5 Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan Online

Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan – Apa sih media sosial yang bagus untuk jualan itu? Mungkin sebagian besar dari Anda mempertanyakan hal ini. Pasalnya, di era digital saat ini tidak heran jika berjualan di sosial media menjadi trend. Bahkan, menjadi bisnis online yang cukup menjanjikan dan flexsible untuk dijalankan oleh siapapun.

Meski awalnya platform media sosial dicetuskan untuk relationship. Namun tidak heran semakin pesatnya minat user untuk berbisnis di dunia internet, menjadikan banyak Founder sosial media menyediakan platform adverthising. Meski begitu, bukan berarti semua sosmed cocok Anda gunakan untuk berjualan.

Anda perlu menentukan pilihan terhadap media sosial yang bagus untuk jualan. Supaya tidak membuang waktu, pikiran dan juga kuota atau budget promosi. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja simak di bawah ini ya Guys! Cekidot.

Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan

Namun disini tidak semata mata membuat jualan anda langsung laku ya, tapi perlu optimasi lain agar mendapat target market yang cocok. Gak lucu kalau friend list anda kebanyakan cowok tapi jualannya make up, jadi meskipun sosial media di bawah ini bagus untuk jualan anda harus mengatur friendlist dan sedikit branding terlebih dahulu.

Untuk cara menaikan branding akun sosial media dan targeting friendlist nanti saya buat artikelnya terpisah ya, sekarang fokus bahas media nya dulu, media sosial di bawah ini yang paling sering digunakan untuk berjualan oleh para pelaku internet marketer.

1. Facebook

Siapa sih yang tidak kenal dengan platform sosial media paling legend dan berpengaruh ini? Tentunya, hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan Facebook yang sejak kita masih SD hingga sekarang terus eksis. Bahkan, semakin jaya dengan selalu menyajikan fitur-fitur yang menjawab kebutuhan para user.

Bahkan, Bos Facebook juga menjadi tokoh Technopreneur yang banyak dijadikan sorotan oleh dunia karena gebrakan-gebrakan yang dia cetuskan. Hingga, sebagian besar sosial media lain pun sudah dibeli sahamnya oleh Mark Zuckerberg. Mulai dari Instagram, Twitter dan Whatshapp sudah menjadi bagian dari perusahaan Facebook.
Oke, sekarang kembali ke laptop ya Guys.

Dengan elektabilitas Facebook yang top level itu, membuat platform ini sangat cocok untuk Anda gunakan dalam berbisnis. Pasalnya, dapat menemukan para user lain di seluruh dunia yang dapat Anda jadikan target market. Terlebih, bagi Anda yang bisa menyisihkan budget untuk beriklan.

BACA PANDUAN : Cara Briklan Di Faceboo Ads

Bisa menggunakan Facebook yang sangat efektif untuk mendatangkan traffic bagi website Anda, atau langsung order lewat nomer yang Anda pasang. Keunggulan menakjubkannya lagi, Facebook Ads mampu menentukan target market secara spesifik sesuai minat, lokasi, pekerjaan yang akan relevan dengan penawaran produk Anda.

Untuk dana yang dibutuhkan pun sangat terjangkau, karena Anda dapat mengatur antara budget yang dimiliki dengan jangka waktu dan jangkauan pemirsa. Dimana semakin besar budget, jangkauan pemirsa pun semakin banyak serta waktu tayangan iklan lebih lama.

Namun bagi Anda yang tidak ingin menyisihkan dana advertishing, bisa menggunakan Facebook Grup, Akun dan Fanspage. Ini juga efisien untuk mendatangkan customer, meski tidak semaksimal Facebook Ads. Namun untuk mengoptimalkan, Anda perlu trik. Seperti menginstall Search Intelligence, yang fungsinya untuk mentarget teman di akun Facebook personal Anda serta memastikan Grup Facebook yang sesuai dengan produk Anda.

2. Youtube

Media sosial yang bagus untuk jualan

Platform digital yang satu ini memang sedang viral-viralnya, bahkan digandrungi banyak orang. Hingga, sanggup mencetuskan para millennial sukses dan terkenal dengan kreatifitasnya sebagai seorang Youtubers. Misalnya seperti: Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika, dan masih banyak lainnya.

Namun siapa sangka, bahwa Youtube tidak hanya dapat digunakan untuk creator video saja. Bahkan, dapat Anda jadikan sosial media dalam berjualan produk. Terlebih, bila Anda banyak subscriber pasti akan semakin efektif untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

Anda harus mencari views saja, gak perlu subscriber (Subscriber hanya bonus), Karena para internet marketer yang main youtube jelas tidak berorientasi pada Adsense karena penghasilannya lebih besar dari Adsense jika target maret sudah di temukan. Nah untuk cari views ini gampang gampang susah, tapi orang malas akan kesusahan sekali, karena kamu harus upload video setiap hari dan tentunya optimasi meta meta datanya agar mendapat views tertarget.

3. Instagram

Berjualan Online dengan instagram

Dengan keunggulannya terhadap fitur memposting gambar, sangat cocok untuk Anda gunakan dalam berjualan produk berbentuk barang. Terlebih, ditambah caption yang unik akan menambah daya tarik pemirsa untuk follow akun Anda dan kemudian repeat order. Tapi rahasia yang perlu nda ketahui yaitu akun Instagram yang paling sering laku barangnya adalah akun General bukan akun berjualan.

Maksud dari akun General ini bisa saja akun untuk posting Humor, Puisi, Fotografi, bahkan Akun Personal. Akun yang seprti ini biasanya lebih bagus brandingnya ketimbang akun dengan nama dagangannya seperti @peninggibadan dll, apalagi isinya yang hanya jualan produk saja, saya jamin jarang orang suka akun seperti ini.

Tapi jangan salah, dengan akun General kamu bisa menjual apapun, tinggal pinter pinternya anda membaca Insight yang ada, Instagram sekarang ada fitur Insight yang bagus untuk targeting kita. Dan jangan lupa kan tagar jika posting sesuatu, karena tagar efeknya sangat besar untuk mendapatkan pengunjung di luar friendlist anda.

Kalau mau gak ribet dan punya budget boleh anda menggunakan Instagram Ads, mirip mirip seperti facebook ads tapi disini anda di haruskan mempunyai suatu gambar dan caption yang tentunya pakai skill copywritting agar campaign anda tidak percuma nantinya, plus anda wajib melakukan targeting dahulu sebelum melakukan campaign. Kapan kapan saya bikin videonya.

4. Pinterest

Berjualan Di Pinterest

Jarang kan dengar media sosial yang satu ini? Emang sih usernya kebanyakan dari luar Indonesia, tapi efek yang di timbulkan begitu besar jika kamu sudah mendapat Authority yang baik disana. Seperti gambar di atas, saya baru saja main pinterest selama 3 hari sudah mendapat 1.200 pengunjung bulanan, dengan kata lain saya mendapat 400 an pengunjung setiap hari.

Untuk anda yang jualan barang seni seperti lukisan, pahatan patung dll anda sangat disarankan mencoba pinterest, dengan kata lain anda mencoba mencari pembeli dari luar negeri, dan orang luar negeri terbilang sangat menghargai barang barang tersebut.

Cukup kasih link landing page di postingan anda pasti nanti web landing page anda di banjiri pengunjung dari berbagai wilayah. Dan kebanyakan yang laku di sana adalah Ebook dan design Dekorasi rumah (Menurut yang saya lihat. Tapi bagi saya yang notabene seorang blogger, saya tidak berjualan di Pinterest, tapi mencari visitor dari pinterest.

Rasanya saya pengen bahas tentang Pinterest ini di artikel lain agar lebih padat, karena saya juga pengen kasih tau cara mencari autority di pinterest, nantikan artikel saya tentang pinterest ini ya hehe.

5. Whatsapp & Telegram

Media sosial yang khusus untuk Chatting ini sangat bisa anda gunakan untuk berjualan, contohnya seperti membuka dropshiper, anda cukup kumpulkan orang yang siap berjualan online dengan cara mendropshipkan barang anda, kupulkan orang tersebut dalam satu group whatsapp, matikan kolom chat sehingga hanya admin saja yang bisa mengetik.

Cara mainnya cukup setiap hari bahkan setiap jam anda harus update barang baru dan info terbaru di group tersebut, saya pernah melihat guru saya yang mempunyai group whatsapp untuk berjualan baju wanita dia update barang baru bahkan setiap 5 menit sekali, jadi group tersebut ramai dengan barang yang dijual.

Para member bebas memilih barang apa saja yang akan di jual, dan jika sudah membuat penjualan tinggal menghubungi anda di nomor pribadi yang sudah anda cantumkan ketika memberi detail barang. Saya neranginnya agak belibet sih, tapi intinya seperti itu banyak banyak mencari member yang siap menjualkan produkmu dengan sistem mencari keuntungan sendiri (Jadi kamu jual barang dengan harga retail yang murah ereka jual dengan sesuai kehendak mereka harganya, yang penting anda dapat sesuai detail barang).

Sedikit Promosi :

Ngomong ngomong masalah whatsapp saya punya nih aplikasi yang bisa membuat anda mengirim ke banyak orang dalam satu klik saja, dan aplikasi ini bisa grab sampai ribuan nomor whatsapp yang berlokasi di Indonesia, aplikasi ini tentu akan membantu promosi anda semakin lancar bukan? Tinggal buat copywritting untuk produk yang kamu jual, pilih list ribuan nomor yang akan menjadi target, kemudian kirim.

Dalam dunia yang serba Instant sekarang kita juga gak mau ribet kan? Jadi kalau mau tau detail dari aplikasi ini bisa langsung hubungi saya di kontak yang sudah ada ya, harganya pun juga murah loh (Gak sampai ratusan ribu) Tapi untuk 10 orang pertama saja yang menghubungi saya heuheu.

Penutup…

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda, terlebih dalam menentukan efektifitas berjualan di internet. Supaya promosi Anda di platform digital bisa mendapatkan repeat order.

Terlebih, memberikan ruang akan perkembangan bisnis yang semakin menjanjikan ke depannya. Oke, sekian dari kami ya Guys. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan terimakasih. Jangan lupa komen dan share informasi ini ke semua akun sosial media kalian ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *