Menu Tutup

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Terbaru 2020

Facebok Ads – Anda pasti sudah sering melihat sponsor bertebaran di facebook kan? Apakah anda ingin mencoba juga untuk mempromosikan produk dagangan / jasa anda? Disini saya akan memberikan cara memasang iklan di facebook dengan mudah, dalam artian mudah disini yang penting iklan anda berjalan dan tayang di facebook.

Mengingat Facebook adalah salah satu tempat paling potensial untuk berjualan, mulai barang-barang fashion hingga produk kecantikan.  Sayangnya masih banyak orang yang gagal dan boncos ketika beriklan, mereka mengeluarkan uang banyak namun tidak mendapatkan penjualan dari iklanya.  Hal ini diakibatkan karena mereka tidak tahu cara beriklan di facebook ads, sedangkan facebook selalu memperbarui alogaritmanya.

Untuk tips pasang iklan di facebook agar tidak rugi nanti akan saya buatkan di artikel yang lain, disini saya akan fokus terlebih dahulu memberikan cara untuk membuat / memasang iklan saja.

Cara Memasang Iklan Di Facebok Dengan Mudah

1. Membuat Fanspage

Pertama tama yang anda butuhkan yaitu fanspage, karena fanspage akan dijadikan identitas iklan anda, cara membuat fanspage cukup mudah hanya pilih Pages / Halaman kemudian klik Buat / Create Your Pages (Lihat gambar di bawah ini)

Membuat Fanspage

  • Pilih “Create Page” nanti akan muncul pilihan apakah anda pemilik bisnis atau komunitas. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Isi nama halaman anda beserta dengan kategorinya, isi dengan nama perusahaan atau jasa anda, dan pilih kategori yang sesuai dengan iklan anda.
  • Upload foto profil halaman dan Sampul, sesuaikan dengan topic yang akan anda iklankan, usahakan yang menarik agar orang yang melihat sponsor anda tergoda untuk melakukan aksi terhadap iklan yang anda buat.
  • Fanpage anda sudah jadi, anda sudah siap mengiklankan Produk atau jasa anda.

TIPS : Sebelum anda beriklan, sebaiknya isi dulu fanpage anda dengan beberapa postingan, agar orang yang datang melihat halaman anda tersebut bisa mempelajari apa yang anda tawarkan. Usahakan postingan yang anda buat mewakili keseluruhan dari produk / jasa yang anda buat (Gunakan Skill Copywritting anda)

Setelah terisi beberapa postingan saatnya anda membuat postingan yang akan anda iklan di facebook, buat postingan yang akan di iklankan ini menjadi puncak dari beberapa postingan yang anda buat sebelumnya.

2. Isi Saldo Facebook ads

Jika anda ingin beriklan di facebook, anda harus terlebih dahulu mengisi saldo anda. saldo ini akan dibayarkan ke facebook.dan facebook akan mengirimkan ke sebanyak mungkin orang sesuai dengan dana yang anda belanjakan. Anda harus menyiapkan biaya sesuai bid yang anda atur di dalam settingan ketika membuat iklan.

Untuk permulaan anda boleh hanya mengisi 50rb rupiah saja untuk awal champagne yang anda buat (Sambil mempelajari lebih dalam fitur targeting yang di facebook ads).

Cara Mengisi saldo Iklan di facebook  adalah sebagai berikut

1. Masuk ke link facebook.com/ads/manager
2. Jika anda belum memiliki akun anda bisa membuatnya terlebih dahulu, ada tata caranya ketika anda masuk ke facebook ads manager.
3. di ads manager langsung klik tombol pengelola iklan di kanan atas layar.
4. pilih menu tagihan (menunya di paling kanan bawah)
Cara beriklan di facebook ads
5. pilih pengaturan pembayaran
6. pilih “tambah uang”
7. akan muncul metode pembayaran, jika anda masih awal awam, sebaiknya pilih metode bank transfer.
8. isi berapa saldo yang ingin anda isi.
9. klik lanjutkan pembayaran.
10. anda akan diarahkan ke halaman pop up dari “doku”, disana anda akan mendapatkan payment code, berupa rekening virtual. Di halaman tersebut ada penjelasan bagaimana cara transfer saldo. Anda cukup mengikutinya saja.
11. lakukan transfer.

Setelah anda berhasil melakukan transfer, saldo anda di facebook akan bertambah, anda bisa mengeceknya di menu “Tagihan”. Setelah itu anda tinggal mengatur bid yang akan anda gunakan untuk menyebarkan produk anda ke facebook.

3. Mulai beriklan

Pada dasarnya, ada 2 cara beriklan yang bisa anda gunakan yaitu:

-Beriklan dari Halaman facebook
-Beriklan melalui facebook ads manager

Jika anda masih baru, mungkin anda bisa menggunakan halaman facebook untuk beriklan karena lebih mudah dipahami dan tidak banyak opsi opsi yang harus di perhatikan, jika menggunakan langsung di ads manager anda akan disuguhkan fitur yang complex untuk menargetkan secara spesifik audience anda (Tapi jika menggunakan ads manager akan membuat iklan yang anda jalankan lebih tertarget)

Baca Juga : Cara Memasarkan Produk Dengan Benar

Note : baca juga tentang kebijakan beriklan di facebook, dan patuhilah agar iklan anda diterima, untuk membaca kebijakanya anda bisa kunjungi https://id-id.facebook.com/policies/ads
Hal ini sangat penting, karena jika sampai anda melanggar, iklan anda tidak akan diterima, atau bahkan akun anda akan ditangguhkan. Dan anda tidak akan bisa beriklan lagi.

Menggunkan Fanspages Untuk Beriklan dengan mudah

Setelah anda membuat postingan yang menarik seperti yang saya sebut di atas kemudian klik tombol “Promosikan Postingan / Boost Post” yang ada di bawah postingan anda

Cara Memasang iklan di facebook
Setelah itu anda akan langsung masuk ke tampilan targeting, atau penargetan orang. Anda bisa mengisi semua itu berdasarkan keinginan anda. Jika anda masih awam dengan penargetan coba anda pelajari terlebih dahulu, atau jika anda tidak mau ribet bisa pakai jasa penargetan iklan facebook ads (Disaya juga boleh, nanti saya beri hasil iklan yang saya jalankan dengan fb ads dan lihat Engagements yang saya dapat hehe)

Di kolom Tujuan and bisa mengisi dengan landing page website penjualan produk / jasa anda, atau kalau anda tidak ingin ribet dan tidak punya landing page anda bisa mengarahkan audience anda ke kontak whatsapp / chat facebook secara langsung.

Setelah semua siap langsung saja promosikan postingan anda dengan budget yang sudah anda siapkan setiap harinya, jika saldo habis otomatis kampanye iklan anda juga terhenti, anda akan disuguhkan banyak statistik mulai dari audience yang melakukan aksi ke iklan anda sampai berapa orang yang share postingan anda.

Penutup…

Cara memasang iklan di facebook memang terlihat mudah tetapi tak jarang orang mengalami kegagalan dalam bentuk kerugian seperti sudah banyak menghabiskan budget untuk beriklan tapi tidak mendapat imbal balik yang setimpal, produk gak ada yang beli, jasa pun tak ada yang pakai. Nah disini anda harus sering sering menganalisa audience anda untuk iklan selanjutnya.

Karena memang pertama kali beriklan di facebook jarang yang langsung mendapatkan efek besar, tetapi anda harus melalui banyak trial and error sehingga anda bisa menganalisis audience anda mana yang layak untuk ditargertkan ulang mana yang harus di lewatkan.

Semakin anda mengenali audience semakin banyak pula interaksi yang akan anda dapatkan di iklan, dan yang perlu diketahui adalah ketika iklan anda di facebook berjalan baik (Banyak yang share, comment, like) maka semakin murah pula iklan anda ! Jadi intinya anda harus mendapatkan engagement sebanyak banyaknya namun perkecil modal sekecil kecilnya sehinggan anda tidak merasakan kerugian.

Related Posts

2 Comments

  1. Pingback:5 Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan Online | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *