Menu Tutup

Cara Memasarkan Produk Dengan Baik Dan Benar

Cara memasarkan produk

Cara Memasarkan Produk – Pemasaran merupakan sebuah langkah yang penting untuk meningkatkan performa perusahaan dengan memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Melalui strategi dan cara memasarkan produk dengan benar dan tepat sasaran, Anda dapat memperoleh brand awareness dari konsumen. Sehingga dapat mengingat nama produk, logo, kemasan, hingga slogan pada produk bisnis Anda. Bukan hanya itu, bisnis yang Anda jalankan juga mampu meraih target penjualan yang lebih efektif apabila dilakukan langkah pemasaran produk yang benar.

Untuk langkah pertama sebelum menerapkan cara memasarkan produk dengan benar, ada baiknya jika Anda mengenal pasar dan target market terlebih dahulu. Kemudian, keluarkan produk berkualitas dan berbeda dari produk milik kompetitor. Apabila produk Anda sudah ada yang mengeluarkan lebih dulu, maka Anda harus fokus untuk memperbaiki kelebihan produk. Supaya konsumen memperhatikan keunggulan produk Anda daripada milik kompetitor. Dan untuk mencapai tujuan kesuksesan pada bisnis Anda, simak cara memasarkan produk yang benar dan tepat untuk bisnis Anda berikut ini!

Tips Memasarkan Produk Dengan Benar

Dari beberapa tips di bawah ini, yang penting kamu sudah paham dengan targeting audience, karena percuma semua cara dilakukan jika target market tidak kamu temukan. Sama seperti jual baju gambar prabowo tapi jualannya di kampanye jokowi, gak akan ada yang beli bahkan gak akan ada yang ngelirik.

Beda jika kamu sudah menemukan target yang cocok, produk akan selalu ngacir terjual, oke langsung saja simak selengkapnya lagi di bawah ini, untuk kurang kurangnya bisa anda komen di bawah, karena saya sendiri juga gak jago jago amat masalah marketing.

1. Manfaatkan Media Sosial

jualan di medsos

Anda pasti percaya jika social media merupakan media dan alat pemasaran produk yang ampuh untuk mengenalkan bisnis Anda serta menjangkau pemirsa lebih luas. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun Instragam dengan mengenalkan brand produk Anda.

Disini saya biasanya menyebut akun media sosial untuk berjualan saya sebagai kolam uang, karena akun yang sudah dioptimasi 100% akan menjaring pembeli. Optimasinya seperti apasih? Optimasinya cukup mencari ‘add friend’ di akun facebook yang menjadi target kamu, jadi jika kamu jual alat make up usahakan friend list kamu isinya wanita umur 20-40 an.

Itu hanya salah satu saja, jika kamu tertarik mempelajari semua tentang berjualan online kamu bisa hubungi saya, bukan saya yang mengajari tapi anda akan kami kenalkan ke ahlinya (Sebagaimana saya juga masih belajar dengan beliau). Kamu akan mendapatkan pembelajaran secara real time dan pertanyaan pertanyaan akan langsung di jawab. Kamu bisa belajar secara offline dan online pula.

2. Menawarkan Produk Secara Gratis dengan Beragam Cara

Anda pasti setuju apabila ada hal yang menghalangi konsumen membeli sebuah produk karena belum mencobanya. Kecuali, ada teman yang juga mencoba kemudian mengenalkan pada teman lainnya. Sehingga, untuk memasarkan produk bisnis yang benar, sebaiknya Anda perlu memberikan sample product kepada konsumen secara gratis, atau dengan melakukan kegiatan giveaway kemudian meminta yang memenangkan untuk mempromosikan produk bisnis Anda tersebut.

Pernah tidak kamu melihat orang berjualan produk digital terus menambahkan bonus bonus tools tertentu? Tentu kamu akan tergiur kan? Karena biasanya mereka menulis banyak bonus, misal saya menjual alat untuk menambah followers instagram, terus saya beri kata kata ‘Bonus Buku Untuk menaikan omset penjualan dll seharga juta’an’, harga jual produknya cuman 400rb tapi total bonus yang di dapat sejutaan gimana mau gak tergiur?

3. Menjadi Sponsorship pada Kegiatan Lomba atau Acara Tertentu

Cara memasarkan produk dengan benar, baik secara offline maupun online juga bisa Anda terapkan dengan menjadi sponsor dalam sebuah kegiatan tertentu atau justru menjadi penyelenggaranya. Pemasaran semacam ini dipastikan lebih efektif, karena logo, maupun brand yang Anda promosikan lebih dikenali oleh peserta lomba dan masyarakat luas.

Tapi ini hanya untuk pemasaran produk besar ya, masak iya cuman jualan baju aja sampai pasang sponsorship di acara acara hehe.

Efek dari pemasaran seperti ini begitu besar, terlebih jika acaranya didatangi banyak orang, kamu akan mendapat trust dari banyak orang yang melihat. Jangan kawatir rugi di awal, karena hasilnya nanti kamu rasakan sendiri.

Baca Juga Dong : Blogger VS Youtuber, Mana yang lebih menghasilkan?

4. Menawarkan Promo Pembelian Produk

promo memasarkan produk

Siapa sih yang tidak tertarik dengan promo produk sekian persen. Apalagi ada produk terbaru yang ingin Anda kenalkan. Oleh karenanya, Anda dapat memasang iklan dengan memberikan promo tertentu, semisal Buy One, Get One, atau diskon 20%, dan sebagainya. Namun demikian, Anda harus memperhitungkan untung dan ruginya terlebih dahulu ya. Caranya, dengan promo yang dijalankan dalam 3 hari atau 2 hari saja.

Pernah lihat orang berjualan yang memberikan Limited Offers? Jadi pembelian hari ini akan mendapat diskon besar besaran, hal ini sangat penting untuk memainkan pikiran orang, karena mereka merasa akan bisa memilih barang bagus dengan harga yang murah. Banyak marketer melakukan tehnik seperti ini. Apalagi di landingpagenya di beri waktu berjalan mundur (Tanda waktu diskon berakhir), mereka akan buru buru beli produk tersebut tanpa terkecuali.

5. Memberikan Reward untuk Konsumen yang Merekomendasikan Produk

Pemasaran ini merupakan bagian dari cara kedua, yakni apabila konsumen cenderung membeli sebuah produk yang direkomendasikan temannya. Terlepas dari cara promosinya dengan media online maupun offline. Untuk menunjang promosi secara word of mouth ini, berikanlah insentif pada konsumen setia Anda yang memasarkan produk tersebut. Baik berupa uang, produk, kupon, maupun diskon.

Sistem ini biasa disebut Refferal dan Affiliasi, jadi kamu bisa memberi hadiah kepada orang yang turut memasarkan produk kamu, kamu bisa memberinya komisi beberapa persen dari tiap penjualan / kamu memang sudah menyiapkan bonus tertentu, gak ada ruginya juga jika kamu melakukan hal ini.

Tapi seperti kata saya tadi, target pasar kamu harus benar benar cocok dengan produk yang kamu jual (Karena ini kunci agar mendapat pembeli yang loyal)

6. Melakukan Promosi dengan Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility)

Konsumen tentu lebih suka apabila ada brand sebuah produk yang ramah lingkungan, sehingga menjadi langkah yang tepat dengan membeli produk bisnis Anda. Strategi pemasaran yang dilakukan brand Anda terhadap lingkungan dan isu di sekitar masyarakat ini ditunjukkan dengan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).

Cara ini dapat Anda terapkan dengan penggunaan bahan produk atau label yang ramah lingkungan serta penggalaman dana yang dibagikan kepada sebuah komunitas maupun organisasi. Besar kemungkinan jika kegiatan semacam ini dilakukan, brand produk Anda lebih dikenal, dan disukai oleh masyarakat.

Tips ini hanya dilakukan untuk penjualan produk gede gedean sih, bagi yang masih main kecil kecilan atau masih kelas bisnis pelajar jangan dulu, karena melihat tingkat kesulitannya dan dana yang dikeluarkan sangat fantastis kita sebagai marketer pemula tentu belum mempunyai kapasitas seperti itu.

Penutup…

Beberapa langkah di atas merupakan cara yang terbukti ampuh dalam strategi pemasaran produk, baik baru ataupun lama untuk dapat dikenali dan diborong konsumen. Pasalnya, produk dikatakan efektif apabila diminati oleh konsumen.

Namun demikian, sebelum cara memasarkan produk dengan benar dan tepat, sebaiknya Anda sudah membuat desain logo perusahaan atau brand, label, poster, brosur, hingga akun sosial media yang akan Anda gunakan sebagai media promosi. Semoga cara di atas dapat membuat tujuan brand awareness dan taget penjualan produk Anda bisa tercapai. Sekian dari kami dan terimakasih.

 

Related Posts

2 Comments

  1. Pingback:Cara Dapat Pasif Income Dengan / Tanpa Modal | Penulis Tamu

  2. Pingback:Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Terbaru 2019 | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *