Menu Tutup

9 Cara Menulis Artikel Yang Berkualitas Untuk Blog

cara menulis artikel berkualitas

Saat ini banyak link konten-konten artikel bertebaran di sosial media. Nah, pasti sering Anda jumpai ketika membuka beranda atau halaman Facebook kan. So, pernahkah Anda berfikir untuk menulis atau menciptakan artikel unik, kreatif dan berkelas untuk diposting ke website kemudian menyebarkannya ke media sosial? Jika iya, Anda harus mengetahui Cara menulis artikel yang berkualitas. Terutama, Anda harus memulai latihan menulis dari sekarang!

Menulis merupakan cara seseorang menuangkan ide dan gagasan. Dengan menulis, maka akan tersampaikan apa yang mengganjal di dalam hati dan fikiran Anda. Selain itu, menulis bisa juga dijadikan sebagai terapi stress lho Pemirsa. Terlebih, saat ini menulis menjadi ajang karir bisnis branding maupun profesi digital yang menjanjikan. Dapat sebagai bisnis digital di sektor Media yang berkelas, maupun menjadi seorang Blogger.

Perlu Anda ketahui, ada banyak jenis artikel yang beredar seperti: Deskripsi, naratif, eksposisi, argumentasi, opini, persuasi, SEO dan lain-lain. Dari sekian jenis artikel, selain Anda dituntut menghasilkan penulisan terbaik dan benar, Anda pun  harus mampu memberikan informasi yang relevan untuk para pembaca dimanapun berada. Jangan menyajikan artikel yang ditulis mengandung unsur hoax dan sudah kudet.

PROMO : JASA PENULIS ARTIKEL MURAH BERKUALITAS

Tips Membuat Artikel Yang Berkualitas SEO

Sangat tidak dianjurkan untuk menulis artikel hoax, sebab akan menimbulkan masalah. Artikel yang kurang up to date, sebaiknya juga dihindari. Pasalnya, dapat mengurangi daya minat Pembaca untuk mengunjungi situs Anda. Selanjutnya, untuk lebih jelasnya langsung silahkan simak poin-poin di bawah ini Pemirsa! Terkait cara menulis artikel yang berkualitas yang wajib Anda coba.

Tentukan Tema Yang Menarik

Tema merupakan pokok hal yang menjadi dasar untuk menciptakan artikel. Dengan menentukan tema, Anda akan mudah menyusun poin-poin dan mengembangkannya menjadi paragraf. Pembaca pun bisa menangkap maksud Anda dengan membaca keseluruhan tulisan.

Tetapkan Keyword Dan Sasaran

kata kunci artikel berkualitas

Dengan menetapkan tujuan menulis, Anda bisa memberikan informasi yang jelas kepada Pembaca. Misalnya: Anda menulis artikel yang bertema ‘makanan bayi’. Nah, dalam tulisan tersebut pun harus sesuai dengan tema dan sasaran yang dituju. Apakah itu hanya kaum ibu-ibu, wanita dewasa, pelajar atau semua orang dengan batas usia tertentu.

Keyword / kata kunci juga tidak kalah penting untuk anda yang saat ini sedang menulis artikel untuk blog, karena dari kata kunci yang kamu optimasi itulah kamu bisa mendapatkan pembaca. Untuk risetnya next artikel akan saya berikan, jika sudah jadi saya taruh linknya di bawah

Katakanlah anda sudah menentukan kata kunci yang akan anda targetkan, sekarang bagaimana cara anda untuk menebar kata kunci di artikel anda tanpa menurunkan kualitas bacaanya, karena saya banyak melihat artikel yang tulisannya rancu dan jadi gak enak di baca karena kata kunci tidak ditempatkan pada kalimat yang pas.

Optimasi kata kunci juga tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih, karena jika berlebih akan terdeteksi keywords stuffing oleh google, dan hal itu akan membuat artikel kamu diusir dari search engine. Untuk sedikit tipsnya cobalah kamu menulis untuk manusia saja jangan untuk bot google. Jadi beri kata kunci sewajarnya.

Dan coba lihat artikel ini, saya menanamkan berapa keywords dan sadarkah anda akan keywords saya? Coba tulis di kolom komentar untuk jawabannya ya ^^

Baca Juga : Cara Riset Keyword terbaru 2019

Terhindar Dari Plagiat

Nah yang ini juga penting, sebab akhir-akhir ini banyak sekali kasus plagiat tulisan. Walaupun tidak sampai dibawa ke meja hijau, namun hal tersebut menjadikan nama Anda sebagai Penulis tercemar. Ada baiknya menulis tanpa menjiplak karya orang lain. Kalaupun memang belum ada bahan, tulisan orang lain bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk menulis.

Setelah artikel yang anda buat sudah jadi dan sudah di publish anda bisa cek plagiarismnya di copyscpae, cukup masukan url artikel anda kemudian Klik GO, anda bisa mengunjungi link ini >>https://www.copyscape.com/<<

Kalimat Padat Jelas Dan Memiliki Value

Dalam satu paragraf pastikan kalimat yang Anda susun tidak bertele-tele. Tetapi, jelas padat dan juga berisi informasi penting. Pasalnya, Pembaca akan bosan dengan kalimat yang panjang dan kurang penting. Mungkin itu salah satu cara untuk memperbanyak jumlah kata, namun alangkah baiknya Anda fokus pada isi tulisan yang berbobot terlebih dahulu.

Saya sendiri belum terlalu jago dengan ini, karena saya sendiri kalau elihat artikel saya sendiri terasa sangat bertele tele pada awal dan akhirannya, tapi semoga saja itu hanya perasaan saya. Yang pasti saya akan terus membuat artikel secara padat, jika tidak ada kalimat yang peerlu di tambah lagi sebisa mungkin saya tidak akan menambahkannya.

Begitu juga sebaliknya jika ada kalimat yang memang perlu di tambah sebisa mungkin akan saya tambahkan meskipun artikel sudah panjang.

Yang penting padat, berisi, dan point pointnya terjawab supaya artikelnya bisa disebut berkualitas.

Menciptakan Mood Yang Baik Saat Menulis

Menulis memang membutuhkan mood yang baik saat melakukannya. Banyak orang yang menghasilkan tulisan bagus saat mood mereka sedang baik, begitupun dengan Anda. Cobalah untuk menulis dengan mood baik agar tulisan menjadi bagus. Memang tidak semua orang yang menulis dengan baik dipegaruhi oleh mood. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya bukan?

Menulis Berdasarkan Pengetahuan

Saat ini banyak orang yang menulis artikel asal-asalan tanpa memperhatikan kualitasnya. Maksudnya, mereka menulis dengan bersumber dari internet atau tulisan orang lain yang memang belum mereka ketahui kebenarannya. Memang benar di akhir artikel atau di dalamnya disebutkan sumber dari situs a, b, c dan lainnya. Namun, lebih bagus Anda terjun langsung melalui sedikit penelitian kecil, alias eksperimen atau observasi. Sehingga, artikel Anda memang asli, unik dan berkualitas. Terlebih, hal tersebut akan menambah rasa kepuasan dan manfaat bagi Pembaca.

Jangan terjun dulu ke dunia blogging kalau masih terbesit pikiran untuk copy paste karya orang, arena saya sendiri dulu pernah melakukan hal ini, dan yang saya dapat hanya capek, artikel banyak dan pengunjung kadang juga banyak, tapi tidak ada rasa kepuasan dalam diri saya, saya merasa tidak mencapai apapun, di sisi lain blognya gak akan bertahan lama karena banyak yang melaporkan ke DMCA.

BACA JUGA : Cara emndapatkan backlink berkualitas

Penulisan sesuai kaidah EYD

hindari typo berlebih ketika menulis artikel

Berlatih menulis sesuai dengan EYD dan juga hindari typo berlebih. Hal ini akan menjadi nilai penting untuk kualitas tulisan Anda. Selain untuk terlihat tulisan anda tampak berkualitas pembaca juga merasa nyaman ketika membaca artikel anda.

Jangan sampai artikel yang anda buat tidak memuaskan pembaca, karena artikel di buat untuk menjawab / memberi tahu sebuah informasi. Kalau typo dan EYD tidak di jaga alhasil pembaca gak betah berlama lama membaca artikel anda. Kalau di dunia blogging jika artikel kita di tutup sebelum semuanya di baca (Hanya membaca sebentar) itu akan menaikan bounce rate, dan bounce rate yang tinggi menandakan jika blog anda tidak menarik dan tidak readable.

Menulis Dengan Perasaan

Tips menulis artikel dengan baik dan benar yang berikutnya adalah melibatkan perasaan. Dalam menulis bukan berarti Anda orang yang gampang baper ya! Ini berbeda. Pasalnya, jika Anda menulis dengan sepenuh hati, maka akan mudah menemukan kata-kata menarik di luar dugaan. So, kemungkinan besar Anda akan bebas yang namanya writer block.

Pahami Ilmu SEO

Apa itu SEO? Search Engine Optimization, sebuah tekhnik wajib yang harus dimiliki para pelaku digital termasuk Penulis Artikel. Why? Karena, jika tidak menggunakan strategi ini tentu situs website Anda belum bisa optimal di mesin pencarian. Bahkan, bisa mengalami tidak terdeteksi search engine.

So, jangan sekedar menulis saja ya Pemirsa! Belajarlah terkait SEO, supaya mampu mengoptimalkan situs dan membuat konten artikel Anda muncul di rangking terdepan. Banyak tips terkait SEO seperti: Hiperlink, Permalink, Google Console, Pengulangan Keyword General, Mix Keyword General dengan Longtile Keyword, Backlink, dan lain sebagainya.

Saya akan membuatkan panduan terbaru SEO 2019, karena saya lihat jika kita cari keywords cara membuat artikel yang SEO kebanyakan blog lama yang membahas, padahal teknik SEO ini berubah ubah setiap waktu optimisasinya, jadi akan saya buatkan artikel tersendiri untuk masalah ini.

Demikian pembahasan kami tentang Cara Menulis Artikel yang berkualitas. Semoga bermanfaat untuk Anda. Awali menulis dengan niat yang sungguh-sungguh, bisa dipastikan tulisan Anda hasilkan tidak mengecewakan. Agar kemampuan menulis Anda semakin baik, cobalah untuk menjadi Penulis tamu di website orang lain. Syaratnya, Anda juga harus memiliki situs sendiri. Hal ini dimaksudkan, agar tulisan Anda mendapat kritik dan saran, serta menambah relasi dan dikenal oleh banyak orang. Sekian dari kami dan terimakasih.

5 Comments

  1. Pingback:14 Tips Optimasi SEO Blogger 2019 | Penulis Tamu

  2. Pingback:Cara Merampingkan Rank Alexa Dengan Cepat dan Aman | Penulis Tamu

  3. Pingback:Perbedaan Artikel Dan Jurnal | Penulis Tamu

  4. Pingback:Keuntungan Menjadi Penulis Tamu - Guest Post | Penulis Tamu

  5. Pingback:9 Tips Memilih Penulis Artikel Yang Berkualitas | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *