Menu Tutup

Jualan Di Instagram : 4 Cara Menambah Followers Tertarget

jUALAN DI INSTAGRAM

Jualan Di Instagram – Tidak bisa dipungkiri lagi, jualan online di media sosial Instagram saat ini memang sangat menjanjikan dilihat dari insight instagram sendiri yang kian hari penggunanya semakin banyak dan semakin bagus perilaku penggunanya (Scroll timeline sampai berjam jam). Tapi yang jadi masalah yaitu penentuan target market kita, hal ini harus dipikir matang matang agar produk yang kamu jual bisa laku nantinya.

Berbicara soal Followers tertarget, maka kamu juga harus mempelajari akun kompetitor, apa yang membuat postingan mereka ramai dan apa yang membuat postingan mereka sepi, dari situ kamu bisa ‘menculik’ satu persatu pelanggan mereka (Nanti akan saya bahas lebih lengkap di bawah).

Instagram adalah media sosial yang menggunakan followers dan following sebagai pertemanan sama halnya seperti twitter, followers lah yang setiap hari bisa melihat postinganmu secara langsung di beranda mereka. Terus bagaimana cara menambah followers Instagram tertarget untuk akun jualan kamu? Langsung saja simak di bawah ini :

NOTE : Beberapa cara di bawah ini menghabiskan resource dan tenaga, namun hasilnya tidak akan mengecewakan.

Baca juga : Media Sosial Yang Cocok Untuk Jualan Online

Cara Menambah Followers Instagram Tertarget

Cara menambah followers instagram

Sebelum itu saya akan menjelaskan apa sih followers tertarget itu, jadi misalnya anda menjual kerudung, harusnya kamu mengetahui siapa pengguna kerudung dan siapa yang berpotensi membelinya. Gambarannya seperti ini, followers kamu harus kebanyakan wanita, berkerudung, dan aktif mampir di akun akun jualan jilbab. Dengan mempunyai followers yang seperti itu PASTI jualan kamu akan laris manis, karena kamu mengenali produk dan target marketnya. Nah sekarang bagaimana cara mendapatkan followers yang perfect seperti itu?

Analisa Kompetitor

Ini hal yang wajib dilakukan oleh para marketer di media sosial, pernah gak lihat akun jualan dia bisanya cuman nyepam saja? Bahkan jualan peninggi badan tapi nyepam komentar di akun lawak, itu cuman buang buang tenaga saja, ya mungkin dapat 1 impact , yaitu akunnya dikenal orang (Sebagai spammer).

Kembali lagi ke topik utama yaitu analisa kompetitor, kamu harus tahu apa yang dia lakukan, apa yang dia jual, berapa harga yang dia tawarkan, dan bagaimana teknik copywritting yang ia gunakan di captionnya. Jika sudah kamu analisa, kemudian lihat postingan mana yang memiliki insight bagus dari segi like, komentar, dan perilaku orang yang ada di kolom komentar tersebut. Tiru jika bagus, jangan dicoba jika buruk.

Cara ini cukup simple tapi 100% akan memberikan dampak bagus untuk akun yang kamu kelola, awal memang terlihat rumit, tapi lama kelamaan skill analisa kamu akan bertambah. Jadi jangan bosen bosen untuk terus memperhatikan bagaimana pesaingmu menjalankan bisnis onlinenya.

Hashtag Jangan Lupa

Instagram memberi fitur hashtag agar mudah mengumpulkan suatu topik tertentu, jika kamu berjualan jangan lupa berikan hashtag yang tertarget juga. Tapi bukan brarti jika kamu jualan terus hashtagnya juga #jualan, itu kesalahan besar. Kamu harus pintar memilih hashtag yang tepat, seperti contoh kamu menjual peninggi badan, cobalah gunakan #Basket , #TAMTAMA, dll yang sekiranya disitu tempat orang berkumpul (Pengen tinggi). Pemain basket harus tinggi jadi kasih saja hashtag #Basket, Orang mau daftar tentara pun juga harus tinggi kan?, Tapi itu hanya contoh, coba cari hashtag yang lebih relevan lagi.

Dengan hashtag juga akan memperbanyak jumlah impression terhadap postinganmu, mungkin awalnya seperti tidak ada efek, tapi lama lama jika kamu telaten seperti itu pasti akan ada saja pelanggan yang nyangkut berdasarkan hashtag.

Invasi Akun

Account Invation ini saya namai sendiri tekniknya, karena memang mirip mirip seperti alien sedang menginvasi bumi hehe. Jadi gini, kamu jualan di instagram pakai berapa akun? Kalau cuman satu jangan harap banyak produk yang terjual perharinya. Saya punya guru dalam bidang ini (Tak perlu saya sebut namanya), dia memiliki 500 akun instagram dengan jualan produk yang sama, namun setiap per 50 akun caranya postingnya berbeda.

Buat apa akun banyak kalau yang dijual cuman 1? Itu yang jadi pertanyaan saya pada awalnya, kemudian saya diberi pemahaman yang saat itu juga membuka pikiran saya, tehniknya seperti ini :

Ambil contoh saja saya sedang berjualan obat penghilang jerawat yang harga perbotolnya 50rb, dan saya mempunyai 200 akun Intagram untuk saya berdayakan. Yang pertama saya harus mempunyai target invasi, misal akun A, B, C, dan D, ke empat akun ini nantinya akan saya jadikan target promosi dari 200 akun saya tersebut.

Jualan di instagram

Cara promosinya seperti ini, 50 akun pertama (Tier 1) Spam di komentar akun A.B,C,D dengan menyertakan jualan obat penghilang jerawat dengan harga 70rb perbotolnya, bahasanya jangan terlalu bagus, kalau bisa yang berantakan saja agar seolah itu akun yang biasa saja, dan usahakan setiap hari lakukan hal tersebut. Kemudian 50 akun kedua (Tier 2) lakukan seperti cara pertama tapi dengan gaya bahasa yang lebih bagus dan harga turunkan sampai 60rb perbotolnya. Begitu juga tier tier selanjutnya usahakan lebih bagus dari tier sebelumnya.

Setelah semua set up bagus, keluarkan 10 akun emas kamu, akun emas ini wajib berjualan dengan cara elegan dengan harga yang relatif murah dari akun akun kamu yang lain, jadi akun ini sebagai ujung tombak kamu untuk mendapatkan hati pembeli.

Yang bagus dari tehnik ini yaitu, di akun manapun mereka membeli produk obat jerawat yang pasti mereka belinya di kamu, wong sudah di invasi, akun akun tersebut milikmu.

Memang tehnik ini terlihat sangat melelahkan, tapi saya melihat guru saya menggunakan tehnik ini dan mendapat pasif income yang cukup besar perharinya serasa meskipun melelahkan tapi terbayarkan. Sekarang beliau tak usah repot ngurus akun akun tersebut, karena beliau sudah punya banyak karyawan.

Untuk kamu yang mau coba jualan di instagram dengan cara ini jangan langsung ratusan akun dulu deh, coba gunakan 10-20 akun dulu, rasakan hasilnya. Hasil tidak pernah mengkhianati usaha kerasmu.

Akun General

Akun general (Umum) ini bisa dibilang akun emas yang sempat saya singgung di atas, pertanyaannya cuman 1, kamu lebih suka lihat akun Instagram jualan (Isinya produk doang) atau lebih suka akun umum (Isinya entah lawakan, puisi, cewe cantik, dll)? 100% kamu lebih loyal ke akun yang umum.

Pernah tahu akun instagram dagelan? 1cak? dan akun instagram lainnya entah itu bertema horor, komedi, puisi dll. Mereka mendapat kepercayaan penuh dari followersnya, mereka enggak segan memberi like dan komentar apapun yang kamu post di akun tersebut ketimbang akun jualan yang isinya produk semua.

Jadi mulailah coba build akun general, toh kamu bisa saja ambil konten dari akun akun yang lain, untuk cara menambah followers dari akun general ini juga terhitung mudah, cukup bikin postingan 100 di awal, kemudian follow semua followers dari akun sebelah (Yang bertema sama : Contoh kamu membuat akun komedi, coba cloning followers dari 1cak, meme comic indonesia, dll). Dah lakukan hal seperti itu saja seminggu sudah dapat ribuan followers, ndak percaya? Coba saja.

Akun general ini sekali posting jualan biasanya komentar dan likenya menurun, tapi itu tidak masalah, followersmu masih percaya jika yang kamu jual itu barang berkualitas ketimbang dari akun yang gak jelas yang followersnya cuman ratusan dan like setiap postingannya sedikit.

Penutup…

Sebetulnya masih banyak lagi yang harus saya bahas, tapi nanti saya buat part 2 nya saja, daripada saya ngetik panjang dan nantinya malah kehilangan fokus pembahasan. Tunggu saja part 2 nya : Jualan Di Instagram : Cara Agar Produk Laris Manis.

Intinya semua usaha itu pasti harus ada yang dikorbankan, termasuk waktu yang harus dibuang untuk set up akun Jualan Di Instagram, tapi jika kamu berhasil melalui waktu waktu yang membosankan karena tidak kunjung ramai pembeli, percayalah, disitu kamu mulai terbentuk sifat sifat pembisnis sukses, lebih tepatnya calon pembisnis sukses. Yaudah gitu aja, tunggu part 3 nya ya.

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *