Menu Tutup

14 Tips Optimasi SEO Blogger 2020

Optimasi SEO Blogger 2019 – Mungkin kamu sudah banyak membaca artikel tentang hal ini di blog lain, tapi tidak ada salahnya kalau saya ikut nimbrung di antara blog blog mastah yang saat ini masih bertengger di pageone google, untung untungan kalau artikel ini nantinya bisa pageone bareng mereka.

Dan yang saya sayangkan adalah artikel artikel  di pageone yang membahas optimasi seo blogger saat ini sudah terbilang outdated, entah karena authornya udah gak mau merombak lagi karena sibuk dunia nyata atau memang karena sudah merasa puas karena meskipun gak di update artikelnya tapi masih tetap kuat di pageone.

Dari 10 teratas artikel yang membahas masalah ini bisa dibilang isinya sama semua, tapi kurang rinci apa yang di maksudkannya. Jadi di kolom komentarnya masih banyak pertanyaan terlontar dari pengunjungnya, nah bisa dibilang saya menulis artikel ini juga karena mendapat ide dari kolom komentar blog blog suhu tersebut.

Tapi saya kasih tau dulu sebelum ada yang bilang ‘Kamu pakai wordpress kok sok sok an mau kasih tau cara optimasi SEO Blogger?‘ , Memang benar blog ini pakai wordpress, tapi jauh sebelum saya pakai wordpress self hosted saya juga beberapa kali build blog pakai platfrom blogspot, dan dari blogspot pula saya banyak belajar tentang SEO.

Dan dari beberapa blog dari blogger pula cuman 2 blog saja yang bisa dibilang mapan untuk saat ini, dan seoerti yang saya singgung di artikel saya sebelumnya, saya memakai blog penulistamu ini hanya untuk share pahit getir dan tips tips ketika saya ngeblog dan berbisnis di dunia online (Dan saat ini juga masih belajar dan belum kaya kaya :D)

Optimasi SEO Blogger 2019

Oke kembali ke topik pembahasan yaitu cara optimasi seo blogger, kita semua sepakat jika SEO itu di bagi menjadi 2 yaitu SEO On Page dan SEO Offpage, nah untuk secara rinci kalian udah tau kan? Sekarang saya balik tanya ke kamu, pernahkah kamu bayangin kamu sendiri menjadi pengunjung blogmu? Puaskah kamu dengan tulisan blogmu sendiri?

Karena saya pernah membuat artikel yang keesokan harinya saya mendapat masalah sesuai yang pernah saya bahas di artikel saya, saya search di google dan mendapati blog saya sendiri, dan ternyata saya gak puas dengan jawaban saya sendiri, dari situlah saya berpikir kalau saya tulis artikel cuman untuk menaikan kuantitas saja bukan kualitas dan ke kredibelannya.

Ok tanpa panjang lebar lagi saya akan share cara optimasi seo blogger on page sekaligus offpagenya agar lebih padat, dan yang perlu di garis besar i disini saya share menurut pengalaman saya sendiri dan tak luput juga ambil tips tips dari blog yang sudah mapan lainnya, jadi jika ada yang menyimpang dari pemahamanmu itu cuman perbedaan pendapat yang biasa, cukup hadir saja di kolom komentar biar kita bisa berdiskusi bersama

SEO Onpage Blogger

SEO Onpage adalah proses kamu membuild blog sampai membuat konten di dalamnya, jadi semua kegiatan merombak blogmu itu di namakan Onpage (Di Halaman), jadi intinya SEO onpage itu upaya mu menaikan kualitas Blog dan konten agar Search Enginee bisa mempercayai kamu mengisi page one nya.

Disini saya akan memberikan 15 Cara memaksimalkan SEO Onpage kamu, caranya mungkin sebagian ada yang sudah tertulis di blog lain, dan ada beberapa cara yang saya akal sendiri saja, langsung saja berikut daftarnya

1. Tag Meta Deskripsi

Hal ini sangat penting untuk dikarenakan googlebot tidak melihat blogmu secara visual seperti kita, tapi googlebot melihat code code yang ada di dalam situs kamu, terlebih meta tag, meta tag ini semacam kode yang kusus untuk memanggil googlebot. Jadi usahakan meta Tag Deskripsi kamu isi ya, karena kadang ada blogger yang gak teliti mereka merasa sudah mengisi deskirpsi nyatanya yang di isi cuman deskripsi di Pengaturan dasar bukan di preferensi penelusuran (Karena ada 2 tempat mengisi deskripsi), untuk caranya bisa kamu lihat di bawah ini :

Masuk ke Setelan, Kemudian Pilih Preferensi Penelusuran, kemudian lanjutkan seperti gambar di bawah ini :

SEO Onpage

Setelah meta deskripsi kamu isi sesuai niche blog kamu tekan saja simpan perubahan, dan jangan pernah ganti ganti meta deskripsi ya, karena ketika kamu mengganti meta deskripsi googlebot akan mengira itu hal baru yang perlu di index ulang dri awal, biasanya akan menurun visitormu setelah mengganti tmeta tag tersebut.

2. Aktifkan Tag tajuk Robot Khusus

Nah ini juga yang sering di lupakan, bahkan ada yang mengaktifkan tapi gak tahu mana yang harus di ceklis dan mana yang tidak semestinya di ceklis. Kegunaan Tag Tajuk Khusus ini cukup bagus karena bisa menghalang googlebot merayapi dan mengindex halaman yang kurang isi / tidak kaya informasi, bahasa kasarnya konten gak guna.

Contoh konten gak guna itu apa? Ya seperti halaman Contact Us dll, kenapa bisa di sebut gak guna? Pertama karena letaknya di Laman (/p) bukan di postingan, kedua karena biasanya laman laman seperti ini isinya bukan untuk di optimasi intinya cuman pelengkap aja. Tapi kadang ada juga yang memang laman laman ini penting, tergantung adminnya sendiri tujuannya untuk apa.

Dan yang paling wajib di cekal dari googlebot yaitu halaman arsip dan penelusuran, karena halaman halaman ini jika sampai di index oleh botgoogle akan banyak nanti error di search console terkait duplicate post, saya pernah mengalami hal ini, kalau sudah gini balikinya lama untuk menghilangkan duplicate pos dan meta deskripsinya.

Terus cara atur tag tajuk robot khusus yang benar bagaimana? Coba lihat gambar di bawah ini :

Optimasi SEO onpage robot

#Beranda

Saya menceklis hanya satu saja yaitu ‘All’, kenapa All? Karena halaman depan butu di rayapi Googlebot agar semua konten di situs kamu terindex dan bisa memunculkan sitelink (Menurut saya)

#Halaman Arsip dan Penelusuran

Yang saya ceklis di atas menandakan jika tidak ada kata index untuk halaman arsip dan penelusuran, karena mereka yang menyebabkan blog saya dulu mempunyai buanyak sekali duplicate post dan meta deskripsi, jadi saya memilih tidak mengindexnya sama sekali, efeknya apa? Search console bersih dari error dan yang pasti artikel saya naik perlahan.

#Postingan dan Halaman

Saya ceklis all karena postingan sangat penting untuk di rayapi, kalau enggak di rayapi percuma dong kita bikin artikel, dan untuk halaman / biasa disebut laman, saya emilih di index karena laman biasanya membuat sitelink saya semakin banyak. Dengan catatan laman kamu jangan asal asalan buatnya, seperti kamu membbuat contact us juga usahakan jangan asal asalan.

3. Gunakan Template SEO Friendly

Template SEO Friendly itu yang seperti apa? Saya gak bisa kasih jawaban pasti tentang hal ini, tapi saya bisa kasih ciri cirinya. Ciri ciri template SEO Friendly yaitu :

  • Mobile Friendly
  • Loading Cepat
  • Struktur Bagus
  • Tidak Membingungkan
  • Ukuran Loadnya Kecil

Jika template kamu ada ke lima hal di atas berarti sudah SEO Friendly, untuk tambahan tambahannya bisa kamu kasih meta meta yang lain.

4. Judul Artikel Tertarget

Sekarang kita beralih ke dalam Optimasi SEO Blogger Onpage pada bagian pembuatan artikel, karena di atas optimasi secara keseluruhan dalam blog. Yang pertama dari sebuah artikel adalah JUDUL, karena judul bisa dibilang wajah dari artikelmu. Bahkan di beberapa kasus ada judul yang sangat memikat dan teroptimasi itu banyak pengunjungnya meskipun artikelnya Biasa saja.

Seperti apa sih judul yang tertarget itu? Judul yang tertarget adalah judul yang sudah mengandung kata kunci bidikan utama, seperti artikel ini yang saya targetkan ke dalam kata kunci ‘optimasi seo blogger‘ , yang harapan saya nanti bisa keluar di pageone jika ada seseorang yang mengetikan kata tersebut. Tapi saya gak berharap lebih juga karena lawan dengan kw ini sangat pedih kapten, blog gede semua hehe.

Optimasi judul yang baik dan benar itu gampang, caranya cukup buat judul dengan disisipi keywords tapi bagaimana caranya pengucapannya gak aneh dan gak belibet. Kalau di rasa kalimatnya nyambung langsung saja pakai judul tersebut.

5. Artikel Padat dan Lengkap

Kalau ada yang bilang nulis artikel yang baik untuk SEO itu yang panjang jangan di percaya, yang benar adalah menulis artikel sesuai porsi pembahasannya, dalam artian jika pembahasanmu memang sampai 500 kata ya jangan di tambah tambahin 500 kata bertele tele lainnya hanya karena dengar omongan ‘usahakan artikel minimal 1000 kata’.

Sebaliknya, jangan pernah sungkan menambahkan isi artikel kalau di rasa itu memang perlu untuk informasi tambahan. Jadi yang benar adalah artikel padat dan lengkap bukan cuman panjang doang.

Saya sendiri orang yang gak perduli jumlah kata di setiap artikel, bahkan ketika saya beli artikel saya pasti membacanya ulang, kalau kurang tak tambahin kalau berlebihan tak kurangin, simple.

6. Struktur artikel

Struktur artikel tidak kalah pentingnya, karena disini bot google bisa membaca urutan pembahasan artikelmu, bukan cuman bot google yang bisa membaca tapi pengunjung pun jadi nyaman jika ada sub sub judul yang bisa dikatakan mereka bisa langsung menuju inti dari informasi yang di carinya.

Nah bagaimana struktur artikel yang bagus, yang pasti kamu sudah memahami konsep Heading dan sub heading aja berarti kamu sudah tau cra menerapkan ke dalam artikelmu, Yang pasti judul artikel kamu mewakili H1 dan Jika ada Subheading bisa kamu berikan tag H2, intinya kalau bisa dari atas sampai ke bawah Headingnya semakin menurun seperti h1,h2,h3 dst.

Tapi boleh di tengah artikel kamu isi H2 lagi setelah ada h3,h4. Yang penting jangan kebalik mana yang harus dikasih h2 dan mana yang harus dikasih h3, biar googlebot juga ndak salah paham. Tips kedua yaitu masukan Sinonim dari kata kunci utama ke dalam sub sub heading kamu, tujuannya agar artikelmu kaya akan kata kunci tapi bersih dari keywords stuffing.

#Intermezo Dikit

Di blogger mungkin kamu hanya di sediakan subheading hanya 3 biji yaitu heading, subheading dan minor heading (Selebihnya bisa kamu tambahkan sendiri melalui kode html), dan sedikit tips dari saya kamu bisa mengetik artikel menggunakan bantuan dari wordpress.com gratisan yang sudah terinstal yoast seo, karena di yoast seo ketika mengetik artikel ada indikasi apa saja yang kurang seperti heading, keywords dll.

Optimasi Onpage

Gak perlu keluar duit jika pakai wordpres.com, karena kamu hanya numpang bikin artikel saja. Setelah artikel jadi kamu hanya perlu copas saja kemudian taruh ke bloggernya, apalagi di wordpress tag Headingnya gak cuman 3 tapi bisa sampai 6.

7. Optimasi Gambar

Optimasi gambar juga tidak kalah pentingnya terlebih dari segi alt imagenya, karena botgoogle tidak bisa melihat gambar secara langsung, botgoogle melihat gambar dari meta alt nya, dari situlah botgoogle menentukan gambar apa itu.

Dan jangan meremehkan visitor dari gambar ya, visitor gambar itu bisa banyak kalau gambar kamu memang sedang di cari, buktinya blog wallpaper bisa dapat pengunjung dari gambar gambarnya bukan dari tulisan di artikelnya, bahkan kadang gak ada tulisan apapun.

Dan yang tak kalah pentinya adalah jangan upload gambar yang berkapasitas besar, karena bisa melambatkan loading pagenya, kalau loading pagenya lama sudah pasti visitor akan kabur sebelum sempat membaca satu kalimatpun dari artikel kamu.

8. User Experience & Bounce Rate

Ini yang paling penting, Perilaku pengunjung situsmu menentukan nasib bagaimana artikel kamu ke depannya, jika pengunjungmu cuman buka dan baca segelintir kalimat yang ada di artikelmu lalu pergi begitu saja siap siap aja bounce rate naik dan artikel tidak akan lagi menjadi prioritas utama di search engine google, tidak cuman itu kalau memang situsmu dikunjungi orang hanya rata rata di bawah 30 detik lama orang membaca artikelmu ya sudah pasti situsmu itu di pandang buruk di mata algoritma google.

Untuk mengatasi ini cukup beri saja artikel yang tidak bertele tele di awal jika itu informasi yang memang terbilang rumit dan genting seperti tutorial mengatasi sesuatu atau tutorial memasak, masak iya orang mau masak aja lihat obrolan bertele telemu.

Dan kalau artikel informasi buat saja pengunjung penasaran di awal, nanti mereka akan membaca kalimat demi kalimat, disini kamu hanya perlu mainkan skill copywrittermu untuk membuat orang terus membaca artikel.

9. Format Tulisan

Pernah gak lihat artikel yang membuat bold atau italic ke sebuah kalimatnya? Cara ini dulu begitu manjur untuk optimasi SEO, tapi sempat hilang karena cara ini di anggap mengakali botgoogle untuk memberitahukan keyword keyword yang digunakan. Namun saat ini cara ini muncul lagi, tapi jangan terlalu banyak menggunakan bold untuk kata kunci, kalau saya biasanya menggunakan bold sekedarnya saja untuk menekankan kalimat itu.

Dan biasanya saya menggunakan italic untuk kalimat tanya, untuk efeknya saya tidak yakin pasti, tapi bisa saja ini masuk ke dalam strukur artikel yang bagus untuk SEO.

10. Meta Keywords

Meta keywords sangat berguna untuk memberitahu google jika artikelmu mempunyai sebuah fokus pembahasan yaitu yang kamu masukan ke dalam meta keywords tersebut, yang penting jangan berlebihan memberikan meta keywordsnya jika ingin artikelmu di sayang google dan di tempatkan ke dalam antrean menuju page lebih tinggi (Page One).

Optimasi SEO Blogger Offpage

OPTIMASI SEO BLOGGER OFFPAGE

Diatas sudah saya berikan 10 pembahasan mengenai Onpage, selanjutnya kita akan membahas Optimasi Offpage. Apa itu SEO Offpage? Secara garis besar yaitu kamu melakukan pengoptimalan blog kamu dengan cara utak atik di luar halaman blog kamu (Pasti kamu sudah paham tentang hal ini), Optimasi offpage ini tidak kalah pentingnya dari optimasi onpage, dan hasilnya bahkan bisa mengangkat artikel kamu ke pageone secara cuma cuma.

Pernah lihat gak artikel yang minim informasi tapi bertengger lama di halaman pertama google? Itu dikarenakan optimasi Offpagenya bagus, Nah bagaimana saja cara optimasi seo offpage langsung saja simak di bawah ini

11. Backlink

Backlink saat ini masih jadi kunci utama SEO Offpage, jika situsmu mendapat backlink sama seperti situsmu mendapat voting dari website lainnya, bagaimana jika kamu dapat backlink dari situs yang ternama? Sama seperti kamu menyanyi dan mendapatkan voting dari penyanyi ternama juga, yang hasilnya blog kamu akan naik.

Sebelumnya saya sudah membahas untuk cara mendapatkan backlink berkualitas, karena backlink yang cupu sama seperti kamu mendapat voting dari orang cupu pula alhasil kurang powerfull untuk menaikan nama (Blog) kamu.

Lebih jelasnya lagi liat artikel saya tentang backlink yang sudah saya sisipkan di atas ini.

12. Riset Pesaing

Sebelum membuat tema artikel riset dulu siapa pesaingmu nanti di search enginee, kalau pesaing berat dan kamu belum punya kapasitas untuk mengunggulinya lebih baik dihindari dulu, cari tema yang lebih ringan saja. Saya aja bikin artikel ini sama seperti menantang fighter UFC sedangkan saya petarung jalanan yang gak punya keahlian khusus dalam bidang tersebut.

Apalagi blog yang membahas artikel ini sudah dibilang tua dan mapan dari segi backlink dan namanya, nah blog penulistamu.com? Saat artikel saya ketik ini aja masih umur 5 hari :v Dari segi DA PA pun kalah jauh.

Jadi intinya kalau mau coba coba dan test ilmu sih silahkan saja, tapi kalau mau cari authority dulu jangan lah lawan pesaing yang berat, nanti sambat kalau artikelnya gak ada yang mengunjungi.

13. Riset Keywords

Sudah tahu pesaingmu? Sekarang lihat keywords yang akan kamu bidik, berapa volume pencariannya? Jika di rasa sudah cukup sekarang waktunya riset keyword turunan dan sinonimnya, tujuannya untuk modal membuat artikel yang kaya akan keyword tapi masih enak di baca (Readable).

Riset keywords memang tampak sepeleh tapi jangan dianggap remeh, karena meskipun pembahasanmu bagus dan panjang tapi keywords tidak ada ya pasti nanti juga gak akan ada yang liat artikel kamu, sudah capek kok gak membuahkan hasil pula.

Untuk cara riset keywords nanti akan saya buatkan artikelnya secara rinci, sementara kamu bisa baca artikel saya yang Cara menulis artikel yang berkualitas, disitu saya menyinggung sedikit cara riset keywords.

14. Social Signals

Sudah buat artikel? Langsung saja share artikelmu ke berbagai media sosial, dan tentunya jangan cuman copy link terus share begitu aja, kasih pemahaman sedikit tentang isi artikelmu agar yang melihat di media sosial agak lebih penasaran. Jangan lupa sharenya di group atau fanspage yang pembahasannya hampir sama ya untuk menaikan prosentase orang klik tautan kamu dan membaca artikelmu.

Gunanya apa sih social signals?

Gunanya hanya untuk mencari pengunjung saja dari sosial media, kalau ada pengunjung yang datang dari sosial media pasti googlebot ikut kepo dengan artikelmu, alhasil mempercepat index artikel kamu.

Kesimpulan…

Dari 14 tips di atas saya berani menjamin yang paling berpengaruh penting terhadap peringkat blog kamu adalah keywords dan backlink (Untuk Optimasi SEO Blogger 2019 ini). Tidak di pungkiri lagi 2 hal tersebut adalah kunci utamanya, bisa dibilang Konten is The King And Backlink Is The Queen.

 

Related Posts

13 Comments

  1. Pingback:Algoritma Google Terbaru, Pahami Untuk Menaikan Pringkat Situs Anda | Penulis Tamu

  2. Pingback:8 Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Terbaru 2019 | Penulis Tamu

  3. Pingback:Blogger VS Youtuber? Mana Yang Lebih Menghasilkan? | Penulis Tamu

  4. Pingback:Apa Itu REO? Benarkah Lebih Ampuh Dari SEO? | Penulis Tamu

  5. Pingback:Cara Agar Blog Muncul Di Google (Hanya Beberapa Menit) | Penulis Tamu

  6. Pingback:Cara Optimasi Video Youtube Agar Banyak Yang Lihat | Penulis Tamu

  7. Pingback:9 Tips Memilih Penulis Artikel Yang Berkualitas | Penulis Tamu

  8. Pingback:Kenapa Blog Tidak Muncul Di Google? | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *