Menu Tutup

9 Tips Memilih Penulis Artikel Yang Berkualitas

Penulis Artikel

Tips Memilih Penulis Artikel – Sebagai blogger terkadang kita juga mengalami kebosanan, yang alhasil membuat produktifitas kita kurang. Sama seperti saya, kalau sedang bosen dengan rutinitas mengetik saya bisa sampai sebulan tidak update artikel baru (Di Website ini). Bisa dilihat sejak berdirinya penulistamu.com 100 hari yang lalu sampai artikel ini saya buat artikel disini hanya berjumlah 33 saja hehe.

Tapi di blog saya satunya jangan tanya, setiap hari saya update artikelnya, bahkan bisa sampai 3 artikel per hari. “Katanya malas, tapi kok update tiap hari?” , jawabannya singkat saja , karena saya artikelnya beli.

Menggunakan jasa penulis artikel adalah jawaban sederhana untuk para blogger yang malas namun mempunyai sedikit modal untuk meneruskan blognya. Tapi yang jadi masalah adalah banyaknya penulis yang menawarkan jasanya, sehingga kita sebagai blogger harus selektif memilih mana yang cocok dengan gaya bahasa blog kita sebelumnya. Dan yang pasti kualitas artikel harus di atas rata rata.

Terus apa dong ciri ciri penulis artikel yang berkualitas? . Sebelum saya jawab disini saya tekankan jika lupakan masalah harga terlebih dahulu, karena disini saya membahas soal kualitas bukan kuantitas.

Tips Memilih Content Writter Berkualitas

Memilih Penulis Artikel Berkualitas

Tentu saja, setiap personal dari penulis tersebut memiliki perbedaan dari setiap artikel yang mereka buat. Cukup melihat data data yang saya lampirkan di bawah ini kamu sudah bisa memilih mana yang cocok untuk kamu dan mana yang sesuai dengan kriteris blog yang kamu bangun :

1. Profile Jelas

Seorang penulis wajib mempunyai profil yang jelas, jika kamu menemukan akun sosial media yang menawarkan jasa penulis artikel lihat terlebih dahulu profilnya. Karena penulis harus bertanggung jawab atas apa yang di tulis, kalau odentitas saja belum jelas apa iya dia mau bertanggung jawab?

Profile yang jelas juga meningkatkan kredibilitas dari artikel tersebut, jadi jika ditanya siapa pembuat artikel tersebut anda sebagai pemilik blog bisa langsung menjawab dengan jelas Nama dari penulis tersebut, bahkan bisa memberi alamat dan ciri ciri orangnya kalau perlu heuheu.

2. Background

Saya pernah mendapat penulis yang backgroundnya dia suka nulis artikel di blog personalnya dia (Curhat curhatam di blog pribadi). Saya lihat artikel dia menarik sekali, saya membaca enjoy saja setiap pengalaman dan informasi yang ia berikan di blog pribadinya.

Tapi, ketika saya menyewa jasa dia untuk menuliskan 5 artikel untuk blog saya yang bertema Teknologi saya sedikit merasa aneh. Yang semula blog saya pembahasannya serius malah jadi seperti guyonan ketika artikel teknologi di tulis oleh orang yang backgroundnya suka nulis casual. Nah dari pengalaman itu saya sekarang menentukan penulis dari background dia saja.

Tidak buruk memang tulisan orang yang saya sebut di atas, cuman bahasanya terlalu kasual, jadi terlihat seperti kekanak kanakan untuk sebuah pembahasan yang menurut saya itu dewasa.

3. Gaya Bahasa

Sudah saya singgung sedikit gaya bahasa pada point kedua di atas, tapi jangan salah, jangan dikira penulis penulis disana hanya ada 2 yaitu casual dan formal, ada juga yang gaya bahasanya puitis, bahkan ada yang relgius. Dan semua gaya penulis tersebut saya sudah pernah merasakan semua :’)

Sesuaikan gaya bahasa penulis artikel tersebut dengan gaya bahasa blog kamu sebelumnya, point ini yang sebenarnya sangat sulit untuk ditemukan. Tidak terlalu mirip juga boleh, asal jangan terlalu jauh. Itulah nanti yang menjadi ciri khas dari blogmu.

4. Tepat Waktu

Banyak penulis jaman sekarang yang tidak tepat waktu, entah mereka terlalu banyak orderan atau memang mereka menyepelehkan orderan kita, yang pasti banyak penulis yang tida on time terhadap deadline yang telah ditentukan. Yang paling greget lagi jika mendapat penulis yang sudah deadline tapi tidak memberi keterangan apa apa seolah mereka tidak mempunyai tanggung jawab.

Seklian curhat saja saya ini hehe, saya pribadi membeli artikel kalau memang saya tidak sempat update atau memang lagi malas, ketika kita menggantungkan jadwal update kita kepada orang yang tidak on time seperti yang saya sebut di atas hasilnya ya waktu update jadi berantakan.

Beberapa kali saya mendapat penulis seperti ini, ada yang seenaknya refund padhal sudah berminggu minggu ditunggu, ada yang main block saja tanpa pertanggungjawaban apa aa, ada juga yang langsung marah balil -_- Sudah salah, malah marah dengan alasan orderan banyak dll, kalau sudah banyak orderan ngapain masih ambil orderan lagi budjaaannk.

5. Menerima Revisi

Setidaknya penulis artikel yang profesional memberi 1x Revisi untuk pembelian artikel skala kecil. Jika artikel skala menengah bisa memberi 3x revisi. Kalau kontrak ratusan bahkan ribuan artikel ya wajib revisi sampai deal. Yang saya maksud skala yaitu jumlah artikel yang di beli, kalau masih di bawah 10 biji kan masih skala kecil tuh.

Dengan adanya revisi ini kita bisa meneliti kembali appa yang kurang cocok dan apa yang perlu di ganti. Dengan begitu kamu juga mendapat kepuasan sebagai pelanggan dari pemulis artikel tersebut.

6. Tidak Bertele-tele

Pastikan penulis yang kamu pilih paham apa yang di bahas, jadi artikelnya tidak kemana mana pembahasannya. Ada kasus jika hasil tulisan beberapa penulis 50% pokok pembahasan yang 50% lagi basa basi di pembukaan dan penutup. Ketika kamu memesan artikel dengan jumlah kata 1000 sudah jelas hanya 500 kata yang berkualitas, sisanya ampas.

Tapi itu hanya beberapa penulis, banyak penulis yang sudah berkompeten dalam bidang literasi, dia tau struktur yang benar penulisan artikel, dia paham betul apa dengan apa yang sedang ia bahas. Itu akan membuat artikel yang dibuat menjadi original dan berkualitas. Jadi kamu harus pintar memilih penulis artikel yang berkualitas berdasarkan cara dia membahas suatu pokok masalah dalam artikel.

7. Menulis Adalah Pekerjaannya

Cari yang memang benar benar penulis, jangan cari yang cuman iseng aja karena pengen dapet duit dari cara menulis artikel. Karena banyak di group Blogger yang tiba tiba menjadi penulis artikel dadakan padhal track record dia tidak pernah menjual jasa menulis artikel. Sah sah saja sebenarnya, tapi ya menawarkan jasa sambil kasih tau hasil tulisan dong.

Kalau kamu tetap ingin menyewanya (Karena biasanya harganya murah) ya siap siap kecewa saja, kalau ternyata bagus ya syukur kalau ternyata amburadul ya kapok gitu aja haha. Orang seperti itu kadang juga membuat artikelnya berdasarkkan menulis ulang artikel yang sudah ada, bahkan mereka memakai software artikel maker dan sejenisnya. Alhasil dampaknya artikelnya gak berguna sama sekali, gak mampu melawan pesaing dari blogmu.

8. Paham SEO Onpage

Search Engine Optimization (SEO) harus dikuasai untuk para penulis artikel digital, karena percuma saja mengetahui cara menulis artikel yang baik tapi tidak mengetahui cara mengoptimalkan artikel di search engine google. Untuk rangkuman SEO ini bisa kamu lihat pada artikel saya yang lainnya, saya beberapa kali menyinggung tentang SEO ini :

Di atas ini adalah 3 SEO Onpage yang semoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan sudut pandang baru ketika menulis artikel. Tapi kalau penulis artikel sudah wajib harus menguasai 3 poin di atas.

9. Mengikuti Algoritma Google Terbaru

Siapa yang paling paham dengan Algo google adalah siapa yang bisa membuat artikel berkualitas di mata google. Seperti yang kita tahu jika google mengupdate algoritmanya secara berkala, jadi ketika kamu ingin memenangkan persaingan di search engine google kamu wajib memahami keinginan algo google yang saat ini.

Kalau dulu penulisan artikel wajib menebalkan kata yang mengandung kata kunci kalau sekarang sudah tidak perlu, kalau dulu kata kunci harus tersebar di setiap sudut kalimat sekarang sudah tidak perlu lagi.

Hanya penulis yang tidak ketinggalan update google saja yang masih menggunakan cara cara kuno seperti itu, kalau saat ini kamu sedang mencari penulis wajib dia mengetahu algo google seperti yang sudah saya ketik kemarin >> Algoritma Google BERT

Disitu google melakukan update mayor di search engine nya, sehingga artikel yang spesifik lah yang akan merajai di pageone, dan artikel yang bertele tele lah yang akan terjerembab jauh ke bawah.

Dimana kamu bisa menemukan Penulis yang menguasi Hal hal diatas?

Penulis Artikel Berkualitas

Jawabannya ya disini ! Penulistamu.com bukan hanya blog yang didirikan untuk memberi informasi seputar dunia blogging dan bisnis saja, tapi kami juga memberikan anda jasa penulis artikel yang berkualitas, kami mempunyai 5 penulis spesial yang hari harinya memang di isi dengan menulis artikel.

Dari 5 penulis juga memberikan 5 kepribadian dan gaya bahasa yang berbeda beda, tak hanya artikel saja, kami juga siap menulis surat, jurnal, dan kartu kartu ucapan. Karena kami memang sudah tergila gila dengan dunia literasi dan cinta akan bahasa Indonesia.

Jika ingin pesan artikel silahkan tekan gambar penulis tamu di atas, atau klik link : https://penulistamu.com/jasa-penulis-artikel-seo-murah-berkualitas/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *