Menu Tutup

Blogger VS Youtuber? Mana Yang Lebih Menghasilkan?

Blogger VS Youtuber

Blogger VS Youtuber – Mendengar kata Youtube tentu sudah tidak asing lagi bagi kita bukan? Nah, saat ini telah banyak masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua pun mengenal yang namanya Youtube. Platform berisi konten-konten video menarik, unik dan informatif merupakan salah satu daya tarik yang ditawarkan. Banyak pula orang yang berlomba-lomba membuat channel, kemudian mendaftarkan Adsense. Tujuannya, memasang iklan dan mendapatkan penghasilan.

Lalu, bagaimana dengan Blog? Beberapa orang juga tidak mau ketinggalan dalam membuat-nya. Pasalnya, sering ada beberapa lomba agar mencetuskan Blog yang berisi tulisan-tulisan menarik, unik, dan juga kreatif. Jika sudah banyak content yang diupdate sesuai kebijakan Google, tentu layak daftar Adsense. So, tidak ada salahnya jika Anda mencoba. Selain menyalurkan hobi menulis, Anda pun akan mendapatkan penghasilan.

Sebelum lanjut ke pembahasan Blogger VS youtuber tentang penghasilannya coba simak nilai plus diantara kedua platform ini :

Keuntungan Menjadi Youtuber

Keuntungan jadi youtuber

Youtube yang saat ini digadang gadang ‘lebih dari TV’ memang sedang menjadi trend dikalangan anak muda, bahkan anak kecilpun kalau ditanyain cita citanya bisa jadi mereka ingin jadi youtuber, selain adsense anda bisa mendapatkan keuntungan yang lain seperti di bawah ini :

Menguatkan Branding

Orang lebih tertarik dengan tayangan di Youtube daripada televisi. Sebab konten yang disajikan pun dikemas dengan menarik dan kreatif, serta ada banyak akun dan channel Youtube besar. Selain itu, video bisa diputar berulang-ulang dan kapanpun.

Sehingga, masyarakat bebas menonton kapan saja. Hal demikian menjadi alasan beberapa orang untuk menguatkan brandingnya dalam bisnis, organisasi, lembaga / instansi ataupun produk menggunakan video marketing. Karena hal tersebut, dinilai lebih mudah dan simple untuk melakukan promosi.

Branding sangat diperlukan untuk marketer, karena dengan branding yang kuat apapun yang anda lakukan seakan akan penonton percaya dan yakin bahwa anda itu benar. Bukannya itu syarat mutlak untuk menjadi enterpreneur / Profesional Marketing yang sukses?

Pengelolaan

Untuk segi pengelolaan untuk saat in Youtube terbilang lebih mudah daripada blog, anda hanya membutuhkan skill edit video dan mengonsep konten anda agar terlihat menarik. Beda dengan blog yang di wajibkan menguasai Tehnik SEO agar bisa memenangkan persaingan di Search Engine.

Tapi tak Youtube juga akan seperti ini dikemudian hari, dukarenakan persaingan antar channel begitu kuat dan banyak muncul channel baru sehingga anda di ajibkan mengoptimasi SEO nya juga (Meskipun gak seribet blogger)

Pemasaran Produk

Beberapa Vlogger dan Influencer, melakukan endorse dengan membagikan hasil review di Youtube. Hal ini membuat beberapa perusahaan atau pemilik produk mengikuti jejak mereka. Cukup dengan membayar biaya iklan, agar produk Anda bisa ditampilkan di channel Youtube orang lain.

Jika anda sudah mulai merangkak naik dan mempunyai subscriber banyak anda akan mendapatkan uang tidak hanya bersumber di Adsense, karena para pengiklan akan berbondong bondong memasang produknya di channel yang anda kelola.

Sumber Uang

Program Adsense pun sudah dijalankan untuk monetize video, agar bisa menghasilkan uang dengan penanyangan iklan tertentu di channel Youtube Anda. Saat ini pendaftaran Adsense Youtube terbilang sedikit sulit, sebab harus ada 10.000 subcriber dan 4000 jam tayang. Namun hal ini wajar, sebab kemudahan dan manfaat yang ditawarkan sangat menguntungkan. Untuk membuat video pastikan layak ditonton, unik dan kreatif.

Tapi seperti yang saya sebutkan di atas jika menjadi youtuber tidak melulu soal adsense, banyak hal yang akan menguntungkan anda di kemudian hari jika channel yang anda kelola sudah berkembang. Gak percaya? Coba aja sekarang

Sistem Iklan

Iklan yang disajikan di Youtube lebih menarik karena berbentuk video pendek, jika di blogger anda hanya mendapati iklan gambar yang terkadang kurang menarik perhatian pembaca untuk mengklik iklan tersebut. Tapi biaya perklik iklan di Blogger lebih besar dibandingkan Iklan i youtube (Bisa sampai 5x lebih besar)

Keuntungan Menjadi Blogger

Keuntungan menjadi blogger

Setelah mengetahui keuntungan menjadi Youtuber, kini saatnya Anda perlu mencoba peruntungan melalui Blog. Meski sedikit memerlukan keahlihan di bidang IT atau website development dan penulisan dalam mengelola Blog, namun terkait pendaftaran Adsense cukup menguntungkan ketimbang Youtube. Mengapa? Karena, Blog tidak mengajukan persyaratan jumlah terkait pengunjung maupun tayangan. Tetapi, cukup mematuhi peraturan dan memiliki konten yang berkualitas informatif.

Selain keuntungan dari adsense anda juga bisa mendapat keuntungan lain yang akan saya sebutkan di bawah ini :

Mengasah Kemampuan Menulis

Untuk Blog penguatan brandingnya adalah dengan menciptakan tulisan-tulisan yang fresh dan pastinya informatif. Rajin-rajin menyebarkan link dan memiliki kemampuan SEO, agar semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog anda. Atau, daftar saja akun Blog lalu isi dengan tulisan yang unik dengan gaya Anda. Semakin lama kemampuan menulis Anda akan terasah, dengan cara mendapat kritik dan masukan dari pengunjung.

Skill Copywritting anda juga dengan sendirinya meningkat, untuk pelaku bisnis skill copywritting sangat diperlukan, bahkan orang yang mempunyai skill ini terkadang di sewa perusahaan besar untuk melakukan copywritting di produk yang akan di pasarkan.

Mendapat Uang Melalui Iklan

Semakin tinggi pengunjungnya, maka semakin mahal tarif iklannya. Yanng saya maksud bukan adsense melainkan iklan mandiri yang datang dari berbagai arah baik dari personal maupun perusahaan. Dan tak tanggung tanggung, mereka tidak sungkan mengeluarkan banyak dana untu memasang iklan di website / blog anda.

Iklan yang bisa anda tawarkan kepada mereka juga beragam, bisa berbentuk banner atau artikel review tentang produk yang mereka kehendaki. Jadi kerjasama seperti ini menurut saya lebih menguntungkan daripada uang dari Adsense.

Membangun Jaringan

Tulisan yang menarik akan membuat pengunjung betah berkunjung ke Blog Anda. Apalagi, tulisan Anda selalu bertambah, informatif dan original. Sehingga, Pembaca tidak akan ragu untuk merekomendasikan Blog Anda untuk dibaca teman mereka. Dengan demikian, akan semakin banyak pengunjung di Blog Anda bukan?

Hal ini sebenarnya jatuhnya ke segi branding, ketika alamat blogmu sudah dikenal mereka akan mendahukkukan membaca blogmu daripada blog yang belum pernah mereke lihat sebelumnya.

Mengembangkan Produk Bisnis

Manfaatkan Blog Anda untuk mengembangkan produk bisnis yang sudah dimiliki. Buatlah brand Anda dengan unik dan menarik. Agar produk Anda bisa dikenal lebih oleh masyarakat luas, baik nasional maupun internasional.

Mengembangkan Produk pribadi di Blog / Website sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan, setidaknya anda wajib memahami ilmu SEO website agar produk yang anda jual banyak yang melihat. Karena percuma sudah menearkan roduk di blog tapi tidak ada yang melihat.

Untuk anda yang juga sedang ingin belajar SEO bisa langsung menuju Link ini : Tehnik SEO Terbaru 2019

Sumber Penghasilan Baru

Di Blog Anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi Pengusaha Media, Blogger, Web Developer, Content Writer atau yang lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memasang iklan dengan Adwords yang merupakan alat pengiklan Blog dengan jangkauan Pembaca yang luas. Anda hanya perlu menciptakan tulisan menarik untuk Pembaca.

Ketika anda sudah terlanjur masuk ke dunia blogging mau gak mau anda harus belajar untuk build website yang baik dan benar, pada intinya anda setidaknya harus memahami sedikit tentang HTML. Dilain waktu saya akan membahas hal ini lebih mendalam.

Nah demikian point-point yang sudah Anda dapati, bagaimana? Sudah ada gambaran bukan, mana yang lebih menghasilkan Blog atau Youtube. Jika belum akan saya buat ringkasannya di bawah ini seperti judul awal yaitu Blogger VS Youtuber, Manakah yang lebih besar penghasilannya?

Penghasilan mana yang lebih besar? Blogger atau Youtuber?

Dari segi penghasilan adsense Blogger VS Youtuber bisa dibilang sama (Dengan catatan Channel dan blog tersebut setara dari segi view dan visitor), Memang betul iklan adsense itu menarik sekali dan banyak yang mengklik, namun harga dari iklan tersebut murah sekali (Kadang di bawah 100 Rupiah). Jika blog iklannya memang tidak menarik dan jarang orang yang mengklik iklan, tapi sekali klik iklan harganya bisa mencapai 500-5000 rupiah untuk visitor dari indonesia.

Untuk kedepannya lebih prospek Blogger atau Youtuber? Untuk kedepannya mungkin lebih mending menjadi Youtuber, karena pengunjung youtube setiap hari meningkat secara signifikan akhir akhir ini. Tapi kalau yang sudah terlanjur menjadi blogger lebih baik teruskan saja membuat artikel yang menarik dan bermanfaat, karena blog yang kita buat bisa dijadikan investasi di masa depan jika pengunjung sudah membeludak.

Penutup…

Kalau saya sendiri di suruh memilih Blogger VS Youtuber saya lebih memilih untuk menjadi blogger, saya sendiri juga mempunyai 3 channel youtube yang saat ini jarang upload konten lagi, bukan karena malas atau sudah kehabisan Ide, karena saya sendiri lebih nyaman dan terntantang dengan kegiatan blogging ini.

Kenapa saya bilang tertantang? Karena kian hari pesaing blogger kian banyak sehingga memaksa kita untuk meningkatkan Kualitas SEO di blog yang kita urus agar bisa menang di search engine google, karena membuat artikel yang berkualitas saja tidak cukup untuk menang di search engine.

 

 

2 Comments

  1. Pingback:Cara Memasarkan Produk Dengan Baik Dan Benar | Penulis Tamu

  2. Pingback:OVO - Cara Daftar dan Menambah Saldo Di Aplikasi Ini | Penulis Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *