Menu Tutup

Format Penulisan Artikel Ilmiah Yang Baik dan Benar

Artikel ilmiah

Sebelum langsung lanjut ke Cara menulis artikel ilmiah yang benar alangkah baiknya mengetahui dahulu apa yang disebut artikel ilmiah tersebut. Artikel ilmiah adalah suatu karya tulis yang dibuat berdasarkan kaidah dan pedoman yang telah disepakati, artikel ini juga mempunyai sumber yang kredibelitasnya sudah tidak diragukan lagi. Untuk menamabah informasi secara padat biasanya artikel ilmiah di imbuhi sebuah diagram / tabel penelitian agar pembaca bisa mendapat informasi yang di inginkan.

Penulisan artikel ilmiah sendiri tidak sama dengan penulisan karya tulis yang lainnya, kamu harus mengikuti kaidah dan pedoman yang telah disepakati. Untuk membedakan hal ini saya pernah menulisnya, silahkan di baca dahulu agar lebih memahami pembahasan selanjutnya : https://penulistamu.com/perbedaan-artikel-dan-jurnal/

Lalu bagaimana kaidah penulisan artikel ilmiah yang benar? Disini saya akan membahasnya mulai dari kerangka penulisan sampai ‘isi’ yang wajib ada di artikel ilmiah. Saya menulis artikel ini berdasarkan riset dari berbagai sumber, jadi disini saya juga bukan seorang expert dalam dunia literasi, semoga kamu terbantu dengana danya artikel saya yang berjudul format penulisan artikel ilmiah ini.

Format Artikel Ilmiah Yang Benar

Pertama tama yang anda harus ketahui yaitu Artikel Ilmiah perbedaannya sangat jauh dari Artikel biasa, perbedaan yang sangat terlihat yaitu dari segi penggunaan bahaa, artikel ilmiah wajib menggunakan bahasa yang formal sehingga artikel ini terkadang terlihat sangat kaku. Jika artikel biasa penggunaan katanya sangat santai karena bertujuan untuk menjangkau semua kalangan.

Dan lagi, artikel ilmiah ini biasanya digunakan para pelajar untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dari sekolah / kampusnya. Jadi intinya artikel ini memang bertujuan untuk edukasi dan informasi yang sangat formal. Setelah mengetahui semua dasar tentang artikel ilmiah  sekarang lanjut kepembahasan tentang struktur dan cara menulis artikel Ilmiah yang baik dan benar :

1. Judul

Dari judul pun artikel ilmiah ini mempunyai kaidah tersendiri, judul harus tidak lebih dari 12 kata, ini biasanya dikarenakan mengantisipasi judul yang terlalu panjang sehingga konteks pembahasan tidak tertuju. Judul dari artikel ilmiah pun harus mewakili semua isi yang ada di dalam karya ilmiah itu sendiri. Jadi bagaimana cara membuat 12 kata yang bisa mewakili ribuan kata dalam karya tulis yang kamu buat.

2. Identitas Penulis

Hal ini wajib dikarenakan Artikel Ilmiah nantinya akan menjadi sumber yang kredibel untuk suatu pengembangan penelitian sehingga Identitas Penulisnya pun harus jelas jika suatu hari ada kesalahan yang ada di dalam artikel tersebut bisa dimintai pertanggung jawaban.

3. Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Ini juga salah satu perbedaan Artikel ilmiah dengan artikel lainnya, kamu wajib membuat abstrak bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan panjang setidaknya 250 Kata. Sebelum itu saya beri tahu dahulu apa itu abstrak di artikel ilmiah, abstrak adalah suatu ringkasan / rangkuman suatu karya tulis yang bertujuan untuk memahami isi / pembahasan dalam karya ilmiah tersebut. Sampai sini paham? Lanjut ke kerangka yang ke 4

4. Keywords / Kata Kunci

Dalam artikel ilmiah yang kamu buat setidaknya harus mengandung kata kunci 3-4 keywords, hal ini bertujuan untuk mengetahui fokus pembahasan dalam artikel tersebut, dan yang pasti agar artikel yang kamu tulis tidak keluar konteks dari bahasan utama yang sudah di rancang.

5. Pendahuluan

Mungkin untuk kalangan pelajar sudah tidak asing lagi dengan hal ini, pendahuluan wajib mempunyai 3 point, diantaranya yaitu seperti di bawah ini :

Latar Belakang

Hal ini berisi jawaban singkat tentang kenapa kamu membahas tema yang akan kamu buat ini, dan apa yang mendorong kamu untuk mau menciptakan karya ilmiah tersebut.

Rumusan Masalah

Disini kamu harus menguraikan pertanyaan pertanyaan seputar permasalah yang nantinya kamu jawab dalam isi artikel ilmiah tersebut, rumusannya harus bersifat to the point, tidak boleh bertele tele.

Tujuan

Bagian ini harus kamu tulis secara jujur apa tujuan kamu membahas tema ini, dan apa manfaat dari karya ilmiahmu terhadap penulis dan pembaca. Hal ini bertujuan agar kamu tidak asal asalan membuat sebuah artikel ilmiah.

6. Metodologi / Metode

Disini kamu harus menguraikan kegiatan apa saja yang kamu lakukan dan dengan cara apa kamu melakukannya, saya rasa jika kamu pelajar pasti sudah memahami hal ini. Jadi intinya kamu harus memberi tahu metode yang kmu gunakan untuk mencari jawaban dari pokok masalah yang sedang kamu bahas. Biasanya ketika kamu mencari data yang akurat kan wajib menggunakan suatu metode tertentu.

7. Hasil

Hasil disini bisa diartikan sebagai proses pengaturan yang sistematis tentang suatu informasi terhadap artikel ilmiah yang sedang kamu bahas. Keobjektifan tentang memecahkan suatu masalah / menguji sebuah hipotesis juga harus ada di dalam artikel ilmiah yang sedang kamu bahas.

8. Pembahasan

Disini bisa dibilang inti dari artikel ilmiah kamu, disini harus kamu paparkan secara jelas tentang tema yang sedang kamu bahas. Usahakan tidak menulis kalimat yang keluar dari konteks pembahasan, karena artikel ilmiah harus padat berisi suatu pokok masalah.

9. Simpulan

Kesimpulan yang bisa di dapat dari pokok pembahasan artikel ilmiah yang kamu buat, tulis secara singkat tentang apa yang bisa di ambil dari pembahasan tersebut.

10. Ucapan Terimakasih

Ucapan terimakasih secara formal ke pada semua sumber dan pembaca artikel ilmiah kamu.

11. Daftar Pustaka

Daftar pustaka ini sangat penting agar pembaca bisa langsung juga menuju sumber informasi bantuan terhadap isi artikel ilmiah yang kamu buat. Daftar pustaka harus mengikuti kaidah penulisan berdasarkan APA (Association Psychological Association)

Penutup…

Di atas ini adalah sistematika penulisan artikel ilmiah yang benar sesuai kaidah yang telah disepakati. Semoga ini membantu teman teman yang saat ini sedang membuat Karya Tulis Ilmiah. Salam !!

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *