi ini lah dunia blogging, mau gak mau kita harus menurut kemauan dari mbah google, kalau gak nurut ya sudah bisa di pastikan kamu gak akan dapat pembaca organic.

Lantas apa saja yang di perbarui google akhir akhir ini?

1. Panda

Algoritma yang menjadi inti pada hasil pencarian Google ini diluncurkan pada tahun 2011. Memiliki fokus utama untuk melihat sejauh mana skor kualitas website. Tolak ukurnya dengan menganalisa terjadi tidaknya duplikasi atau plagiat artikel, konten yang memiliki kuantitas rendah, penggunaan kata kunci berlebihan, serta mengandung banyak spam.

>> Update Algoritma Panda Terbaru

  • Menumpas habis para pelaku keyword stuffing (Kelebihan kata kunci di dalam Artikel)
  • Punya Halaman 404 Not Found  yang banyak? Siap siap di sleding Si panda ini
  • Spamscore wajib anda check saat ini juga, kalau tinggi mending segera bersihkan tindakan spamnya
  • Masuk ke search console, lihat ada kesalahan duplikasi atau tidak? Kalau tidak ada brarti tidak lagi di incar sama panda ini
  • Jangan copas, karena kalau plagiatmu melebihi 30% Si Panda bakal marah lo
  • Situs wajib mempunyai navigasi yang tidak membingungkan

2. Penguin

Penguin merupakan algoritma inti Google yang diluncurkan pada tahun 2012 dan bekerja secara real-time. Kinerja Penguin ini untuk melihat apakah sebuah situs mengandung spam atau tidak, hingga teks manipulatif yang dapat merugikan penulusur. Jika kedapatan oleh algoritma Penguin, hal itu dapat menurunkan rangking pada penelusuran Google.

>> Update Algoritma Penguin Terbaru

  • Jangan sampai kamu ketahuan saling tukar backlink dengan blog lain jika kamu gak mau di deindex Google
  • Jangan sembarangan taruh backlink (Untuk Yang suka taruh backlink di kolom komentar)
  • Para pelaku blackhat musuh terbesar algoritma ini
  • Beri internal link ke halaman yang masih sama pembahasannya
  • Penguin semakin pintar membaca keyword di dalam artikelmu, jadi dia bisa melihat keywordmu berkualitas atau tidak

3. Hummingbird

Pembaruan yang memiliki tugas untuk menafsirkan kata kunci. Menghasilkan pencarian sesuai yang dicari penelusur. Algoritma Google ini diluncurkan pada bulan Agustus 2013. Hummingbird dapat membuat situs berada di rangking terbaik walau tidak sesuai dengan kosakata yang dicari penelusur. Pasalnya, algoritma tersebut tergantung pada kemiripan istilah dan indeks sebuah kata tertentu yang dicari penelusur.

>>Update Algoritmma Hummingbird Terbaru

  • Bisa membaca Sinonim kata (Persamaan Kata)
  • Bisa membaca kalimat apakah readable atau tidak
  • Melihat struktur dari artikel yang kamu buat
  • Artikel yang kaya akan keywords tetapi masih readable akan di kasih tempat di pageone sama algoritma ini
  • Kualitas artikel selalu nomer utama

4. Pigeon

Jika situs Anda selalu memperhatikan SEO pada artikel secara on-page maupun off-page, maka kualitas artikel Anda terhadap rangking Google bergantung pada kinerja dari algoritma Pigeon. Algoritma ini diluncurkan pada tahun 2014. Pigeon dapat dipengaruhi oleh unsur lokasi penelusur dari sebuah website. Sehingga, pencarian dan peringkat website dapat ditentukan dari hasil lokasi masing-masing.

>>Update Algoritma Pigeon

  • Menguntungkan ‘Pencari’ untuk mendapatkan informasi yang di inginkannya
  • Hasil dari penulusuran sesuai dimana lokasi kamu berada
  • Lebih pintar untuk membaca keyword yang di ketikan seseorang di google
  • Memberi hasil yang paling cocok untuk pengguna
  • Intinya algoritma ini hanya merubah hasil pencarian saja, gak ada hubungan sama blog

5. Mobilegeddon

Algoritma Google Mobilegeddone diluncurkan pada tahun 2015. Memiliki fokus utama untuk sebuah website aksesbilitas pada mode perangkat seluler. So, jika situs Anda mobile friendly dapat dipastikan akan memiliki rangking terbaik pada penelusuran Google.

>>Update Algoritma Mobilegeddon Terbaru

  • Beruntunglah bagi orang yang dari awal menggunakan Template AMP (Acceleration Mobile Page)
  • Speed situs jika di akses mobile harus cepat (Ini yang membuat website saya tenggelam)
  • Mobile Friendly wajib untuk semua situs (Karena google tahu penggunanya paling banyak adalah pengguna Handphone)

6. Algoritma Google  Rank Brain

Sistem pembelajaran untuk Google yang menjadi bagian dari algoritma Hummingbird, diluncurkan pada tahun 2015. Memiliki fokus dalam membantu Google memahami makna dari sebuah keyword yang dicari penelusur, untuk menyajikan hasil yang sesuai pencarian.

>>Update Google Rankbrain Terbaru

  • Algorita ini hanya pelengkap dari hummingbird yaitu untuk menentukan hasil penelusuran terhadap kata kunci yang diketikkan

7. Possum

Possum adalah pembaruan algoritma Google yang diluncurkan pada tahun 2016. Bekerja untuk memastikan hasil pencarian lokasi, supaya lebih banyak tampil di laman search engine. Jika lokasi Anda dekat dengan penelusur, kemungkinan peringkat situs Anda memiliki rangking terbaik.

Tidak perlu ada yang kalian perbuat, dan updateny juga itu itu aja.

8. Fred

Fred diluncurkan pada tahun 2017 dan diperbarui Maret 2019 kemarin. Fokus utama algoritma Fred ini  tidak jauh beda pada algoritma lainnya. Agar memberikan hasil pencarian yang memuaskan bagi penelusur. Nah, pembaruan Algoritma Google tersebut kadang tidak mencolok atau disebut skala kecil. Walau demikian, algoritma Fred ini termasuk pembaruan skala besar yang terjadi secara signifikan.

Sedangkan untuk pembaruan algoritma Google terbaru, juga berpengaruh pada artikel yang masuk pada kategori situs Your Money, Your Life atau biasa disebut YWYL. Dimana situs yang tergolong kategori kesehatan, jual beli, keuangan, asuransi maupun investasi memiliki penilaian tersendiri pada mesin pencarian Google. 

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang Algoritma Google Terbaru. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan optimasi website di mesin pencari. Terlebih, algoritma di atas masih berlaku hingga saat ini. Sehingga, dapat Anda terapkan serta ditingkatkan melalui keahlian mengelola situs untuk memperjelas identitasnya.

Yakni, dengan menunjukkan laman seperti “Tentang Kami”. Kemudian, otoritas backlink halaman yang sesuai dengan kategori situs khususnya pada artikel. Ingat, untuk terus berkomitmen dalam membuat konten situs terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan. Oke, sekian dari kami Pemirsa!

Related Posts

1 Comment

  1. Pingback:BERT, Algoritma Google November 2019 | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *