Menu Tutup

Cara Agar Blog Muncul Di Google (Hanya Beberapa Menit)

cara agar blog muncul di google

Cara Agar Blog Muncul Di Google – Membuat artikel di blog adalah kegiatan mengasyikan, selain bisa mengasah skill menulis kita juga bisa menuangkan isi hati dan opini sendiri. Tapi yang jadi masalah utama orang yang baru menulis di blog yaitu kenapa blog tidak muncul di google, saya sendiri juga mengalami hal itu dulu ketika baru mencoba menulis artikel di blog.

Saya mencooba search nama blog dan artikel yang sudah saya publish di google, namun hasilnya tidak ada. Usut punya usut artikel dan blog yang sudah kita buat harus di optimasi terlebih dahulu agar masuk di halaman pencarian google.

Selama berbulan bulan saya mempelajari cara agar blog muncul di google, namun hasilnya tetap saja ketika saya mencari judul artikel yang saya buat tetap tidak muncul.

Setelah beberapa hari saya melihat artikel di google yang mengatakan jika artikel yang sudah di publish dan di submit search console akan muncul di google tetapi tidak seketika langsung di halaman pertama (Bahkan tidak mencapai halaman 10 teratas google)

Daripada banyak curhat lagi langsung saja kita menuju ke langkah langkah untuk mensubmit artikel dan blog kita di google agar bisa muncul di google dan bisa di baca banyak orang.

Cara Agar Blog Muncul Di Google 2019

Disini saya akan memberitahu anda tentang ahar artikel dan blog anda bisa di cari di google, tapi tidak menjamin artikel anda bisa di halaman 1 (Rank 1-10), karena butuh yang namanya Optimasi SEO Blogger jika ingin artikel yang anda buat bisa keluar di halaman pertama google.

Jadi kalau hanya iseng iseng dan masih baru dalam blogging bisa anda coba cara cara di bawah ini, seenggaknya blog anda akan di index google meskipun tidak di prioritaskan di halaman pertama. Tapi kalau memang ingin mencari pembaca yang banyak di blog anda silahkan tekuni lagi Optimasi SEO Blogger nya, langsung saja baca artikel saya yang sudah saya kasih link di atas.

1. Submit Search Console

Nah ini hal yang paling penting, Setiap search engine (Google, Yahoo, Bing, Yandex, dll) pasti mempunyai fitur search console ini, fitur ini digunakan para blogger mengindex artikel yang telah dibuatnya ke search engine untuk memberitahu “Nih gua bikin artikel baru, masukin halaman lu dong” , secara kasarannya seperti itu. Kemudian artikel anda akan di rayapi oleh bot search engine yang anda pilih.

Kita ambil saja disini anda ingin membuat artikel anda masuk google, jadi anda harus submit url artikel / blog anda ke search console milik Google, untuk caranya langsug saja lihat di bawah ini.

  • Masuk Ke https://search.google.com/search-console/about
  • Klik Mulai Sekarang
  • Kemudian Login dengan akun google anda, Belum punya? Lihat : Cara Membuat Akun Google
  • Setelah itu Masukan URL blog anda, misal blog ini silahkan isi dengan https;//penulistamu.com. Masukan secara spesifik seperti dengan www atau tidak. Contoh https://www.domainsaya.com / https://namadomainsaya.com. Pengalaman saya ketika memasukan url yang berbeda dengan situsnya nanti akan muncul redirect di search consolenya.

search console

  • Setelah itu anda akan disuruh verifikasi data dengan cara memasukan code html yang di beri oleh google, dan masukan ke blog anda
  • Cara memasukan kode hmtl tersebut berbeda beda caranya sesuai platform blog yang anda gunakan, semisal anda menggunakan blogger.com silahkan masuk ke Setelan > Tema > Edit HTML > Kemudian Paste kode tadi di bawah <head>
  • Jika menggunakan wordpress anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO saja biar gak ribet
  • Setelah code terpasang di blog klik Verifikasi, halaman akan langsung berpindah ke tempat submit url (Kedalam akun webmaster tools)
  • Nah disitu anda sudah bisa submit url artikel yang baru anda buat, tidak membutuhkan waku lama untuk index dala hitungan menit artikel anda sudah ada di google (Meskipun belum di index sepenuhnya seenggaknya sudah index judul dan kata kunci)

Sebenarnya meskiun url artikel dan blog anda tidak di submit juga tidak masalah, lama lama juga di index sendiri oleh google (Tapi jika blog baru akan membutuhkan waktu hingga berbulan bulan hingga google memunculkan blogmu di hasil pencarian).

Untuk search console search engine lain caranya juga hampir sama dengan di atas, jadi alangkah lebih baiknya jika submit di berbagai serach engine agar artikel lebih di index secara sempurna.

2. Social Signals

Social Signals ini bisa dibilang anda menulis artikel terus minta bantuan sosial media untuk tahap brandingnya, jadi setelah membuat artikel langsung saja share ke sosial media seperti facebook, Linkedin, pinterest dll. Apalagi jika artikelmu banyak di kunjungi orang melalui social media, bot google akan merayapi secara otomatis artikel yang tiba tiba mempunyai pengunjung.

Selain membantu pengindexan anda juga secara tidak langsung mendapat pengunjung, maka dari itu share artikel anda di group atau tempat yang sesuai tema pembahasan artikel anda, gak mungkin kan artikelmu membahas masakan kamu kirim ke group yang isinya membahas tentang game? Apalagi kamu share di group pencari jodoh di facebook hehe.

3. Ping URL

Ada banyak website yang memberikan url pinger secara gratis, tapi tidak saya sarankan digunakan di blog yang memang sedang di optimasi, karena terkadang url pinger di anggap spam oleh google, sehingga tidak di prioritaskan di halaman pertama google. Tapi jika untuk website website iseng atau hanya menulis seadanya boleh menggunakan ini untuk mempercepat index.

Kalau dulu sih Ping URL ini sangat ampuh untuk meningkatkan peringkat artikel, bahkan google sendiri memberikan fitur ini. Pada 2017 lalu google menghapus fitur ini dikarenakan Google memprioritaskan blog dengan artikel yang berkualitas ketimbang blog sampah yang setiap hari melakukan PING URL.

Jadi fitur ini hanya disarankan untuk blog personal yang bukan bertujuan membangun Moneysite dan authorisasi blog.

Cara Agar Blog Muncul Di Google Dengan Cepat

Cara agar blog muncul di google urutan pertama

Nah diatas adalah 3 cara yang bisa anda lakukan agar blog muncul di google, cara itu juga sering saya gunakan kecuali yang Ping URL, tetapi sekali lagi saya tekankan itu hanya sekedar membuat blog dan artikel anda ada di google, bukan untuk optimasi agar bisa pageone.

Bisa sih pageone, tetapi banyak faktor yang harus anda lakukan seperti riset kata kunci bidikan, memberi backlink dll. Jika anda ingin menaikan peringkat artikel untuk promosi produk / berjualan saya sarankan mengoptimasi yang benar, jika dirasa terlalu sulit atau anda tidak mempunyai waktu untuk itu anda bisa kontak saya, sewa jasa saya, dan garansi artikel anda akan berada di pageone.

Untuk Biaya jasa SEO bisa diatur ketika sudah totalan apa saja yang harus di beli (Backlink, riset dll).

Terus nanti ada yang tanya kenapa buka jasa SEO tapi blog ini belum ada yang peringkat utama? Karena blog ini tidak saya optimasi, hanya optimasi onpage aja dengan cara menulis artikel yang berkualitas dan mengoptimasi internal link. Dan lagi bidikan keyword saya di blog ini terhitung berat.

Dan satu hal lagi kenapa blog ini belum banyak yang pageone, karena blog ini masih berusia 1 bulan semenjak artikel pertama saya publish di blog ini.

TAPI, blog saya bukan hanya ini, ini blog baru saya, ada beberapa blog yang saya kerjakan, jika ragu dengan jasa ini nanti kontak saya dan saya beri daftar artikel dan blog yang saya kerjakan, dan lihat dari segi kualitas dan banyaknya artikel yang pageone dengan kata kunci pesaingan menengah (Karena saya sendiri juga belum mampu dari segi modal dan tenaga mengoptimasi artikel dengan keywords pesaing tinggi)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *