Menu Tutup

Niche Blog : 5 Tema Blog Yang Paling Banyak Di Cari

Guest Post

Biasanya untuk blogger pemula tidak terlalu memikirkan tentang niche blog yang akan dibuat, mereka hanya mencoba untuk produktif tulis artikel saja dengan tema apa saja yang sekiranya mereka bisa bahas. Hal itu sangat wajar, dikarenakan gak mungkin orang ngeblog baru beberapa bulan langsung jago. Tapi jika memang ingin mempunyai blog dengan daya tarik yang kuat, punya ciri khas, dan siap tempur di mesin pencari kamu wajib mempunyai suatu tema utama dalam blog.

Karena pemilihan tema yang tepat bisa mendatangkan ribuan pengunjung dan yang utama adalah akan berdampak baik pada SEO onpage blog kamu. Hal ini sudah saya bahas sebelumnya jika kamu mempunyai tema yang spesifik kamu lebih mudah untuk saling menautkan link dari halaman satu ke halaman yang lainnya, sehingga bisa memperkuat link building dalam website kamu, jika pengen tau lebih jelasnya bisa di baca : Optimasi SEO Blogger 2020

Beda dulu beda sekarang, niche blog saat ini bisa dibilang terbalik, yang dulu ramai sekarang sepi, dan yang dulu sepi bisa jadi sekarang ramai. Hal itu disebabkan google terus update algoritmanya untuk menyempurnakan tampilan search enginenya, dan yang paling mempengaruhi saat ini adalah trend dimana sudah banyak orang yang lebih memilih youtube untuk mencari sebuah jawaban.

Tapi bukan berarti Artikel sekarang sudah tidak laku dan sudah tergantikan oleh video video di youtube, itu salah besar, setiap produk pasti mempunyai pasarnya tersendiri begitupula dengan artikel, masih buanyak masyarakat yang tiap harinya buka google untuk mencari sesuatu yang mereka inginkan atau tanyakan. Tinggal sekarang kita sebagai blogger mencari apa yang ramai di cari saat ini terutama di tahun 2020 ini.

Niche Blog Yang Ramai Pengunjung 2020

Niche Blog

Setelah pergantian tahun ini saya iseng riset niche blog yang masih banyak pengunjungnya, dan saya membuat kesimpulan di bawah ini, ada beberapa niche blog yang masih banyak di cari dan mempunyai banyak pengunjung di tahun 2020 ini. Disini saya akan juga coba menjelaskan secara spesifik bagaimana niche tersebut akan tetap bertahan dan mendapatkan banyak visitor di tahun 2020.

NOTE : Ini berdasarkan analisa dan riset saya sendiri, ambil yang baik dan buang yang sekiranya memang tidak benar.

1. Pendidikan

Niche Blog yang membahas tentang pendidikan ini sudah dipastikan akan tetap bertahan di 2020 dengan pengunjung yang bisa dibilang bertambah. Karena sekarang pelajar dari SD sampai Kuliah sudah sangat mudah untuk mengakses Internet. Terutama jika kamu membuat niche blog penddidikan yang menargetkan anak SD sampai SMP, begitu mudahnya anak anak jaman sekarang bisa mengakses internet di smartphone mereka yang tentunya mereka jika sedang buntu terhadap soal di pelajaran mereka tentu akan langsung googling.

Tapi niche pendidikan ini terlalu luas, jangan semuanya di bahas, kamu ambil saja sub sub temanya seperti salah satu mata pelajaran saja. Ambil contoh saja kamu membuat blog bertema matematika, disitu kamu memberikan jawaban jawaban dan rumus rumus matematika untuk pelajar SD sampai SMP. Jangan semua di ambil, nanti sama saja seperti gado gado, tidak ada yang spesifik dari blogmu nantinya jika kamu mengambil semua pembahasannya.

Rekomendasi Niche Blog Sub Pendidikan

  • Sejarah
  • Bahasa (Indonesia dan Inggris)
  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)

2. Review Buku dan Film

Sebenarnya bukan review buku dan video saja sih, semua artikel review tentu mempunyai pengunjung tersendiri, terlebih jika kamu mampu membuat review yang menarik dan mempunyai ciri khas, sudah dipastikan blogmu akan mendapat pengunjung yang setia. Terlebih jika pembahasanmu menarik nanti ada saja perusahaan jasa atau barang meminta untuk direview produknya oleh kamu, alhasil dapet duit dari hobi menulismu.

Selain masih mempunyai banyak peminat tentang review film dan buku pesaing dari niche blog yang satu ini juga cukup jarang, jadi kamu masih bisa bersaing di halaman pertama google meskipun dengan website baru pun. Contoh dari website ini yaitu Mbahsinopsis.id , web tersebut cukup konsisten untuk terus membuat artikel bertema sinopsis film yang sedikit diberi review terhadap film yang di bahasnya.

Jangan salah, setiap film pasti ada aja yang kepo seburuk apapun itu filmnya, jadi jika kamu benar benar bisa memanfaatkan niche blog seperti ini kamu akan mendapatkan banyak pengunjung. Apalagi bahan untuk membuat artikel semacam ini sudah ada semua di google, tinggal kamu mengolahnya saja menjadi ciri khas dari tulisanmu sendiri.

3. Agama

Ada 2 model pembahasan agama yang sedang ramai, yang pertama yaitu info terkini tentang agama karena kamu sendiri pasti juga tau jika berita agama sedang menjadi trending. Dan yang kedua membahas tentang pelajaran agama, jika di islam kamu bisa membuat niche blog yang membahas hadist, hukum hukum fiqih dan lain sebagainya. Kalau di kristen kamu bisa membuat lirik dan chord nyanyian nyanyian gereja dan kebaktian (Karena disini lah yang banyak mendatangkan pengunjung).

Dan niche blog tentang agama ini bisa dibilang juga keyword evergreen, ketika kamu bisa membuat artikel dan masuk pageone setiap hari artikel tersebut akan memberikan visitor untuk blog kamu, beda dengan keyword musiman yang pada waktu tertentu saja memiliki banyak visitor.

4. Literasi

Ini mungkin bisa menjadi niche blog yang jarang dikhususkan bagi seorang blogger, nyatanya niche ini bisa mendapat ribuan pengunjung perharinya. Tema blog penulistamu.com ini juga termasuk literasi karena memberikan tips menulis dan ilmu ilmu tentang artikel. Dan memang pengunjung ada saja yang datang dari berbagai keyword yang relevan dengan blog ini.

Contoh blog literasi itu seperti blog yang membahas tentang gaya penulisan, artikel, journal, dan bahkan puisi. Intinya blog tersebut membahas tentang tehnik menulis yang benar sesuai kaidah bahasa Indonesia. Saya sendiri cukup tertarik dengan seputar literasi ini, makannya sampai sekarang saya terus belajar membuat suatu karya dan artikel yang bagus dan bermanfaat untuk banyak orang.

5. Fashion dan Traveling

Fashion dan Traveling sayya tulis bersamaan karena keduanya memang saling bersinggungan, semisal saja kamu membuat artikel tentang pantai, kamu bisa memberikan juga tentang pakaian apa yang cocok untuk ke pantai. Nah 2 niche yang berbeda itu bisa kamu padatkan menjadi satu kesatuan, dan buat ciri khas tersendiri dari blogmu.

Karena setahuku blog yang membahas hal ini selalu memiliki ciri khas tersendiri baik dari gaya penulisan, tampilan website, bahkan dari struktur gambar yang di posting di artikelnya. Niche blog ini juga dijamin bisa mendatangkan banyak pengunjung perharinya, tapi tetap saya ingatkan jika niche ini sangat banyak pesaingnya. Tidak mudah menuju halaman pertama google namun jika sampai berhasil tentu kamu akan merasakan blogmu berpengunjung belasan hingga puluhan ribu visitor perharinya.

Niche Blog Yang Turun Di Tahun 2020

Niche Blog Turun

Ini sebagai imbuhan saja, jika di atas adalah niche yang akan tetap mendapat pengunjung banyak sekarang saya akan memberikan niche yang sedang melorot volume pencariannya di google. Tapi ini menurut saya, karena saya juga mempunyai blog yang membahas tentang salah satu di bawah ini :

  • Tutorial Android
  • Kecantikan
  • Unik dan Seru
  • Game Android

Sementara yang saya ketahui ya itu 4 hal tersebut, menurunnya karena apa? Karena peminatnya sudah lebih senang melihat tersebut di Youtube daripada membaca artikel yang bahkan blognya gak enak dikunjungi karena banyak iklan atau terlalu lama loadingnya. Saya sendiri jika ingin mencari sesuatu perkara perihal di atas larinya juga ke youtube, karena memang tidak bisa dipungkiri lagi jika melihat video langsung itu lebih memuaskan jawabannya.

Penutup…

Ya apapun yang kamu tulis di blog kamu jika kamu nulisnya secara konsisten dan benar benar mengikuti kaidah standart SEO yang benar (Gak perlu jago jago amat) pasti lambat laun blog kamu juga akan banyak pengunjung dengan sendirinya. Ngeblog itu memang melelahkan dan membosankan tapi dengan ini kamu bisa berbagi dan belajar sesuatu yang baru, masalah uang bisa datang dengan sendirinya kalau memang kualitas ngebloh kamu sudah terlihat.

Dan jika ada niche niche blog lagi yang naik ataupun turun nantinya saya akan update ke artikel ini, jadi jangan lupa ikutin artikel penulistamu,com ya. Dan lagi kalau kamu blogger dan malas ngetik kamu bisa pakai jasa kami looo, lebih lengkapnya bisa baca : PENULIS ARTIKEL SEO BERKUALITAS

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *