Menu Tutup

Kenapa Blog Tidak Muncul Di Google?

Kenapa blog tidak muncul di google?

Penulistamu.com – Ada banyak penyebab kenapa blog tidak muncul di google meski kamu sudah mencari dengan kata kunci sedetail mungkin, hal ini menjadi pertanyaan mendasar bagi para blogger yang baru saja mencoba untuk membuat sebuah website. Tapi ini memang pertanyaan umum, saya sendiri dulu ketika baru memulai ngeblog juga seperti itu, dan itu awal mula pertanyaan untuk menimbulkan pertanyaan pertanyaan lainnya lebih dalam, sehingga nantinya akan menggiring kamu terus penasaran dengan ilmu ilmu ngeblog.

Disini saya akan share tentag penyebab dan cara mengatasi blog yang tidak muncul di google berdasar pengalaman saya sendiri, penyebabnya sendiri beragam mulai dari yang sepeleh sampai yang berat, biasanya masalah berat yang mengakibatkan blog tidak muncul di google yaitu domain yang digunakan, daripada penasaran langsung saja cek di bawah ini :

Kenapa Blog Tidak Muncul Di Google?

Alasan yang pertama dan yang mendasar yaitu karena  blog masih belum di index oleh google, semua blog yang baru dibuat tidak akan akan langsung di index oleh google dikarenakan perayap (Bot Google) masih belum mengenali alamat / url yang baru kamu buat. Terus bagaimana agar blog cepat terindex google? Cukup lakukan beberapa langkah di bawah ini :

NOTE : Index yang dimaksud disini adalah proses bot google mengenali dan merekam semua isi di dalam sebuah website dengan cara merayapi sitemap dan kerangka yang ada di dalam web tersebut.

Cara Mempercepat Index agar blog muncul di Google

Google sudah menyediakan sebuah website dengan tools yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk memberitahu Bot Google jika kamu mempunyai Blog dan artikel baru yang ingin di index, untuk cara menggunakanya bisa langsung terapkan di bawah ini :

  1. Buka Search Console dan lakukan pendaftaran jika belum punya dan klaim situs kamu disana, caranya sudah diberitahu di situ, ikuti saja langkah langkahnya
  2. Klik URL InspectionKenapa blog tidak muncul di google
  3. Masukan alamat blog atau artikel yang baru kamu buat
  4. Lakukan Proses Index dan tunggu sampai selesai

Dengan melakukan cara seperti di atas tidak membutuhkan waktu lama blog yang kamu bikin di index, bahkan biasanya setelah 5 – 10 menit blog sudah muncul di google. Tapi juga tergantung kata kunci apa yang kamu ketikan di google, kalau kata kunci yang banyak pesaing ya tidak langsung bisa berada di page 1 blog atau artikelmu.

Domain Di Deindex Google

Salah satu permasalahan berat kenapa blog tidak muncul di google yaitu domain di deindex, apa itu deindex dan apa penyebabnya? Penyebabnya beragam dan upaya mengembalikannya juga susah, bahka ada kasus domain deindex dan tidak mungkin bisa balik normal lagi, alhasil wajib ganti nama domain baru, dan harus memulai index baru lagi untuk mengembalikan reputasi blog.

Penyebab Domain Deindex

Pernah suka copas artikel milik orang lain? Kalau iya siap siap saja untuk domain kamu di deindex Google, karena kegiatan copas bagaimanapun teta tidak baik karena termasuk mencuri karya orang lain, meskipun memang harus copas setidaknya meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik artikel, jika tidak, penulis aslinya bisa kapan saja melapor ke google dan menyebabkan artikel dan blogmu di takedown sehingga tidak bisa lagi dijumpai di Google.

Penyebab lain yaitu karena domain teralu tinggi spamscorenya, spamscore ini biasa dimiliki oleh website atau blog yang terlalu banyak menyisipkan link gak jelas di dalamnya, apalagi jika link tersbut menuju website yang terkontaminasi virus. Jika spamscore sudah memasuki ambang batas blog kamu akan di takedown, karena komitmen google yaitu menyuguhkan pengguna dengan artikel dan informasi yang bermanfaat dan berkualitas bukan website abal abal.

Hal lain yang bisa menyebabkan blog deindex yaitu karena memberi informasi yang bersifat membahayakan dan mempengaruhi pengguna untuk melakukan hal yang tidak benar, tapi hal ini juga harus ada yang melaporkan ke google terlebih dahulu, setelah laporan diterima blog tersebut akan ditinjau, jika terbukti demikian blog akan langsung di takedown dan tidak akan pernah muncul lagi di Google.

Blog Download Yang Menggunakan Platform Blogger

Jika downloadmu mengarah ke playstore mungkin masih tidak masalah, tapi jika kamu menggunakan platform blogger kemudian membuat blog download software bajakan dan Modifikasi aplikasi android siap siap juga blogmu akan hilang tanpa ada pemberitahuan dari Google.

Jika memang pengen buat website download softaware dan aplikasi silahkan pakai platform lain seperti wordpress yang self host, karena hosting sendiri lebih bagus daripada numpang hosting di platform lain yang notabene pasti banyak peraturan yang harus ditaati seperti tidak boleh membuat blog download software bajakan dll.

Cara Agar Blog Muncul Di Google dengan cepat

Hindari kesalahan kesalahan seperti yang sudah saya sebutkan di atas, dan juga submit di search console. Cukup itu saja sebenarnya sudah bisa membuat artikel atau blogmu tampil di google. Tai jika ingin lebih bisa lakukan cara di bawah ini untuk mengangkat artikelmu mendapat peringkat baik di Google, karena index saja tidak cukup jika tidak bisa masuk di halaman kedua Google (Kalau bisa sih di halaman pertama)

Soscial Signals

Social Sinals adalah membagikan blog atau artikel baru kamu ke media sosial, mencari trafic non organic dulu untuk membuat bot google merayapi url kita, ketika banyak pengunjung dari sosial media otomatis bot google akan nimbrung dan melihat seberapa bermanfaatkah artikel tersebut untuk para pembacanya, jika bagus dari time remaining dan bounce ratenya artikel kamu akan cepat index dan mendapat peringkat yang bagus pula di mesin pencari.

Intinya visitor dari soisal media itu langkah pertama untuk mendapat visitor organik dari google, cukup rutin saja share artikel blogmu, bila perlu bikinkan fanspage tresendiri. Social media yang bisa digunakan yaitu Facebook, Pinteresr, Twitter, Linkedin dll. Pilih saja salah satu, atau gunakan semuanya agar lebih bagus.

Menanam Backlink

Backlink Berkualitas

Daya sudah pernah membahas ini di artikel saya sebelumnya, tapi secara singkat backlink bisa membuat blog kamu masuk ke search engie google dengan peringkat yang bagus. Sebenarnya hal ini di benci oleh google, jika ketahuan membeli backlink pasti nanti kena takedwon, sehingga tanam backlink seajarnya dan yang aman, cotoh backlink yang aman yaitu berasal dari guest post.

BACA JUGA : Backlink Gratis dofollow berkualitas

Atau kamu juga bisa beli jasa backlink di saya sendiri, untuk infonya bisa langsung hubungi saja saya. Intinya backlink yang saya jual aman dan berasal dari website dengan spamscore rendh dengan DA dan PA tinggi sehingga bisa menaikan authority dari blog kamu nantinya.

Penutup…

Yang terpenting dari semuanya yaitu seorang blogger harus benar benar mencintai kegiatan mengetik, membaca, dan terus update informasi terbaru seputar internet. Perihal tehnik tehnik lain agar blog banyak pengunjung juga kamu sendiri yang akan menemukannya dengan cara banyak belajar dari blog blog lain. Jadi kenapa blog tidak muncul di google itu hanya perkara sepeleh yang sudah saya paparkan di atas. Ada ilmu lain yang harus dipelajari ketimbang bertanya tanya seperti itu.

Untuk memperdalam SEO blog kamu bisa baca di artikel saya yang ini : Optimasi SEO Blogger 2019 semoga bisa memberikan manfaat bgai kalian semua, terimakasih,

Related Posts

3 Comments

  1. Rio Vestoli

    Kayanya untuk trafik dari sosmed itu bahaya buat adsense kita mas..?
    Bener gk sih..?
    Oia, dari sekian artikel yg saya baca di blog ini kok gk ada iklannya ya..?
    Apa memang sengaja gk dipasang atau gimana mas..?
    Padahal sudah halaman 1 google…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *