Menu Tutup

Serba Serbi Ngeblog di Tahun 2020 Yang Akan Datang

nasib blogger 2020

Penulistamu.com , Nasib Blogger 2020 Bagimana? – Berkaca pada ngeblog di tahun 2019 ini para blogger harusnya sudah paham apa yang akan terjadi pada tahun selnjutnya alam dunia ini. Di tahun ini saja Google mengupdate algoritmanya secara mayor (Besar besaran) sudah 2x, hal ini membuat penulis artikel di dunia digital ini harus memutar otak untuk menuruti keinginan algoritma algoritma google.

Dan tahun ini juga blog blog yang semula mempunyai visitor banyak sekarang menurun drastis, bukan karena konten mereka yang salah, melainkan hasil penelusuran saat ini memang sedang di prioritaskan untuk kenyamanan pengguna agar mereka mendapatkan jawaban yang paling relevan dari kata kunci yang mereka ketikan di Google.

Dari Google Penguin sampai yang paling baru yaitu BERT, 2 Algoritma ini menjadi momok di tahun 2019 ini. Tapi dari update tersebut bukan hanya ampak buruk saja, melainkan dampak baik juga ada, salah satu dampak baik yaitu sekarang website besar tidak semenah menah melahap semua kata kunci di halaman pertama google, karena hanya 2 artikel dalam satu domain saja yang bisa menduduki pageone google.

Seperti yang kita tahu, pertengahan november ini blogger sangat merasa termonopoli dengan situs berita tribunnews, yang mana situs tersebut hampir ada di setiap kata kunci yang umum, dan artikel dari berbagai subdomainnya menempati halaman pertama. Dengan adanya update tersebut tribunnews sekarang tidak bisa memonopoli seenaknya setiap kata kunci yang memiliki volume pencarian yang banyak.

Masihkah Blog Di Tahun 2020 bisa Menghasilkan?

Pasif Income Blog

Jawabannya MASIH !, Namun dengan tingkat kesulitan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Akan saya ulas di bawah ini faktor yang perlu anda ketahui jika kamu ingin tetap setia mencari pundi pundi rupiah di dalam dunia blogging.

Namun disini saya mengatakan berdasarkan analisa saya sendiri, jadi kalau salah atau tidak sesuai di kemudian hari jangan salahkan saya, karena ini hanya analisa saja, bukan ramalan. Saya sendiri juga tidak tau apa yang akan dilakukan Google di tahun tahun berikutnya.

1. Hanya orang yang berkompeten yang akan menghasilkan dari blog

Yang saya maksud berkompeten yaitu orang yang memang benar benar paham tentang cara cara blogging, tak hanya itu, hanya orang yang paham kemauan algo google yang bisa menaikan visitor di blog mereka. Karena banyak sekarang blogger yang malas membaca maunya instan terus (Ini tipe yang akan gagal dan terus mengeluh pada tahun 2020).

 

Orang yang paham cara menulis artikel yang berkulalitas juga yang nantinya akan terus merasakan manisnya hasil dari ngeblog ini, karena Google BERT ini mengacu pada artikel yang spesifik pada suatu masalah yang sedang di bahas di dalam artikel. Secara tidak langsung keyword density sudah tidak berlaku sepenuhnya. Baca ulasannya di sini : Mengatasi Algoritma BERT

2. Adsense Blog Di Tahun 2020

Nasib Blogger 2020

Saya sendiri merasakan penurunan tayangan iklan di blog saya, gak kaget juga sih, karena sekarang mungkin pengiklan lebih memilih memasang advertisement di Youtube, karena kita tahu sendiri jika Youtube penggunanya kian hari kian melesat, sehingga para marketer melihat peluang bagus jika menginvestasikan uang mereka untuk beriklan di Youtube.

 

Bukan berarti pengiklan tidak mau beriklan lagi di blog, target market mereka berbeda beda, jadi blog tidak akan kehabisan iklan (Meskipun kadang iklan hanya muncul beberapa). Di sisi lain harga iklan semakin tinggi untuk blog, dan harga iklan di youtube akan menurun. Hukum ekonomi berlaku disitu. Ketika permintaan iklan tinggi tapi inventaris sedikit harga CPC akan naik, dan begitu pula ebaliknya.

Jangan khawatir akan hal tersebut, karena Google sudah mempunyai ahli dalam bidang itu untuk mengatasi kesenjangan ini. Jadi blogger akan tetap mendapat penghasilan. Dengan catatan pengunjung mereka banyak dan mereka sudah mempunyai target market tersendiri.

3. Website Yang Terstruktur dan Mempunyai Sub Sub pemabahasan yang baik akan banjir Visitor

Blog yang asal jadi dan tidak mempunyai ciri khas dalam pembahasannya siap siap mejadi pupuk bawang saja di search engine google, 3 bulan ini saja saya mendapat email dari google untuk mengurus struktur dan navigasi dalam website. Itu artinya Google memberitahu betapa pentingnya sebuah struktur dan navigasi dalam website.

Pembahasan dalam website tersebut harus juga secara spesifik jika memang membahas 1 niche, jika memang memaksa membuat blog gado gado (Campuran) usahakan ada hal yang diunggulkan dalam blog tersebut, setidaknya beri ciri khas di dalam website / blog tersebut.

4. Branding dan Kepercayaan

Sekarang coba kamu bayangkan menjadi pengguna Google, terus kamu browsing tentang cara mengatasi insomnia, disana kamu akan mendapati beberapa website yang membahas tentang insomnia. Website tersebut ditulis ada yang ditulis langsung oleh seorang dokter (Halodoc / aladocter), website berita, dan blog blog biasa. 100% kamu akan memilih website dari dokter tersebut kan?

Meskipun terkadang jawaban di website lain lebih rinci kenyataannya kepercayaan jika jawaban langsung dari pakar (Dokter) lah yang paling kamu cari. Jadi disini intinya di tahun 2020 Google akan lebih mensortir halaman yang akan tampil di halaman pertama, dan website yang mempunyai branding dan kepercayaan bagus lah yang akan menang.

Jadi semua artikel yang kamu ketik visitor lah yang akan menentukan bagaimana artikelmu kedepannya, jika pengguna puas dan menikmati apa yang kamu bahas alhasil artikelmu akan kuat di Search enginee google nantinya.

5. EAT dan YMYL

EAT ( Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) atau dalam bahasa Indonesianya Keahlian , Kewenangan , dan Kepercayaan sudah saya singgung di point nomor 4 di atas. Yaitu jika website yang mengandung 3 Unsur itu akan di dahulukan oleh Google di Tahun 2020 (Sebenarnya sudah jalan di tahun ini, tapi belum secara spesifik).

Kemudian YMYL itu apa? Singkatan dari Your Money Your Life, yang artinya website yang membahas tentang hal ini (Akuntansi, gaya hidup, perpajakan, dan lain sebagainya) akan di perhatikan secara rinci oleh google. Jadi intinya website YMYL ini harus mengandung perkara EAT.

BACA DULU : Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas

Karena Google tidak mau merusak Life dan Money pengguna berdasarkan website yang belum terpercaya dan penulis tidak ahli dalam ranah tersebut, jadi bagi kamu yang mempunyai website dengan pembahasan YMYL upayakan kamu mendapat branding yang cukup bagus di mata Google dan Pengguna.

Jike ingin tahu leebih dalam Tentang EAT dan YMYL ini bisa di baca langsung di semrush (Bahasa Inggri) : https://www.semrush.com/blog/eat-and-ymyl-new-google-search-guidelines-acronyms-of-quality-content/

Penutup…

Sebenarnya masih banyak yang harus saya bahas, tapi masih rancu dan belum saya tata untuk pembahasannya, daripada terkesan memaksakan mending saya bikin menjadi 2 part, di artikel selanjutnya saya akan memabas lebih detail tentang nasib Blogger di 2020 (Menurut pendapat pribadi saya).

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *