Menu Tutup

Cara Membuat Email – Cepat, Mudah & Gratis

Cara Membuat Email – Electronic Mail atau yang biasa kita sebut dengan email ini sangat berguna di jaman sekarang, karena kebanyakan aplikasi atau website sekarang membutuhkan email untuk mendaftar. Kegunaan email sendiri tidak hanya untuk daftar daftar saja, tapi kamu bisa mengirim data ke kerabatmu dengan email, kan sudah ada WA kalau mau kirim data? Emangnya WA bisa kirim data berkapasitas berapa? Palingan cuman puluhan MB, tapi jika email kamu bisa mengirim dengan kapasitas yang besar.

Terus bagaimana cara membuat email? Disini ada banyak cara dan platform yang bisa kamu gunakan untuk mendaftar email baru seperti yahoo, gmail, outlook, dll. Nah saya akan memberi tutorial cara membuat email baru di semua platform ini biar lengkap, siapa tau kamu juga pengen punya banyak email dengan domain yang berbeda beda hehe.

Cara Membuat Email Baru

1. Cara Membuat Email Gmail

Gmail adalah salah satu tempat membuat email terbesar dan paling banyak penggunanya, ya kita tahu sendiri jika raksasa internet saat ini memang di pegang oleh Google, dan memang akun google sangat berguna untuk para pengguna Android khususnya, kamu bisa mendapatkan fitur yang hanya bisa di akses jika menggunakan google mail ini seperti playstore, google play game dan lain lain. Langsung saja simak cara membuat emailnya :

NOTE : Jika ingin melihat tutorial membuat email di hp tinggal langsung scroll aja ke bawah, di bawah saya memberikan tutorial membuat gmail di hp android.

  • Kunjungi gmail.com
  • Pilih Buat akun (Lihat Gambar) Jika ada pilihan ‘Untuk Diri Sendiri’ atau ‘Untuk Bisnis’ Silahkan pilih untuk diri sendiri saja.

Cara membuat email gmail

  • Kemudian akan muncul form untuk mengisi detil akun kamu, isi nama pengguna, alamat email (Tidak boleh ada spasi), dan password untuk login ke akun email kamu nantinya, setelah itu klik berikutnya.

cara membuat gmail

  • Kemudian akan muncul form yang harus kamu isi yaitu nomor telephon, email pemulihan (Jangan di isi jika belum punya email lain), tanggal lahir dan jenis kemalin, sebenarnya nomor telephon tidak di isi pun juga tidak masalah, cuman biar lebih aman dan antisipasi jika lupa password kamu bisa memanfaatkan nomor telephonmu.

Sampai situ kamu sudah berhasil membuat email sekaligus akun google, jadi kamu bisa mengakses akun google dengan email dan password yang kamu buat, juga bisa kamu tambahkan akun tersebut ke hp android kamu.

Cara Membuat Yahoo Mail

  • Klik Link https://login.yahoo.com/
  • Kemudian pilih Buat Akun
  • Tampilan pembuatan hampir sama sepeti membuat gmail, isi nama , alamat email (Tidak boleh ada spasi), nomor telpon wajib jika di yahoo, tanggal dan bulan lahir.
  • Kemudian Klik Lanjutkan
  • Setelah itu ikuti saja instruksi dari yahoo, dan sampai sini kamu sudah mempunyai alamat email dengan domain yahoo.com

Cara Membuat Email Outlook

Outlook adalah akun yang bisa kamu gunakan untuk akses produk dari microsoft, di indonesia mungkin jarang yang menggunakan, namun di luar negeri khususnya di amerika sangat banyak yang menggunakan ini, akun email outlook bisa untuk akun pribadi di komputer kamu yang menggunakan OS windows (Karena outlook milik microsoft)

  • Buka halaman https://outlook.live.com/owa/
  • Kemudian klik Buat Akun Gratis
  • Kemudian isi nama email kamu dan extensi domain yang akan kamu gunakan (.co.id , .com ,hotmail.com)

Cara membuat email outlook

  • Setelah tekan Berikutnya ada kolom isi password, isi dengan password yang mudah di ingat
  • Lanjut ke pengisian nama pengguna, sama seperti akun akun lainnya isi dengan nama pengguna sesuai yang ingin kamu gunakan
  • Isi Negara, Tempat tanggal lahir
  • Kemudian ikuti instruksi sampai selesai membuat emailnya.

Bagaimana Mudagkan cara membuat email itu? Sebenarnya ada banyak lagi tempat membuat email , bahkan kamu bisa menggunakan alamat email dengan nama domain nama kamu sendiri seperti admin@penulistamu.com (Nama domain web ini penulistamu.com). Nama email seperti ini tampak profesional jika untuk usaha kamu, semisal kamu mempunyai usaha bernama ‘lazada’ kamu bisa menggunakan email leonardo@lazada.com.

Pengen email seperti itu? Langsung saja kontak saya nanti saya buatkan, tidak ada biaya pembuatan kecuali biaya sewa domain pertahun. Yang pasti murah kalau di saya hehe.

Cara Mmebuat Email Baru Di HP

Diatas adalah membuat email gmail melalui laptop / komputer jika di hp android terbilang lebih mudah dan praktis apalagi akun yang kamu buat di android akan otomatis menjadi akun utama untuk mengontrol android yang kamu gunakan untuk bisa akses fitur google.

  • Buka pengaturan di hp android kamu
  • Cari Opsi Users & Account / Pengguna & Akun
  • Kemudian Pilih Tambahkan akun / Add Account
  • Pilih Google
  • Setelah itu Pilih Buat Akun / Create Account (Lihat gambar)cara membuat email di hp
  • Kemudian isi seperti biasa nama pengguna, alamat email dll (Lihat tutorial paling awal karena sama persis, bedanya cuman tampilan hp dan dekstop saja)
  • Selesai

Penutup & Kesimpulan…

Mungkin kamu bertanya tanya, dari beberapa platform email diatas mana yang paling bagus? Kalau menurut saya untuk sekarang dari segi keperluan Gmail lah yang paling baik, dari segi kualitas ya sudah pasti Outlook, tapi dari segi semua branding bisa gunakan domain sendiri saja.

Saya sendiri punya email dari semua platform di atas termasuk email dengan domain sendiri leonardo@penulistamu.com , tapi jarang saya pakai dan jarang saya buka. Kekurangan email dengan domain sendiri yaitu kadang kita kehabisan space jika banyak email masuk(Khusus untuk pelaku bisnis online biasanya ramai email masuk / orderan), tapi hal itu bisa di akal dengan menambah ukuran space kok.

Yasudah gitu aja cukup sepertinya untuk cara membuat email ini, yang pasti guanakann email sesuai kebutuhan saja, gak perlu daftar semuanya (Buat apa juga email banyak banyak). Terimakasih sudah membaca artikel ini, dan maaf jika ada kurang dan lebihnya.

 

 

 

2 Comments

  1. Pingback:Cara Agar Blog Muncul Di Google (Hanya Beberapa Menit) | Penulis Tamu

  2. Pingback:2 Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Gratis | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *