Cara Optimasi Video Youtube Agar Banyak Yang Lihat

Cara optimasi video youtube

Cara Optimasi Video Youtube – Youtube saat ini adalah platform berbagi video terbesar, dan semua orang bebas membuat kanal nya sendiri untuk wadah bagi mereka mempublikasikan karyanya. Nah disini mungkin kamu salah satu orang yang mempunyai channel youtube dan ingin videonya di tonton oleh banyak orang.

Kamu salah satu orang yang punya channel dan sudah banyak upload video tapi sedikit yang views? Brarti kamu tidak melakukan Optimasi terhadap channel dan video kamu, kalau dulu sebelum youtube seramai sekarang video yang kamu buat pasti ada aja yang lihat. Tapi kalau sekarang jangan harap seperti itu, karena semakin banyak channel baru bermunculan semakin ketat pula persaingan mencari audiencenya (Dengan topik video yang sama).

Apa sih yang membuat video youtube banyak yang lihat?

Banyak faktor yang bisa membuat video banyak yang lihat, yang pertama sudah pasti tergantung berapa banyak subscribermu, tapi jika kamu mempunyai channel baru jangan khawatir, kamu masih bisa meraup audience yang banyak dengan optimasi video kamu.

Kalau belum punya subscriber terus darimana dong viewsnya? Views ya bisa kamu cari secara organic, audience organik adalah audience yang melihat videomu berdasarkan pencarian di youtube, jadi semisal kamu membuat video youtube berjudul ‘Reviews HP Xiaomi’ dan ketika orang mengetik reviews hp xiaomi di pencarian youtube dan mendapati / menonton video kamu, itu lah yang disebut audience organik.

Nah jadi jika di pikir pikir minimal kamu harus masuk urutan 10 besar teratas di kata kunci yang diketikan audiencemu, karena jika sudah di bawah urutan 10 besar biasanya jarang orang yang lihat (Masa iya orang scroll sampe ke bawah banget untuk cari video yang sesuai).

Terus gimana dong cara optimasi video youtube agar banyak yang lihat dari audience organik? Ok langsung saja ke caranya, btw kalau ada yang tanya ‘Lu buat panduan ginian emang lu punya channel’, jawabannya adalah saya punya 5 channel, dan sebelumnya saya punya 8, yang 3 sudah saya hapus, dan saya membuat banyak channel bukan mau jadi youtubers juga, tapi cuman mencoba coba optimasi video youtube, ahasil dari 5 channel yang berhasil cuman 2 channel (Itupun keduanya sudah saya private) hehe.

Cara Optimasi Video Youtube Terbaru 2019

Optimasi video youtube sekarang hampir sama seperti optimasi blog sih, jadi kalau pesaran tentang optimasi blog jug bisa kamu baca disini : Cara Optimasi SEO Blogger . Setelah itu langsung saja simak kalau untuk youtube di bawah ini :

1. Riset Kata Kunci

Saya akan bilang ratusan kali tentang hal ini, karena Channel muda (Terbilang baru) dan masih belum banyak subscriber authoritynya masih sedikit, Youtube belum mempercayai channel dengan authority rendah seperti itu sehingga tidak akan muncul di rekomenadi youtube.

Riset kata kunci sangat penting untuk melihat seberapa banyak orang mengetikan sebuah kata di youtube, dan kamu juga wajib memeprhitugkan seberapa banyak pesaing video dengan pembahasan yang sama. Alat yang bagus untuk riset kata unci adalah ubersuggest / Youtube auto complete.

Saya akan berikan contoh cara riset kata kunci, biar kamu nanti bisa menerapkannya sendiri, tapi yang pasti cara ini yang biasa saya lakukan, pertama buka youtube aja untuk mencari ide kata kunci yang mau kita cek, anggap disini saya mempunyai channel tutorial dan saya sedang bingung mau buat konten apa, ini yang biasa saya lakukan :

cara Optimasi video youtube

Disiti saya mengetikan ide kata kunci yaitu ‘Cara Membuat’, Dan youtube dengan auto complete memberikan saya daftar kata kunci yang lagi sering di ketik orang di kolom pencarian youtube, disitu kita mendapat hint dari youtube jika kata kunci tersebut dan video yang memuat konten tersebut lagi banyak di tonton.

Oke anggap saja saya tertarik dengan kata kunci pertama yaitu cara membuat slime, setelah mendapat ide tersebut langsung lari ke ubersuggest untuk cek lagi seberapa banyak dan susahnya pesaing di dalam kata kunci tersebut.

Optimasi video youtube

Dalam satu bulan kisaran ada 135.000 orang mengetik kata kunci tersebut dan melihat video tersebut. SEO difficultynya terbilang tinggi, dan harga iklan sangat murah (Jika video anda ada adsense). Kalau saya dengan channel baru dan masih belum punya authority tinggi saya tidak akan berani mengambil kata kunci tersebut.

Karena di dalam pesaingnya sudah ada ratusan hingga ribuan video yang sudah ada sebelumnya, screenshot pesaing tidak saya ambil, biar kamu juga mau mencoba ubersuggest untuk langsung prakteknya, disana kamu bisa melihat pesaing dan optimasi yang dilakukan pesaingmu.

Intinya kalau masih dengan channel youtube baru jangan sekali kali ambil kata kunci dengan persaingan ketat, cari saja kata kunci dengan search volume dan SEO difficulty rendah agar mudah mendapat posisi bagus di halaman google.

2. Lengkapi Meta Video

Ini yang jarang diketahui oleh para penggiat youtube, kamu tau? darimana youtube bisa menentukan urutan sebuah video dan bisa mengetahui isi video kita? Apa pegawai youtube cek satu satu? Rasanya naif sekali kalau memikirkan jika pegawai google tiap hari cek jutaan video yang di upload orang.

Google punya spider/bot/algoritma (Banyak sebutannya) yang bisa membaca meta meta dari video kamu, tidak hanya video tapi judul, tagar/tags , deskripsi, hashtag dan suara.

Nah dari situ harusnya kita sudah dapat pandangan kan, ini namanya Optimasi Youtube ON VIDEO, nah apa saja yang terkait optimasi tersebut? Langsung simak :

Note : Bot Youtube itu buta, tidak bisa melihat secara visual video kamu tapi dia bisa mengetahui isi video kamu dari meta meta yang kamu berikan, jadi semakin bagus meta yang kamu buat semakin paham youtube dengan isi video kamu.

  • Judul wajib mengandung kata kunci (Khusus channel baru dengan subscriber masih sedikit)
  • Ganti nama file video kamu sebelum upload ke youtube, jangan biarkan namanya seperti VID11100-09-09-2019.mp4. Tapi ganti dengan cara membuat slime, atur saja bagaimana enaknya bisa caramembuatslime.mp4 , cara-membuat-slime.mp4. Yang pasti sertakan kata kunci ke dalamnya.
  • Sebelum Upload isi deskripsi dengan kata kunci kamu, usahakan minimal di deskripsi kamu beri kata ‘cara membuat slime’ sebanyak 3x atau lebih.
  • Tags juga harus di isi, kalau kamu sering upload youtube pasti sering meliat kolom ini kan? Apa kamu isi? Kalau tidak kamu isi brarti kamu membutakan bot youtube hehe. Usahakan beri tags yang lengkap, kamu bisa memberi 10-20 tags (Jangan kebanyakan daripada dianggap spam)
  • Jika video kamu ada suara, usahakan sebut cara membuat slime juga, karena bot youtube pintar, dia bisa mendengar meskipun tidak bisa melihat. Bukti bot youtube mendengar? Buktinya bisa dilihat ada subtitle auto (Meskipun kadang berantakan), dan pendengaran bot youtube pula bisa membuat youtuber harus hati hati memilih musik yang digunakan agar tidak kena copyright

Sementara tentang meta seperti ini dulu, karena bot youtube juga bisa melihat video kamu dari komentar yang ada di video, semaki banyak komentar yang se topik dengan video kamu semakin naik pula video kamu di hasil pencarian youtube.

3. Backlink

Backlink

Apa itu backlink? Backlink secara singkat adalah Link rujukan ke dalam video kamu, jadi semakin banayk link yang menuju video kamu semakin bagus pula posisi kamu di search youtube. Intinya jika link video kamu berada di mana mana brarti itu memberi tahu jika video kamu lagi banyak diomongin orang.

Backlink ini gimana buatnya? Kalau mau main natural ya buat video yang bagus dan berpotensi viral agar banyak yang share video kamu kemana mana (Dan otomatis akan mendapat backlink dengan sendirinya). Tapi kalau mau yang agak sedikit ‘maksa’ , kamu bisa menanam backlink sendiri di situs situs yang bisa untuk backlink. Contohnya : Baclink Powerfull dofollow

Intinya kamu cari backlink yang banyak ke video youtube yang kamu buat, karena backlink itu seperti voting, dengan banyak backlink brarti kamu mendapat banyak voting dari banyak situs. Gak mau ribet dan masih bingung tentang backlink ini? Kamu bisa chat saya saja, nanti sharing masalah itu, dan saya juga menjual backlink baik untuk Youtube atau untuk Website. Beli saja kalau gak mau ribet.

Penutup…

Youtube sekarang sudah mulai ketat untuk menyeleksi video video yang ada, karena sudah banyak channel baru mulai dari channel bagus sampek yang paling buruk (Kerjanya cuman reupload). Jadi semakin hari semakin susah, dan sementara itu untuk cara mendapat videws organik banyak bisa menggunakan cara di atas.

Jika ada update an cara lainnya nanti pasti saya tulis disini, dan akan terus saya update selagi youtube juga update algoritma penelusurannya. Cara optimasi video youtube ini terbilang mudah kan? Kalau kesusahan belajar dan belajar lagi, nanti lama lama juga biasa.

Btw, kenapa channel youtube yang sudah banyak subscriber gak perlu ngelakuin hal di atas tapi views banyak? Itu dikarenakan Authority dari channelnya sudah kredibel dan di percaya oleh youtube, terlebih dia pasti mempunyai subscriber yang loyal sehingga apapun video dan apapun judulnya pasti ada aja yang lihat. Sepert SAYA PAMIT ! Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *