Menu Tutup

7 Cara Mencari Backlink Berkualitas 2020

Backlink Berkualitas

Cara Mencari Backlink Berkualitas – Kegiatan blogging memang tampak sepeleh di mata orang, yang terlihat kita hanya mengetik artikel kemudian publish. Padahal yang kita rasakan tidak semudah yang terlihat, kita harus mengoptimasi 2 hal penting (Offpage dan Onpage), ya sebenarnya sah sah saja 2 hal tersebut tidak di optimasi kalau memang ngeblog cuman niat publish saja.

Tapi jika kamu ingin artikelmu di baca oleh banyak orang ya memang ini jalan satu satunya, apalagi kalau memang mengejar duit hehe. Dalam konteks yang saya bahas disini yaitu Backlink, backlink termasuk optimasi Offpage yang bisa dibilang susah susah gampang, kenapa saya bilang begitu? Karena gampag sekali cari backlink yang asal asalan dan tidak memperhatikan kualitasnya, dan susah sekali cari backlink yang berkualitas.

Saya ambil kata yang paling umum digunakan orang tentang backlink yaitu ‘1 Backlink berkualitas lebih bagus daripada 1000 backlink spam’, ya memang begitu adanya. Sebelum itu saya kasih contoh backlink yang menjadi boomerang bagi blog kamu sendiri, dan jika kamu merasa pernah melakukannya mending stop mulai sekarang

Contoh Backlink Gak Sehat

 

backlink buruk

Efek Backlink gak sehat itu parah bro, jangan kaget kalau visitor menurun drastis jika memang backlink kamu cupu. Untuk info seperti apa sih backlink buruk itu kamu bisa baca di bawah ini, jadi kalau kamu merasa melakukan salah satu atau bahkan semuanya dari yang saya sebutkan di bawah ini mending sekarang bersih bersih link dulu aja, dan yang pasti jangan diulangin lagi. Kalau saya mah sudah kapok (Karena saya sendiri juga pernah).

1. Di Dapat Dari Kolom Komentar

Kalau dulu memang link dari kolom komentar itu sangat berpengaruh sekali, makannya dulu banyak orang suka blogwalking dan saling komen. Tapi semenjak Google semakin ketat menyaring Outbound dan Inbound link hal itu sudah tidak berguna lagi.

Saya pernah punya blog lama (Sekarang sudah dijual) yang mempunyai ratusan backlink dari kolom komentar dari banyak blog, memang dulunya sangat banyak pengunjungnya, tapi sekali saja google update algoritma tumbang sudah blog nya. Inti yang mau saya sampaikan yaitu backlink buruk itu tidak tahan banting, beda dengan backlink yang powerfull meskipun update algo model apa aja backlinknya tetep mendongkrak.

2. Dapat Backlink Dari Website Spam

Pernah gak kamu ngelakuin hal ini => Cari di google “Website dofollow untuk tanam backlink” , kemudian kamu menemukan banyak website dan blog yang dofollow, setelah itu kamu mengunjungi blognya dan buru buru tanam link disitu. Yang jadi pertanyaan saya yaitu ‘Berapa banyak orang yang ngelakuin hal sama seperti kamu?‘ , jawabannya ya bisa ratusan dan ribuan.

Intinya adalah semakin banyak web mempunyai link keluar (Outbound Link) spam score pasti bertambah, nah jika website yang spam scorenya tinggi baclinknya pun juga penyakitan, jadi gak layak kamu pakai untuk optimasi offpage. Terlebih blog / website tersebut di tanam link dari berbagai tema yang sama sekali gak nyambung dari tema blog itu sendiri.

3. Tidak Relevan

Relevansi masih menjadi tolak ukur kualitas sebuah backlink, karena itu pula yang di baca oleh bot google (Kesamaan isi page yang di rayapi), semakin relevan akan semakin cepat bot google merayapinya karena dianggap satu info yang saling melengkapi antar link. Kalau kamu pernah tanam link hidup di blog orang yang niche nya brbeda jauh dengan blogmu ya siap siap aja blogmu kena sleding, karena dianggap manipulasi data sama bot google.

4. Backlink Mati

Kalau ini kasusnya sering dialami oleh orang yang malas cek link di blognya sendiri, saya saranin deh cek dulu sekarang, karena biasanya memang ada link yang masih terbaca di google search console yang notabene domainnya udah koid. Saya sering mengalami hal ini, jalan satu satunya yaitu wajib mendisavow link mati tersebut, karena buat apa dapat backlink dari web yang gak ada isinya sama sekali?

Cara Mencari Backlink Berkualitas

Backlink Berkualitas

Nah setelah di atas kamu sedikit memahami backlink yang buruk sekarang kamu sedikit dapat konteks nya kan bagaimana backlink yang berkualitas itu? Disini saya akan share aja terang terangan, blog ini belum satupun ada backlink perhari ini, karena blog ini masih baru dibikin dan artikelnya masih 3 biji.

Lah? Kok website yang belum punya backlink kok berani beraninya kasih tutorial cara cari backlink sih? , Jadi gini ini bukan blog utama saya, blog ini saya berdirikan untuk curhatan dan lika liku saya berblogging dan berbisnis online. Kalau masalah backlink tenang, 1-2 bulan blog ini berdiri setidaknya akan ada belasa backlink nyangkut  disini, agak ke pede an sih, tapi ya saya optimis saja hehe.

Gak usah basa basi lagi, kalau yang mau baca silahkan yang gak mau baca juga silahkan. Di bawah ini saya kasih cara mencari backlink berkualitasnya, oh iya saya gak kasih cara instan ya, saya kasih cara yang ada proses tapi yang sudah terjamin kasiatnya

1. Backlink Berkualitas Dari Gambar Berkualitas

Percaya gak kamu kalau kamu bisa dapat backlink yang sangat berkualitas dari sebuah gambar yang kamu buat? Ini saya baca di blognya neil patel tentang Backlink, dan ini memang benar adanya. Semisal kamu membuat tabel atau flowchart yang rinci dan padat pembahasan, pasti nanti ada aja blog yang mengambil gambar dan mencantukan sumbernya, dan yang paling sering adalah website edu atau sekolahan.

Seperti yang kita tau mahasiswa sekarang tugasnya banyak, sering comot gambar di google dan cantumin sumbernya, nah terkadang tugas tugas tersebut di upload ke internet, secara gak langsung kamu mendapat backlink gratis dan berkualitas dari situ, gak percaya kan? Tapi coba saja kalau gak percaya, saya sudah mengalami sendiri makannya berani sharing disini.

Gak hanya itu, kamu bisa juga dapat backlink dari situs pengumpul gambar, karena banyak situs seperti ini. Seperti saya dulu pernah membahas tentang emoticon whatsapp, gambar buatan saya yang love warna warni di ambil oleh salah satu situs pengumpul gambar, dan yang pasti saya daat backlink juga dari situ.

2. Wikipedia

Backlink Wikipedia

Backlink dari wikipedia sudah dikenal ampuh untuk mendongkrak authority blog, tapi untuk mencarinya terbilang agak susah, sebenarnya mudah kalau memang mau bersabar, ada 2 cara yang biasa saya lakukan untuk menanam di situs pengetahuan terbesar di internet ini yaitu :

> Buat Pemabahasan Baru

Membuat pembahasan baru di wikipedia, jadi kamu cari sesuatu yang belum ada di wikipedia, tentunya agar lebih mudah cari saja di wikipedia bahasa indonesia. Contoh sesuatu yang belum ada bisa saja band lokal di daerahmu atau penulis atau seniman, yang penting cari saja.

Untuk pembuatan artikelnya sama seperti kamu membuat artikel di blogmu, usahakan yang berkualitas agar lolos tahap review, dan jika artikel memang berkualitas dan memang di butuhkan wikipedia untuk menambah informasinya pasti nanti di acc kok, jangan kawatir.

Untuk penempatan link kamu bisa menaruh link kamu di bagian referensi saja, dengan catatan artikel kamu masih satu tema dengan yang kamu bahas di wikipedia, nah untuk triknya kamu bisa menaruh link di artikel yang kamu buat di wikipedia ke page wikipedia lain agar terlihat seperti kaya akan informasi.

> Gantikan Link Rusak

Ini cara yang mudah untuk menaruh link di wikipedia, kamu bisa search sesuatu di wikipedia yang masih satu niche dengan blogmu, kemudian kamu cari saja link yang rusak baik dari anchor atau referensi, pasti nanti kamu akan menemukan, proses ini terbilang mudah karena setelah kamu mengganti dengan link yang baru hanya membutuhkan beberapa jam untuk mengetahui apakah di setujui atau di tolak.

Kalau di tolak ya tinggal cari cara mencari backlink berkualitas di wikipedia yang lain, jangan di ulang disitu terus, gimana cuku mudah kan? Yang penting link yang kamu berikan benar benar menambah informasi untuk wikipedia aja pasti nanti akan di terima kok, karena saya pernah iseng saja mengganti tanpa mempperdulikan tema dan alhasil dapat teguran jika wikipedia bukan gudang link dan seterusnya hehe.

3. Minta Tolong Teman Yang Kuliah

Terdengar lucu ya sub judulnya? Tapi kamu tau gak kalau temanmu kuliah di sebuah universitas pasti dia dikasih blog pribadi dengan domain yang bersubdomain dari alamat web universitasnya? Untuk dia memang kayaknya gak begitu penting, tapi untuk kita sebagai blogger itu termasuk peluang bagus.

Tapi biasanya hanya yang kuliah di universitas negeri saja yang dapat blog pribadi (Swasta mungkin ada tapi jarang sekali sepertinya), saya punya beberapa teman yang kuliah di sebuah universitas di kota malang, terus saya tanyain dia punya blog atau tidak, ternyata dia punya karena memang dia harus menulis biografi di blognya, kemudian saya minta guest post di blognya, alhasil saya dapat backlink dari situ edu.

Dan itu tidak sekali dua kali saya lakukan, berkali kali saya lakukan dengan teman yang berbeda, bahkan teman facebook pun yang kuliah saya mintai seperti itu hehe. Seperti yang kita tau backlink dari situs edu itu sangat powerfull untuk mendongkrak authority blog.

Kalau kamu punya teman coba deh sekarang tanyain tentang hal ini…

4. Sosial Media

Bukan Facebook ! Karena facebook sudah tidak rekomended untuk mencari backlink, disini saya membicarakan tentang Linkedin dan Steemit, 2 media social itu ampuh untuk mencari backlink berkualitas, steemit akan memberikan link dofollow untuk link yang ada di profilmu, dan nofollow untuk link yang ada di bagian postingan, sama halnya seperti linkedin.

Jadi jika kamu sedang cari cara mendapatkan backlink berkualitas ya ini solusinya, setelah beberapa minggu kamu akan medapatkan link dari kedua sosial media tersebut di search consolemu, Caranya pun cukup mudah, gak pakai review dan gak pakai ribet. Terlebih di Steemit kamu juga bisa mendapatkan dollar dari artikelmu jika memang ada orang yang memberi like (Up Steem sebutan di situs tersebut). Jadi bisa dibilang sambil menyelam minum air.

5. Konten yang bagus menghasilkan backlink yang berkualitas

Artikel berkualitas

Nah ini yang sering saya lihat di mana mana, hal ini bisa saya buktikan hanya dengan cara menunjuk sebuah blog yaitu panduanim, konetnnya yang dibuat sangat badan dan rinci, tak jarang orang menjadikan artikelnya untuk referensi sebuah karya ilmiah atau artikel (Mungkin). Tapi jika dilihat dari ubersuggest memang backlink di setiap artikelnya berjumlah puluhan, luar biasa.

Dengan modal backlink yersebut terbukti blog tersebut tidak goyah dari peringkat search engine nya, dan kalau mau mengalahkan ya cukup beri artikel yang lebih berkualitas, dan artikel ini pun saya maksudkan untuk test juga bisa gak saya berdampigan atau bahkan melampaui panduanim dengan pembahasan artikel yang sama dan dengan kata kunci yang sama yaitu ‘cara mencari backlink berkualitas’, modal saya cuman membuat artikel berkualitas.

Kesimpulan…

Dengan metode cara mencari backlink berkualitas yang saya sebutkan di atas tentu saja kadang tidak berjalan dengan lancar, ada hal hal susah lainnya, tapi itu yang menurut saya real dan logis untuk dilakukan dan medapatkan backlink bagus.

Dan sebenarnya memang banyak orang yang menjual backlink, tapi saya gak yakin kalau backlinknya bersumber dari website yang bagus, memang ada sih satu atau dua orang yang memang menjual backlink dengan kualitas bagus, seperti yang di ads.id dan di facebook juga ada, tapi untuk free blogger cukup dengan cara di atas saja sudah cukup.

Toh beli backlink sebenarnya di larang oleh google, tapi saya sendiri kok ya pengen, mungkin suatu saat saya mau beli backlink juga dan lihat potensinya baik atau buruk, karena saya taku deindex google, sekali ketahuan memanipulasi data ya pasti di depak sama google.

Ya itu saja kayaknya yang bisa saya share tentang seputar backlink ini, yang penting update aja konten tiap hari, beri konten bergizi setiap saat, pasti nanti pengunjung kamu yang menjawab semuanya, kalau pengunjung betah berlama lama di blog kita ya auto naik meskipun tanpa backlink.

Related Posts

2 Comments

  1. Pingback:9 Cara Menulis Artikel Yang Berkualitas Untuk Blog | Penulis Tamu

  2. Pingback:14 Tips Optimasi SEO Blogger 2019 | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *