2 Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Gratis

Cara membuat email outlook

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri – Email adalah hal yang sangat penting saat ini, terlebih jika email tersebut menggunakan domain pribadi sehingga bisa tampak lebih profesional daripada menggunakan email gratisan seperti gmail.com dll. Kegunaan email pun juga banyak, kamu bisa transfer gambar/video/file berukuran besar dan bisa saling kirim pesan.

Nah terus bagaimana sih cara membuat email dengan domain sendiri? Ada 2 cara mudah untuk hal tersebut, disini saya akan menjabarkan satu persatu, tapi ingat , ketika kamu membuat email dengan nama brand sendiri kamu membutuhkan domain, dan domain itu tidak gratis. Kamu perlu menyewanya pertahun. Dan kamu juga harus cari nama domain yang available (Belum digunakan orang).

NOTE : Disini saya akan memberikan 2 cara yaitu gratisan dan berbayar, tapi saya sarankan memang buatlah email dengan cara yang berbayar karena kamu bisa mendapat space juga untuk membuat suatu website. Jadi gak ada ruginya.

Cara Membuat Email dengan domain sendiri melalui Cpanel

Mungkin bagi kamu belum tahu apa itu Cpanel, cpanel adalah tempat kamu mengatur hosting kamu, disana kamu bisa menginstall, menambah, mengedit untuk membuat sebuah halaman web. Disini kamu juga bisa membuat email dengan nama domainmu sendiri. Tapi ada bahan bahan yang di sediakan terlebih dahulu :

Bahan membuat email dengan domain sendiri :

  1. Domain. Domain ini wajib kamu punya, masa iya mau bikin email sendiri tapi tidak punya domain pribadi. Kamu bisa beli domain di saya hanya dengan harga hanya 60k / pertahun dengan extensi domain .com .net .org .id. Kalau di penyedia lain sudah pasti di atas 100k.
  2. Hosting & Cpanel. Ya hosting juga penting untuk memberikan space email kamu, kamu beli hosting sudah otomatis dapat Cpanelnya. Mau yang murah? Saya juga menyediakan Hosting lo hehe, dan yang pasti harganya juga murah. Kalau tanya tanya bisa langsung hubungi saya saja di kontak yang sudah tersedia.

Langkah membuat email dengan domain sendiri via Cpanel

Setelah semua bahan sudah kamu dapatkan sekarang saatnya membuat emailnya, tapi sebelum itu pastikan domain kamu sudah melewati masa propagansi (Pengaktifan domain) , biasanya sehari setelah beli domain sudah aktif.

  • Masuk ke cpanel dengan username dan password yang kamu dapatkan ketika membeli hosting, jika gak tau kamu bisa masuk melalui client area aja biar lebih mudah.
  • Pilih opsi Email Accountcara membuat email dengan domain sendiri
  • Kemudian pilih Create / Buat akunakun email
  • Setelah itu ada beberapa kolom yang harus kamu isi, lihat gambar di bawah ini :Cara buat email
  • (1) Pilih nama domain (Jika ada beberapa domain yang kamu punya) . (2) Pilih nama, kamu bisa isi apa saja semisal ‘admin’ , nanti email yang jadi akan seperti admin@penulistamu.com. (3) Beri password, wajib dengan numeric dan huruf besar supaya lebih aman. (4) Space yang akan kamu berikan kepada email yang kamu buat (Pilih sesuai kapasitas hosting kamu).
  • Nah setelah itu scroll ke bawah kemudian pilih Create

Sampai situ kamu sudah punya email dengan nama domain sendiri di belakangnya, untuk cek emailnya bisa kamu menuju webmail di dalam client area atau langsung dari Cpanel. Email tersebut bisa di pasang di hp tidak? Pastinya bisa, caranya akan saya beri di bawah artikel ini ya. Biar saya selesain dulu tutorialnya hehe.

NOTE : Sisa space di cpanel bisa kamu gunakan untuk membuat website, kalau gak tau caranya nanti saya buatkan tutorial cara membuat wordpress melalui cpanel.

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Gratis Di Zoho

Zoho adalah platform penyedia email dan space bagi siapa saja yang ingin membuat email dengan domain seniri, disana ada fitur berbayar dan gratis, tapi bagi kamu yang masih ingin coba coba bisa pakai fitur yang free saja, cara membuatnya pun juga cukup mudah, simak caranya berikut ini :

  • Masuk ke https://www.zoho.com/id/mail/
  • Setelah itu kamu mendapati tampilan Membuat email bisnis ayau email pribadi, silahkan kamu pilih email Bisnis agar bisa dapat memasang domain sedniri.
  • Setelah itu kamu akan dialihkan ke halaman pricing, disitu ada harga fitur yang bisa kamu pakai, tapi jika ingin gratisan scroll aja ke bawah dan pilih paket gratis selmanya.
  • Kemudian kamu disuruh mengisi nama domain yang kamu punya / kamu bisa beli baru disanabuat email di zoho
  • Isi data diri di kolom yang di sediakan, dan isi nama atau administrator email kamu, lihat gambarcara membuat email dengan domain sendiri
  • Langsung saja Sign Up akun kamu jika sudah mengisi datanya (Nomer telpon wajib di isi karena zoho akan meminta verifikasi nomor telpon dan kirim kode ke nomor hp kamu)
  • Masukan kode verifikasinya
  • Setelah itu kamu disuruh masukan keamanan, tapi bisa kamu lewati, klik tombol ingatkan saya nanti di bawah
  • Kemudian kamu akan masuk ke manage domain kamu, disana kamu wajib melakukan verifikasi nama domain dengan memasukan DNS.
  • Saya tidak bisa kasih caranya karena setiap penyedia domain berbeda cara dan langkah langkahnya, tapi jika kamu beli domain di saya pasti akan saya bantu untuk settingkan hal tersebut.

Setelah semua langkah sudah, fix kamu sudah mendapat email dengan domain sendiri, tinggal tunggu masa propagansi dns aja. Ketika kamu ingin masuk ke email kamu tinggal masuk saja ke zoho. Dan lagi zoho memberikan free space sebesar 5gb untuk email yang kamu buat, banyak banget kan? Masa aktif dari email di zoho sendiri juga tergantung masa aktif domain yang kamu beli.

Cara Memasang Email Dengan Domain Sendiri Ke HP

Memasang email di hp memang mudah, apalagi kalau gmail. Tapi bagaimana kalau email dengan domain sendiri? Server sendiri? Caranya cukup mudah, kamu harus punya pop3 nya dulu, untuk ambil pop3 setiap penyedia berbeda caranya, tapi jika di cpanel sama semua caranya, simak :

  • Masuk ke cpanel seperti biasa
  • Pilih email account , Manage Account
  • Kemudian pilih Connect Devicescara buat email dengan domain sendiri
  • Disitu kamu bisa melihat ada banyak device yang bisa kamu pasangin email, disini anggap saja mau di pasang ke android, yang kamu butuhkan cuman pop3 dan port.
  • Lihat gambar untuk server, pop3, dan port nyacara buat email dengn domin sendiri
  • Disitu ada 2 pilihan yaitu SSL dan Non SSL, jika ingin email kamu lebih aman dan terenkripsi bisa pakai ssl (Itupun juga jika sudah install sertifikat ssl di hosting yang kamu pakai). Tapi jika kamu gak mau ribet dulu bisa pakai yang non ssl.
  • Setelah dpat recordnya semua sekarang pindah ke layar handphone kamu.
  • Masuk ke gmail (Aplikasi apa saja yang penting bisa untuk mailing), setelah itu masuk ke setelan dan tambahkan akun.
  • Disitu akan ada banyak pilihan mulai darii akun google, outlook, dll. Pilih sja Lainnya.
  • Ikuti saja instruksi sesuai yang ada, muali masukan email, pop3, outgoing server, ingoing server dll.

Isi saja sesuai record yang sudah kamu dapatkan, setelah itu kamu berhasil menambahkan email dengan domain sendiri ke handpone kamu, dan gak perlu lagi ribet cek email karena bisa langsung cek di handphone, kamu juga bisa langsung mengirim pesan lewat email tersebut.

Penutup…

Bagaimana? Mudah kan cara membuat email dengan domain sendiri, banyak keuntungan yang kamu dapat jika mempunyai email dengan domain sendiri, yang pertama dari kualitas branding sudah pasti akan tampak sangat profesional, dan yang lebih bagus lagi orang yang melihat akan teringat dengan nama brand kamu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *