Menu Tutup

Perbedaan Artikel Dan Jurnal

perbedaan artikel dan jurnal

Perbedaan Artikel dan Jurnal – Kamu mungkin salah satu orang yang tidak tahu artikel dan jurnal adalah hal yang berbeda, jadi ketika kamu membaca jurnal kamu mengira itu juga artikel, padahal di antara kedua cara penulisan tersebut ada sesuatu yang membedakan. Saya sendiri sering membaca jurnal dengan keadaan mengira bahwa yang saya baca itu adalah artikel.

Lalu apa perbedaan Artikel dan Jurnal? Sebelum ke perbedaannya saya akan menjabarkan apa itu artikel dan apa itu jurnal agar kamu bisa mengira ngira apa perbedaan di antara kedua hal tersebut, tapi nanti di bawah juga saya berikan perbedaannya secara umum.

Pengertian Artikel

Apa itu artikel?

Apa itu artikel? Artikel adalah suatu karya tulis dengan jumlah kata tertentu dengan berisikan gagasan / fakta yang dapat mempengaruhi pembaca (Membujuk, Mendidik, Menghibur, dan Meyakinkan) dan di publikasikan ke media agar bisa dilihat banyak orang.

Namun disini artikel pun masih dibagi menjadi 2 bagian, yaitu artikel Peneltian dan artikel penelitian, nah daripada bingung langsung saja saya kasih tahu perbedaannya dari kedua sub artikel ini :

Artikel Peneltian

Artikel Penelitian adalah karya tulis yang dibuat dengan cara mengumpulkan data data dengan maksud memberikan pencerahan terhadap pembaca tentang kasus yang sedang di bahasnya. Artikel ini bisa dijamin tingkat kredibelitasnya karena penulisannya dari hasil penelitian langsung di lapangan, hasil kajian pustaka, atau pengembangan dari penelitian yang sudah ada.

BACA JUGA : Cara Membuat Artikel Berkualitas

Dalam membuat artikel penelitian ada prosedur yang harus di sepakati, yaitu :

  • Tingkat Kredibelitas
  • Metode penelitian yang digunakan
  • Gagasan yang masuk akal
  • Artikel ditulis dan disusun secara sitematika sehingga terdapat bagian dan sub bagian
  • Harus berisi hal yang penting (Tidak ada basa basi)

Setelah semua tersusun dengan jelas kamu harus menambahkan daftar isi, sumber, pendahuluan, metode. Dan yang terpenting sebelum kamu membuat artikel penelitian kamu harus tahu dulu apa tujuanmu membuat artikel tersebut (Degan Riset Kata kunci bila perlu)

Artikel Non-Penelitian

Sebenarnya sama dengan Artikel penelitian, tapi di dalam artikel non penelitian tidak di wajibkan ada metodologi, bahkan kamu juga bisa memberi gagasan sendiri tanpa perlu menggunakan metode tertentu. Meskipun begitu kamu tetap di haruskan bisa bertanggung jawab terhadap isi artikel yang kamu buat (Jangan membuat artikel hoax, menyesatkan, ajakan negatif dll)

Artikel ini juga yang sering muncul di google, kita tidak tahu kredibilitas penulis dan tidak tahu kebenaran artikel tersebut. Cara penulisannya pun terbilang bebas, tidak harus ada sub sub tertentu yang di bahas, diberi sub pun juga tidak masalah.

Pengertian Jurnal

apa itu jurnal?

Jurnal Adalah suatu karya ilmiah yang berisikan artikel artikel tertentu dengan pembahasan yang saling berkaitan antara satu sama lain, naskah artikel yang dikumpulkan untuk jurnal harus melewati tahap evaluasi, biasnya jurnal terbit secara berkala.

Jika kamu bergelut pada bidang akademik kamu pasti tidak asing dengan jurnal ini, jurnal pada umumnya berisikan beberapa referensi dari berbagai sumber yang kredibel, namun bisa saja berupa review literatur. Penulisannya pun harus rinci mulai dari judul dan sub judul. Dan lagi kamu wajib memberikan abstrak, deskripsi pengantar, kajian pustaka, hasil analisis, metodologi, hasil penelitian.

Sampai disini kamu sudah mengetahui jika jurnal adalah satu karya tulis ilmiah dengan cara penulisan wajib sesuai prosedur karya ilmiah pada umumnya.

Sama seperti artikel, jurnal juga ada beberapa kategori yang harus diketahui supaya nanti kamu gak salah sangka jenis jurnal apa yang sedang kamu baca :

Popular Journals

Popular jurnal ini biasanya dibuat dengan kepentingan menghibur pembaca, gaya penulisannya pun bebas dan mudah di mengerti. Boleh dengan penelitian dari berbagai referensi meskipun kebanyakan jurnal jenis ini hanya bersalkan dari anggapan diri penulis sendiri. Ini yang sering menjadi kesulitan tentang perbedaan artikel dan jurnal karena hampir sama dengan artikel non penelitian.

Profesional Or Trade Journal

Karya tulis yang satu ini dimaksudkan / ditargetkan ke suatu profesi / industri tertentu yang berisi berita terkini, pendapat pribadi, saran tentang suatu produk. Selain itu juga bisa untuk review suatu produk dengan cara mengumpulkan artikel artikel review yang sesuai dengan pembahasan tentang produk dengan tujuan memberikan saran dan ajakan kepada pembaca.

Scholarly Journals

Junal ini sering di sebut jurnal wasit, jurnal ini adalah majalah yang isinya artikel yang akan diterbitkan secara teratur di interval tertentu. Tujuan jurnal ini dibuat untuk menyebarkan suatu informasi ata pengetahuan, biasanya berisikan sebuah ulasan dan kritik studi atau temuan.

Perbedaan Artikel Dan Jurnal

Nah dari ulasan di atas sekarang apakah kamu mengerti perbedaan di antara keduanya? Intinya jurnal bersikan beberapa artikel, namun jika artikel tidak bisa dibilang jurnal karena pokok pembahasan tentang satu object dengan menentukan metodologi dan kata kunci tertentu. Journal hanya menyaring artikel artikel dijadikan menjadi satu pokok pembahasan,

Jadi sekarang kamu sudah tidak salah lagi untuk membedakan diantara kedua karya tulis tersebut, hal ini perlu dipelajari juga karena dalam kegiatan sehari hari kita tidak luput dari membaca, untuk orang yang menggeluti bidang akademik sangat wajib untuk memhami kedua hal tersebut agar bisa membuat sebuah karya ilmiah yang bagus.

Apalagi untuk mahasiswa yang akan memasuki tugas akhir, akan banyak penelitian penelitian yang harus di tulis untuk membuat sebuah karya ilmiah untuk modal kelulusan mereka (Skripsi), tapi yang saya tahu skripsi itu lebih beda lagi dari artikel dan jurnal, skripsi lebih komplex karena ada beberapa metoe lain yang harus digunakan sesuai jurusan mereka.

Sampai disini dulu sharing saya tentang Perbedaan artikel dan jurnal, semoga bisa bermanfaat untuk kamu, dan terimakasih sudah berkunjung dan menyempatkan membaca artikel di website saya, dan maaf pula jika ada salah kata dan kalimat / gagasan saya yang salah  karena disini saya menulis sesuai kapasitas saya.

Oh iya, yang saya buat ini juga termasuk artikel lo, tapi artikel ini sudah melalui tahap Optimasi untuk search engine google, jika kamu kepo dan juga ingin belajar menulis seperti saya disini boleh langsung kontak saya saja, dan kalau penasaran apa itu optimasi artikel untuk search engine kamu bisa baca di : Optimasi SEO

Yang pasti caranya cukup berbeda dengan jika kamu menulis artikel di media cetak (Majalah, koran), karena harus banyak yang di riset agar artikel kita bisa di halaman pertama google dan di baca banyak orang, jangan sungkan untuk menghubungi saya ya ^^

 

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *