Menu Tutup

Cara Merampingkan Rank Alexa Dengan Cepat dan Aman

Cara merampngkan alexa

Cara merampingkan rank alexa – Jika anda sudah beberapa saat melakukan aktifitas blogging, anda pasti sudah tidak asing dengan istilah ranking alexa. Ranking alexa adalah sebuah penilaian yang diberikan Situs bernama alexa berdasarkan trafic dan perilaku pengguna internet di seluruh dunia. Semakin kecil angka peringkat alexa semakin tampak berkualitas juga blog anda.

Sebelum saya menulis artikel ini saya sempat mencari informasi di google halaman pertama, saya melihat ada yang menulis kalau alexa ranking itu juga dihasilkan dari bakclink yang bagus… Namun sebenarnya hal tersebut salah kaprah, karena backlink bukanlah yang dilihat oleh alexa untuk menentukan berapa besar ranking alexa sebuah website.

Yang dilihat adalah unique visitor dan unique pageviews. Alexa sendiri sudah menjelaskan hal ini di websitenya, berikut penjelasan mereka :

A site’s ranking is based on a combined measure of Unique Visitors and Pageviews. Unique Visitors are determined by the number of unique Alexa users who visit a site on a given day. Pageviews are the total number of Alexa user URL requests for a site

Jadi intinya adalah, jika anda ingin merampingkan ranking alexa anda, anda harus memperbanyak unique visitor dan unique pageview. Semakin banyak visitor anda, maka semakin ramping dan kecil ranking alexa anda. Tapi menurut pengalaman saya bukan hanya karena pageviews saja, tapi ada satu hal yang paling ampuh membuat rank alexa langsing, penasaran langsung saja baca di bawah ini :

Cara Merampingkan Rank Alexa Terbaru 2019

Cara merampingkan alexa rank

Tapi sebelum masuk ke cara caranya saya beritahu terlebih dahlu jika artikel ini murni dari pengalaman penulis, jadi jika ada yang salah atau bertentangan dengan ‘informasi sesungguhnya’ mohon dimaklumi, disini penulis hanya mencoba memberi tips sesuai yang pernah di alami untuk merampingkan rank alexa. Sudah mengerti? Langsung gas saja !

1. Meningkatkan Unique Visitor

Pertama mungkin anda akan bertanya, apa bedanya unique visitor dan visitor biasa? Unique visitor adalah pengunjung yang datang ke blog anda dengan cara murni mengetikan keyword di google, bukan dari sosmed atau refferal lain. Kalau hanya visitor mereka bisa saja teman kamu sendiri atau hasil dari kamu share link kamu ke media sosial dan lain sebagainya.

Kemudian bagaimana cara meningkatkan Unique Visitor?

Rutin Posting Artikel

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus rutin memposting artikel di website anda. Dengan rutin posting, ini akan menambahkan banyak artikel yang bisa memancing visitor datang ke website, semakin banyak artikel anda, maka semakin banyak pula unique visitor anda, dan semakin ramping pula alexa anda.

Namun pastikan kalau artikel yang anda ketik sudah berkualitas dan sudah teroptimasi, jika bingung dengan cara ini silahkan baca artikel saya ini : Cara menulis artikel yang berkualitas

Dan satu lagi, jika domain anda masih baru, atau belum memiliki authority yang tinggi, anda sebaiknya menarget keyword dengan persaingan rendah.  Sehingga artikel anda bisa masuk ke halaman pertama dengan lebih cepat. Dan unique visitor anda akan datang tanpa menunggu waktu lama.

Jangan menarget keyword dengan persaingan tinggi karena akan membutuhkan waktu yang lama untuk meranking dan mendapatkan traffic. Sebagai contoh, saya memiliki sebuah website informasi yang menarget keyword persaingan rendah, sudah ada lebih dari 100 artikel di dalam website saya.

Karena saya rutin posting dan menarget keyword persaingan rendah, dalam waktu kurang dari 4 bulan saya bisa mendapatkan ranking alexa kurang dari 3 juta. Traffic yang saya dapatkan adalah sekitar 2 ribu visitor per hari. Ini cara merampingkan rank alexa paling ampuh menurut saya yaitu RUTIN UPDATE ARTIKEL SETIAP HARI.

Promosikan website

Cara meningkatkan visitor selanjutnya adalah dengan mempromosikan website anda. Jika anda belum juga mendapatkan traffic yang banyak, anda bisa mempromosikan website anda. karena akan butuh waktu jika anda menunggu traffic dari google, apalagi jika keyword yang anda bidik banyak pesaingnya.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah :

  • Mempromosikan / share artikel melalui youtube
  • Mempromosikan / share artikel melalui pinterest
  • Mempromosikan / Share melalui facebook dan twitter
  • Memoromosikan dengan traffic berbayar.

4 cara ini adalah cara yang lebih cepat untuk mendatangkan traffic selain dari google. Namun tentu saja promosi membutuhkan waktu juga (kecuali traffic berbayar). Cara yang pernah saya gunakan adalah membeli traffic untuk website saya, dan benar, semakin banyak traffic yang saya beli, semakin kecil rank alexa saya. Namun perlu diingat kalau ini membutuhkan biaya.

2.Meningkatkan Unique Pageview

Hal kedua yang dijadikan patokan oleh alexa untuk menentukan ranking adalah berapa unique pageview yang didapat oleh website.  Jika anda sudah bisa mendatangkan unique visitor yang cukup banyak, hal selanjutnya adalah meningkatkan pageview per visitor.

Ada beragam cara yang bisa anda tempuh, namun yang paling aman adalah dengan menambahkan internal link di artikel anda. Jadi ketika visitor membutuhkan informasi yang lebih rinci, dia bisa mengeklik internal link anda dan menuju ke artikel anda yang lain.

Anda juga bisa menggunakan cara kotor seperti script “back to redirect, auto redirect, auto refresh, dll” namun hal ini melanggar pedoman kualitas google, bisa jadi malah website anda di banned atau di deindex. Jadi cara ini sangat tidak saya sarankan jika website atau blog anda masih seumur jagung.

3. Perkecil Bounce Rate dan Naikan Time On Site

Apa itu bounce rate dan time on site? Bounce rate secara harafiah berarti rasio pantulan, tapi jika diartikan dalam tehnik SEO bounce rate ini adalah seberapa tertarik pengunjung blog kamu tertarik dengan artikel yang ada di dalamnya.

usahakan ppengunjung melakukan sebuah aksi di dalam artikel seperti klik link menuju artikel relevan lainnya atau berkomentar di blog anda (Ketika pengunjung berkomentar otomatis anda mendapat tambahan pageviews juga karena ketika submit komentar page akan merefresh)

Nah kalau time on site itu apa? Time on site adalah lama pengunjung membaca artikel anda, disitu lah alexa dan google melihat seberapa menarik dan berkualitasnya situs anda, semakin lama pengunjung menghabiskan waktunya untuk membaca artikel anda time on site anda juga akan semakin lama dan alexa anda akan meramping dengan sendirinya.

Keuntungan Mempunyai Alexa Rank Yang Ramping

Cara melangsingkan alexa

Selain ada kepuasan tersendiri Ada beberapa keuntungan jika anda mempunyai website / blog dengan alexa rank yang langsing, langsung saja baca di bawah ini :

1. Branding / Trusted

Branding adalah hal sangat penting untuk pelaku bisnis online, dengan adanya peringkat alexa yang bagus nanti akan dengan sendirinya banyak tawaran endorsement, artikel placement, advertisement dan lain lain dengan kata lain uang akan datang kepada anda. Tapi ini biasanya berlaku untuk website / blog dengan alexa yang benar benar ramping (Peringkat ribuan di world, dan peringkat ratusan di country) Tapi tak jarang leboh dari itu juga sudah banyak tawaran yang masuk.

2. Untuk Menawarkan Jasa

Ketika website anda mempunyai alexa yang ramping anda akan mudah menawarkan jasa kepada perusahaan atau perorangan untu mempromosikan produknya, jadi mereka akan percaya jika website anda mampu untuk mempromosikan produknya. Intinya ini bisa untuk CV anda ketika akan melamar / Menawarkan jasa.

3. Mengetahui kualitas Website

Anda bisa mengukur kualitas blog anda dengan cara melihat statisik alexa anda, karena di alexa tidak hanya memperlihatkan rank dan jumlah visitor saja, tapi disitu juga bisa lihat mana keyword yang produktif di situs anda, terlebih anda bisa melihat pesaing anda dengan keyword yang sama, pelajari hal itu untuk terus meningkatkan kualitas blog yang dikelola.

Penutup…

Dari ulasan tentang cara merampingkan rank alexa di atas apa yang anda dapat? Semoga artikel ini memberi pencerahan kepada anda. Tapi yang perlu diketahui Alexa Rank bukan patokan keberhasilan situs yang anda kelola, banyak aspek aspek lain yang bisa memperlihatkan keberhasilan blog anda.

Yang terpenting terus saja membuat artikel yang bagus dan mermanfaat untuk pengunjung, masalah kualitas kalau menurut saya yaitu adalah kepuasan pengunjung terhadap artikel yang saya suguhkan, masalah alexa rank bukan proritas utama saya (Untuk Web penulistamu.com).

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *