Menu Tutup

8 Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Terbaru 2019

Cara Riset Keyword Terbaru – Anda tentu tahu jika melakukan riset kata kunci merupakan sebuah elemen penting untuk optimasi SEO website Anda. Karena dengan keyword yang tepat sasaran, memudahkan pengunjung dapat menemukan situs Anda di search engine. Dampak yang dihasilkan juga bermacam, salah satunya bisa mendapatkan rangking pada mesin pencari, serta meningkatkan pageview atau jumlah pengunjung website. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan cara riset keyword paling baru terlebih dahulu.

Cara riset keyword Terbaru 2019 bertujuan untuk memperkuat SEO Onpage. Melalui upaya menemukan kata yang biasa dicari pemirsa, mengembangkan keyword untuk menjadi artikel dengan struktur rapi, berkualitas dan penggunakan tekhnik SEO keyword. Sehingga, tercipta tulisan yang memunculkan kata kunci namun tidak ada kesan dipaksakan. Selain itu, website Anda juga bisa mendapatkan traffic yang lebih banyak.

Tujuan lain riset keyword adalah konten yang Anda buat bisa tepat sasaran, apalagi jika sesuai dengan niche website Anda. Penayangan konten bisa lebih efektif, karena fokus dengan satu pembahasan dari keyword tertentu yang telah ditentukan. Selain itu, dapat meminimalisir waktu Anda. Lebih efisiens untuk mempercepat tujuan yang telah Anda tetapkan. So, sebelum menggunakan tools  untuk riset kata kunci yang dicari, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui cara riset keyword 2019. Melalui istilah berikut ini, Anda akan mengetahui tehnik SEO Terbaru keyword. 

Macam Macam Kata Kunci Untuk Meningkatkan Kualitas SEO Onpage

Mungkin sebagian dari anda mengetahui jika kata kunci hanya sebuah kalimat atau kata yang dijadikan acuan optimasi artikel, tapi apakah anda tahu jika ada banyak macam kata kunci yang bisa kamu jadikan lumbung visitor? Nah sebelum saya terangkan cara riset keyword alangkah baiknya anda mengetahui dulu macam macam keyword yang bisa anda gunakan sebagai fokus dalam pembuatan artikel.

1. Short Tail keyword

Kata kunci yang ringkas dan sederhana, terdiri antara satu maupun dua kata. Seperti: baju, pakaian, smartphone murah, baju murah dan sebagainya. Short tail keyword ini pada umumnya memiliki tingkat persaingan yang jauh lebih tinggi dan sulit.

Untuk kata kunci yang pendek ini biasanya dipakai oleh para praktisi SEO yang mempunyai blog atau website besar (Mempunyai Trust, Domain Authority, dan Page Authority), karena yang saya sebutkan di atas jika keyword ini pesaingnya banyak dan berat, anda harus mengalahkan jutaan orang yang menggunakan keyword itu juga.

Seperti contoh keyword ‘SEO Onpage‘ , ketika anda mengetikan kata itu di Google akan banyak blog blog yang membahasanya dan rata rata yang muncul di halaman pertama google yaitu blog yang gede bahkan yang muncul biasanya bukan blog personal tapi corporation.

2. Long Tail Keyword

Penggunaan long tail keyword ini lebih direkomendasikan untuk pemain website pemula. Terdiri dari jumlah kata kunci yang lebih panjang dari pada short tail keword. Seperti: smartphone harga 2 jutaan, rekomendasi hotel terbaik di kota surabaya, dan semacamya. Untuk tingkat persaingan penggunaan keyword cenderung lebih sedikit dan berada di tingkat aman untuk website.

Longtail keyword bisa dibilang kata kunci yang sangat rinci, jadi ada kata lebih spesifik terhadap objectnya. Seperti contoh ‘Tempat Service HP Samsung Daerah Malang‘ , nah disini jika dilihat short tail keywordnya yaitu ‘Tempat Service HP’ dan longtailnya terdapat di Samsung dan Kota Malang.

Jadi dengan cara riset keyword longtail anda akan lebih mudah mendapatkan posisi di pageone (Karena biasanya kata kunci seperti itu jarang sekali pesaingnya)

3. Keyword Musiman

Keyword musiman ini digunakan pada waktu tertentu saja. Semisal: hasil pertandingan sepakbola AFF. Jadi, pencariannya secara realtime dan umumnya keyword musiman ini mengandung hal-hal yang viral atau sedang terjadi dalam masa tertentu.

Tak hanya itu, bagi kamu yang mempunyai blog pendidikan kamu bisa sekali mendapatkan banjir visitor dengan keyword musiman seperti ‘Contoh Soal Ujian Tahun ini’ , Atau kamu juga bisa membuat artikel tentang pramuka dan caraka. Yang jadi nilai plus dari keyword ini yaitu kamu juga bisa sambil menjual produk kamu sendiri seperti buku panduan dll.

Jangan remehkan keyword musiman meskipun memang ketika sepi topik bahasan dari blogmu pada waktu musim nya tiba kamu akan mendapat banjir visitor dan penghasilan.

4. Keyword Abadi

Penggunaan kata kunci yang diperlukan penelusur untuk kebutuhan informasi dan hampir dicari setiap waktu. Keyword abadi ini akan laris dan tidak lekang oleh zaman, karena topiknya selalu dibutuhkan. Hal ini dapat meningkatkan kunjungan pada sebuah website.

Beruntunglah bagi anda yang saat ini mempunyai artikel dengan keyword abadi yang sudah nangkring di pageone, karena pegunjung akan selalu datang setiap harinya, keyword ini bisa dibilang primadona bagi pemiliknya (Karena meskipun banyak visitor kamu akan kesulitan menjaga dia agar tetap berada di pageone).

Contoh keyword abadi adalah ‘Cara Make Up’ , ‘Foto Pemandangan’, ‘cara diet’ dll. Keyword itu akan terus dapat pengunjung karena memang keyword abadi tercipta dari setiap kondisi kehidupan sebenarnya.

Cara Riset Keyword 2019

Cara Riset Keyword – Setelah memahami macam keyword, sekarang saatnya Anda mengetahui tools riset apa saja yang gratis digunakan. Terlebih, bukan hanya dapat menggunakan secara free saja, namun Anda juga mendapatkan tools yang kredibel. Sehingga, mampu menghasilkan keyword yang relevan dan terbaik. So, langsung saja simak di bawah ini. 

1. Google Keyword Planner

Tools yang bukan hanya kredibel dan gratis digunakan, namun brand-nya sudah terkenal di seluruh dunia. Pasalnya, tools ini adalah milik platform ternama yang tidak asing lagi bagi kita yakni Google. Yupz, mendengar nama perusahaan tersebut tentu segala produk tools-nya tidak bisa diragukan lagi. Mampu memberikan hasil riset keyword yang relevan, berkualitas dan optimasi.  

Sebenarnya tools ini digunakan pengiklan untuk menargetkan kata kunci yang mempunyai pencarian tinggi dan biaya murah, tapi bukan blogger namanya kalau logikanya gak digunakan, alhasil tools ini juga digunakan para blogger untuk mencari kata kunci dengan pesaing rendah dengan biaya iklan yang besar (Agar Biaya Per Klik iklan Mahal)

Caranya pun cukup mudah, anda hanya harus mempunyai akun adwords agar bisa menggunakan fitur ini, tidak perlu saya bahas lagi caranya karena sudah banyak yang membahas tetag hal ini di blog lain.

2. Google Auto Complete

kata kunci artikel berkualitas

Jika saya lagi cari ide kata kunci saya selalu melakukan hal ini, dikarenakan penggunaanya cukup mudah hasilnya juga memuaskan, tak terhitung banyaknya rtikel yang saya buat dengan menggunakan metode ini. Jadi kalian tinggal menuliskan ide kata kunci awal lalu google akan memberikan lanjutannya.

Cara Riset keyword terbaru seperti ini hanya cocok untuk riset longtail keywords karena memang yang di cari dari fitur google auto complete yaitu longtailnya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat gambar di atas. Tak hanya itu, ketika kamu coba menekan salah satu keywords tersebut google juga akan menyediakan keywords turunannya seperti gambar di bawah ini :

Kata Kunci Turunan

Alhasil kamu bisa membuat artikel yang berkualitas dengan keywords yang sudah teroptimasi penuh (Meskipun longtail keywords)

3. Keywordtool.Io

Tools ini juga terbilang popular di kalangan para pelaku digital. Meski kualitasnya belum sebanding dengan Google Keyword Planner, namun sebagai tools gratis platform ini cukup kredibel untuk digunakan dan tidak ada batasan dalam penggunaannya. 

Tools ini biasa saya gunakan untuk pelengkap dan penentuan saja ketika saya telah mendapat keyword yang akan saya bidik, jadi tidak direkomedasikan untuk pure mencari kata kuci di situs itu. Selebihnya bisa langsung anda cek saja.

4. MOZ

Anda harus mendaftar akun di MOZ terlebih dahulu untuk menggunakan Keyword Tool MOZ ini. Alat pencarian kata kunci dari MOZ ini cukup terbatas, namun mampu memberikan hasil yang cukup maksimal. Penggunaan pencarian kata kunci dibatasi hanya sebanyak 10 kali setelah mendaftar akun di website MOZ.

Meskipun hanya sekali anda tidak hanya mendapat tools riset kata kunci saja, tapi anda akan mendapat seluruh tools untuk riset pesaing anda (Karena riset pesaing juga sangat di butuhkan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan artikel dengan keyword yang anda bidik bisa menang di search engine).

Moz juga bisa diandalkan untuk mengecek Authority sebuah blog, terlebih jika kamu menjadi pelanggan berbayar, semua fitur akan di buka yang 100% akan membantu anda untuk mendalami Ilmu SEO untuk meningkatkan performa blog anda.

5. SEMrush

Untuk memanfaatkan tools riset keyword 2019 secara gratis ini, Anda terlebih dahulu untuk membuat akun pada web SEMrush. Begitu memiliki akun, Anda dapat mencari keyword sebanyak 10 kali dalam sehari. Walau demikian, penggunaan tools ini masih terbatas daripada mesin tools seperti Ubersuggest.

Sama seperti MOZ, yang membedakan hanya di tampilan dan cara pengoperasian toolsnya saja, dan setahu saya untuk berlangganan seluruh fitur dari SEMrush lebih murah dibandingkan MOZ. Jadi untuk yang baru ingin mendalami dunia SEO saya sarankan untuk berlangganan disini saja.

6. Google Trends

Tools ini merupakan mesin pencari dari Google, yang mana layanannya digunakan secara gratis. Terlebih, mampu mengatur target wilayah berdasarkan kota atau negara tertentu. Namun tools ini bukan cenderung untuk mencari kata kunci yang biasa dicari, lebih tepatnya mencari kata yang sedang trend. Sehingga, lebih tepat untuk dijadikan sebagai pencariaan niche artikel yang akan dibahas.

Jika anda mempunyai situs berniche Berita Viral anda sangat dimanjakan dengan tools ini, karena disana terdapat kata kunci apa saja yang paling viral hari itu juga. Tak heran jika situs berita viral akan mendapati ribuan pengunjung dalam sehari (Dengan catatan Menang Optimasi SEO nya).

Bayangkan jika kamu membidik 4 kata kunci viral dan kamu buat 4 artikel dengan keywords tersebut berapa banyak pengunjung dalam sehari yang kamu dapat jika perartikel dikunjungi setidaknya 4000 an pengunjung?

Tapi ini termasuk kata kunci musiman, anda wajib konsisten setiap hari riset kata kunci trending terbaru dan yang pasti konsisten untuk mengetik artikel setidaknya 3-5 artikel tiap hari agar anda mendapat pengunjung yang melimpah, terlebih jika blog anda sudah ada adsensenya, kerja keras anda akan di bayar google pada akhir bulan ^^

7. Ubersuggest

Cara riset keyword terbaru

Cara Riset Keyword Terbaru Dengan Sebuah tools yang dibuat oleh digital marketer ternama Neil Patel. Berupa situs keyword tool yang dapat dipergunakan secara cuma-cuma atau gratis, tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Caranya cukup mudah, dengan memasukkan kata kunci yang ingin digunakan serta target keywordnya. 

Neil Patel ini bisa dibilang tempat saya mencari ilmu SEO, karena tips yang dia buat selalu berguna untuk cara pengoptimasian blog saya. Dan saya juga sangat sering menggunakan ubbersuggest ketimbang Google Keyword planner, kenapa saya lebih suka uberuggest daripada GKP??

Jawabannya yaitu karena di ubersuggest anda akan disuguhkan tentang kekuatan kompetotor dan kesempatan anda menang di pageone, terlebih disitu juga bisa melihat artikel yang dibuat oleh pesaing seperti apa jadi anda bisa mempelajari struktur artikelnya.

Yang menjadi nilai plus lainnya di ubersuggest yaitu anda akan disajikan jumlah backlink yang menuju ke artikel pesaing anda tersebut, jadi anda bisa membuat ancang-ancang untuk melawan mereka dengan harapan bisa mengalahkan mereka di halaman pertama Google.

8. Alexa

Riset Keywords

Alexa sebenarnya situs yang dikenal sebagai alat ukur peringkat sebuah blog atau website, tapi tahukah anda jika alexa juga bisa digunakan untuk mencari sebuah ide keywords? Saya pernah share di facebook tentang ini jika saya mempunyai 3 artikel yang nangkring di pageone dengan cara mengambil keyword dari alexa ini.

Caranya cukup mudah, anda hanya memasukan saja alamat website kompetitor anda di alexa, dan biarkan alexa menganalisis Rank, Backlink, dan Artikel apa aja yang dapat pengunjung organic terbanyak. Dari situlah anda bisa mendapat ide keyword sang kompetitor anda, tinggal buat artikel sesuai kw yang anda peroleh dan pelajari sedikit artikel dari kompetitor anda.

Kalau saya biasanya setelah mendapat ide kata kunci saya langsung bawa ke ubersuggest untuk mendapatkan riset lainnya secara rinci agar nanti gak percuma ketik artikelnya.

Di antara ke-68situs Riset Keyword Tool yang digunakan untuk riset kata kunci, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walau demikian, tetap ada tools yang menyediakan layanan terbaik dan gratis sepenuhnya. Google Keyword Planner, memang masih menduduki rangking satu di dunia sebagai tools riset keyword terbaik dan memiliki kredibilitas tinggi dalam membuat optimasi SEO. 

Cara riset keyword Terbaru 2019 ini merupakan strategi untuk mengoptimalkan sebuah website dengan tehnik SEO dan penggunaan kata kunci yang tepat sasaran. Dapat dicari dengan keyword tool seperti yang tertera di atas. Namun ingat, jangan terpaku untuk menggunaan satu strategi saja dalam mencapai SEO. Anda dapat menggunakan strategi lainnya, supaya website bisa mendapat peringkat teratas pada laman pencarian Google. Oke, sekian dari kami dan terimakasih. 

 

Related Posts

3 Comments

  1. Pingback:9 Cara Menulis Artikel Yang Berkualitas Untuk Blog | Penulis Tamu

  2. Pingback:Perbedaan Artikel Dan Jurnal | Penulis Tamu

  3. Pingback:Link Building - Dongkrak Authority Dengan Optimasi Tautan | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *